Benarkah Mendengarkan Musik Saat Hamil Bikin Bayi Pintar?

manfaat-mendengarkan musik saat hamil

Apakah benar mendengarkan musik bikin janin lebih pintar? banyak anggapan yang beredar bahwa musik memiliki berbagai manfaat untuk kehamilan Bahkan tak jarang ada yang menganggap salah satu jenis musik tertentu bisa membuat janin lebih pintar.

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil

Apa sih sebenarnya manfaat mendengarkan musik dalam kehamilan? meskipun belum sepenuhnya terbukti namun memang ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari mendengarkan musik untuk kesehatan kehamilan dan juga janin.

  • Para peneliti menyimpulkan bahwa musik memberikan rangsangan atau stimulus yang baik pada kehamilan. Hal ini mungkin terkait hormon estrogen yang meningkat.
  • Dalam kehamilan hormon estrogen tersebut memberi pengaruh pada otak terhadap rasa senang yang dialami ibu hamil saat mendengarkan musik.
  • Mendengarkan musik baik untuk kehamilan karena Anda bisa jadi lebih rileks lebih santai sehingga lebih mudah beristirahat. Kondisi ini tentunya sangat baik untuk kehamilan dan juga perkembangan janin.

Kapan waktu yang tepat untuk mendengarkan musik pada janin?

Janin dalam kandungan itu sudah bisa mendengarkan musik setelah memasuki trimester kedua, janin itu diyakini sudah bisa mendengar hal-hal yang biasa didengarkan itu biasanya mulai dari suara detak jantung sang ibu.

Selain itu Janin juga diyakini sudah bisa mendengar suara dari luar tubuh bumil itulah mengapa bayi sering kali lebih mudah mengenali dan juga merasa nyaman ketika mendengar suara ibunya.

Jenis Musik Yang Baik Selama Kehamilan

Mungkin Anda sering mendengar bahwa musik klasik lebih baik untuk didengarkan selama masa kehamilan, tapi sebenarnya bukan hanya jenis musik itu.

Yang terpenting bukan jenis musiknya, melainkan yang didengarkan lebih baik jenis musik yang Anda sukai kalau Anda senang mendengarkan musik pop, jazz atau lainnya tentu akan lebih memberikan manfaat untuk kehamilan ibu maupun janin.

Kesalahan yang sering dilakukan ketika memperdengarkan musik untuk janin

Mungkin Anda pernah atau bahkan melakukannya yaitu menempelkan headphone langsung untuk perut bumil?

  • Hal ini justru tidak disarankan karena dikhawatirkan dapat memberi stimulasi yang berlebihan bagi janin terutama kalau didengarkan dengan volume suara yang kencang.
  • Jadi kalau bumil ingin memperdengarkan musik pada janin, cukup Setel musik di alat pemutar dengan volume yang normal saja.

Karena menurut beberapa penelitian memperdengarkan suara yang terlalu kencang pada janin untuk jangka waktu yang lama justru memberikan resiko, mulai dari kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, hingga gangguan pendengaran saat bayi dilahirkan.

Jadi jangan pasang musik terlalu kencang lagi ya bunda…  Selain itu hal ini juga bermanfaat untuk mempererat ikatan antara ibu dan anak. Musik juga bisa menghilangkan stres dan juga memperdalam naluri keibuan.

BACA JUGA: