Apakah Hamil Kosong Bisa Dicegah? Berikut Tanda dan Penyebab Nya

hamil kosong

Apa yang dimaksud dengan hamil kosong (blighted ovum)? Kehamilan kosong adalah juga dikenal sebagai “kehamilan anembrionik” terjadi ketika telur yang dibuahi menempel ke dinding uterus, tetapi embrio tidak berkembang. Sel berkembang membentuk kantung kehamilan, tetapi bukan embrio itu sendiri. Hilangnya sel telur terjadi pada trimester pertama.

Tanda-tanda Hamil Kosong

Hormon yang rusak dapat terjadi sangat awal pada kehamilan, sebelum kebanyakan wanita bahkan tahu bahwa mereka hamil, karena pada blighted ovum, penderita akan menunjukkan tanda-tanda kehamilan, seperti misalnya tes kehamilan positif dan juga terlambat menstruasi

Banyak wanita menganggap kehamilan mereka berada di jalur yang benar karena kadar hCG mereka meningkat.

Diagnosis biasanya tidak dilakukan sampai tes USG menunjukkan rahim yang kosong atau kantung kehamilan kosong. Ada kemungkinan bahwa Anda mengalami:

  • Kram perut ringan
  • Bercak atau perdarahan ringan yang muncul dai jalan lahir
  • Periode menstruasi yang lebih berat daripada biasanya

Penyebab Hamil Kosong

Apa yang menyebabkan hamil anggur atau kehamilan kosong? hilangnya ovum adalah penyebab sekitar 50% dari keguguran trimester pertama dan biasanya merupakan hasil dari masalah kromosom.

Tubuh wanita mengenali kromosom abnormal pada janin dan secara alami tidak mencoba melanjutkan kehamilan karena janin tidak akan berkembang.

Ini bisa disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak normal, atau sperma atau telur berkualitas rendah.[1]

Hamil kosong bertahan berapa lama?

Sebenarnya belum bisa dipastikan namun menurut penjelasan beberapa orang, hamil kosong itu dapat bertahan kurang lebih selama 3 – 4 bulan.

Apakah kehamilan kosong bisa di cegah?

Sayangnya, masalah hamil kosong ini dalam banyak kasus tidak bisa dicegah karena sel telur yang rusak. Kebanyakan dokter menyarankan pasangan untuk menunggu setidaknya 1-3 siklus menstruasi rutin sebelum mencoba hamil lagi setelah semua jenis keguguran.

BACA JUGA: