Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Asin?

bolehkah ibu hamil makan telur asin

Telur asin termasuk dalam makanan sehari-hari karena kepraktisan dan kelezatannya. Tetapi jika Anda sedang hamil, beberapa orang merekomendasikan untuk tidak makan telur asin sama sekali. benarkah demikian?

Apakah telur asin berbahaya bagi ibu hamil?

Selama kehamilan penting untuk makan makanan bergizi. Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti ayam, ikan, telur, susu. Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi cukup buah dan sayuran.

Selama kehamilan, telur asin boleh dimakan. Tetapi konsumsi telur asin yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Bagi ibu yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol, harus cukup membatasi konsumsi, karena dapat memengaruhi kesehatan jika terlalu berlebihan.

Manfaat telur asin untuk ibu hamil

Kandungan telur asin itu sendiri yang ternyata bermanfaat untuk ibu hamil loh, simak yuk.

  1. Telur asin kaya akan vitamin A, yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin A juga berguna untuk menjaga pertumbuhan visual janin sehingga berkembang dengan baik dan sempurna.
  2. Telur asin juga mengandung vitamin E, yang mampu menjaga kesehatan kulit ibu. Karena itu, dapat mengurangi keluhan stretch mark dan kulit kering yang biasa dialami ibu hamil.
  3. Kalsium adalah salah satu hal yang harus ada dalam telur asin, karena dapat memperkuat tulang ibu dan mencegah osteoporosis, dan membantu membangun tulang dan gigi pada bayi.
  4. Telur asin juga merupakan produk yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Asupan protein tentu bermanfaat dalam mencegah kecacatan dan merangsang perkembangan kognitif janin.