Apakah Kista Menghambat Kehamilan?

apakah kista menghambat kehamilan

Apakah kista menghambat kehamilan? Beberapa kista ovarium dapat dikaitkan dengan penurunan kesuburan. Namun, itu tergantung pada jenis kista ovarium yang Anda miliki. Kista ovarium itu ada banyak jenisnya, beberapa tidak mempengaruhi kesuburan sedangkan beberapa lainnya dapat menurunkan kesuburan.

Kista yang dapat mempengaruhi kesuburan

1 – Endometrioma: Endometrioma adalah kista yang disebabkan oleh endometriosis, suatu kondisi di mana jaringan biasanya melapisi rahim Anda (endometrium) tumbuh di luar rahim. Kista ovarium ini mungkin terkait dengan masalah kesuburan.

2 – Kista ovarium yang dihasilkan dari sindrom ovarium polikistik: adalah kondisi yang ditandai oleh banyak kista kecil pada ovarium Anda, periode tidak teratur dan tingginya kadar hormon tertentu. PCOS dikaitkan dengan ovulasi yang tidak teratur, yang dapat menyebabkan masalah dengan kesuburan pada beberapa wanita.

Jadi…

Meskipun kedua kista ini dapat mempengaruhi kesuburan wanita, tetapi penderitanya tetap memiliki kemungkinan untuk hamil dengan penanganan kista yang tepat.

Kedua kista ini dapat mempengaruhi kesuburan dikarena efeknya yang menyebabkan ketidak-seimbangan hormon kewanitaan dan ketidakteraturan siklus menstruasi.

Jenis kista ovarium yang tidak mempengaruhi kesuburan

1 – Kista fungsional: seperti kista folikel atau kista korpus luteum – adalah jenis kista ovarium yang paling umum. Kista fungsional terbentuk selama siklus menstruasi yang normal dan tidak menyebabkan atau berkontribusi pada infertilitas.

Bahkan, kista fungsional sebenarnya menunjukkan bahwa fungsi-fungsi yang diperlukan yang mengarah ke kesuburan sedang berlangsung.

2 – Cystadenoma: adalah pertumbuhan di ovarium yang muncul dari permukaan ovarium. Meskipun mereka membutuhkan perawatan, mereka tidak mempengaruhi kesuburan.

3 – Kista dermoid: Kista padat ini mengandung jaringan seperti kulit, rambut atau bahkan gigi – bukan cairan. Kista dermoid tidak terkait dengan infertilitas.

Apakah Gejala Memiliki Kista Ovarium?

Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak bisa melihat gejala apa pun bahkan jika Anda memiliki kista ovarium. Namun, jika telah tumbuh sangat besar, atau telah pecah, atau menghalangi suplai darah ke indung telur Anda, Anda mungkin mengalami gejala berikut:

  • Buang air kecil lebih sering
  • Merasa sangat lelah
  • Perubahan dalam siklus menstruasi Anda, di mana menstruasi Anda akan lebih berat, lebih ringan atau tidak teratur
  • Merasa sulit untuk mengosongkan perut Anda
  • Menderita gangguan pencernaan
  • Kembung atau terlalu kenyang

Apakah masih bisa hamil?

Beberapa jenis kista ovarium memang dapat mengganggu kesuburan, namun tidak selalu terjadi dan sebagian besar jenis kista ovarium tidak menyebabkan gangguan kesuburan atau masih ada peluang untuk bisa hamil.

Perlu dipastikan dulu jenis kista, ukuran kista, dan kondisi organ reproduksi yang lainnya agar bisa memastikan dan menilai kemungkinan hamil. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk penilaian dan terapi lebih lanjut.


Ada kabar baik untuk Anda, telah ditemukan cara terbaik dan terbukti untuk bisa hamil dalam waktu singkat, dikemas dalam bentuk Buku hasil penelitian dr. Rosdiana Ramli, SpOG selama menangani pasien yang sulit hamil. “INGAT, Bahwa Semakin Tua Maka Anda Akan Semakin Sulit Hamil” Action sekarang juga – Info Selengkapnya