Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Soda

Credit: Pixabay.com

Bolehkah ibu hamil minum air soda? adalah air yang dikarbonasikan dengan penambahan gas karbondioksida. Air soda juga mengandung bahan sederhana seperti air berkarbonasi, gula atau pemanis buatan, yang nampaknya tidak berbahaya. Tapi soda jauh lebih rumit daripada kelihatannya dan zat aditifnya bisa memberi efek tersembunyi pada Anda dan anak Anda yang belum lahir.

Apakah Air Soda Aman Dikonsumsi Selama Kehamilan?

Studi telah menunjukkan bahwa wanita yang minum soda & diet soda selama kehamilan lebih dari jumlah ini memiliki risiko lebih tinggi untuk melahirkan prematur.[1]

Minumlah soda secukupnya saja, jangan berlebihan agar tetap aman, Aman untuk mengkonsumsi tidak lebih dari satu porsi (330ml) soda per hari.

Kafein dalam soda adalah zat aditif penting kedua setelah gula. Itu membuat Anda merasa menyegarkan tapi memiliki reputasi teduh yang agak berbahaya.

American College of Obstetricians and Gynecologist merekomendasikan bahwa wanita hamil mengkonsumsi tidak lebih dari 200mg kafein per hari.[2]

Baca juga:

Efek Samping Minum Soda Selama Kehamilan

Berikut adalah beberapa efek samping soda untuk ibu hamil. Mari kita meringkas efek buruk soda dan soda diet selama kehamilan:

1 – Darah tinggi naik: Kenaikan tekanan darah di akibatkan karena adanya sodium dalam air berkarbonasi.

2 – Kehilangan kalsium dari tulang: Asam fosfat, dan zat perasa bs menyatu dalam tulang, bisa menyebabkan hilangnya kalsium dari tulang sehingga membuat mereka lemah.

3 – Meningkatkan risiko keguguran: Konsumsi kafein dan gula yang tinggi dapat menyebabkan keguguran sebelum usia kehamilan 20 minggu.

4 – Dapat menyebabkan cacat lahir: Surplus konsumsi kafein dapat menyebabkan cacat bawaan atau cacat lahir seperti tingkat pernapasan dan detak jantung yang tinggi.

5 – Bayi kelebihan berat badan: Kelebihan pemanis buatan bisa menyebabkan lahirnya bayi yang kelebihan berat badan.

Soda memang bisa menyegarkan saat Anda hamil namun tidak sebanding dengan risikonya, Lebih baik tetap aman dan menjauhi soda selama masa gestasi.

Ini tidak hanya memastikan pertumbuhan janin yang sehat tetapi juga mencegah adanya cacat bawaan pada bayi saat lahir.

RahayuPengetahuan Kehamilan
Bolehkah ibu hamil minum air soda? adalah air yang dikarbonasikan dengan penambahan gas karbondioksida. Air soda juga mengandung bahan sederhana seperti air berkarbonasi, gula atau pemanis buatan, yang nampaknya tidak berbahaya. Tapi soda jauh lebih rumit daripada kelihatannya dan zat aditifnya bisa memberi efek tersembunyi pada Anda dan anak...