Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi – Adakah Dampaknya Pada Kehamilan dan Janin?

bolehkah ibu hamil minum kopi

credit: formaternity.com

Bolehkah ibu hamil minum kopi? Pada saat kehamilan, disarankan untuk membatasi asupan kafein sebaiknya cukup dua cangkir kopi saja per hari, kopi cukup mengancam pada ibu hamil karena kafein dapat menembus plasenta dengan mudah dan bisa berdampak pada detak jantung bayi.

Tentang Kafein

Kafein ditemukan secara alami dalam banyak makanan, seperti kopi, teh dan coklat. Ini juga ditambahkan ke beberapa minuman ringan, minuman energi, dan obat flu dan flu.

Kadar kafein yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan bayi memiliki berat lahir rendah, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari. Terlalu banyak kafein juga bisa menyebabkan keguguran.

Penelitian tentang kehamilan dan kafein

The New England Journal of Medicine melakukan penelitian terhadap 562 wanita yang mengalami keguguran pada usia 6-12 minggu. Para peneliti menemukan bahwa lebih dari 5 cangkir kopi meningkatkan risiko keguguran.

Ada juga sebuah penelitian tahun 2001 yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih dari 300 mg kopi saat hamil, maka beresiko dua kali lipat mengalami keguguran pada trimester pertama. [1,2]

Faktor risiko potensial lainnya untuk keguguran adalah usia, merokok, konsumsi alkohol, dan bahkan terpapar medan magnet selama kehamilan.

Apa yang harus dilakukan?

Ada cukup banyak penelitian di luar sana yang menunjukkan bahaya dengan konsumsi 300mg, dari keguguran hingga menurunkan berat badan lahir, jadi sebaiknya tetap di bawah jumlah ini.

Lebih baik lagi, tetap di bawah 200 mg kafein per hari (misalnya kurang dari dua cangkir kopi). Atau sama sekali jangan minum kopi, terutama di trimester pertama saat keguguran lebih mungkin terjadi.

Baca juga:

Jumlah kafein

Jumlah kafein yang ditemukan pada beberapa makanan dan minuman adalah sebagai berikut:

  • Satu cangkir kopi instan: 100mg
  • Satu cangkir kopi saring: 140mg
  • Satu cangkir teh: 75mg
  • Satu kaleng cola: 40mg
  • Satu kaleng minuman energi: sampai 80mg
  • Satu 50g bar coklat polos: kebanyakan produk di pasar Inggris mengandung kurang dari 25mg
  • Satu 50g bar coklat susu: sebagian besar produk di pasar Inggris mengandung kurang dari 10mg [3]

Cobalah teh dan kopi tanpa kafein, jus buah atau air. Bicaralah dengan bidan, apoteker atau profesional kesehatan lainnya sebelum minum obat-obatan, termasuk obat flu dan flu.