Bolehkah Minum Antibiotik Saat Hamil? Ini Penjelasannya

antibiotik saat hamil

Bolehkah minum  antibiotik saat hamil? Antibiotik adalah obat untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri saat hamil terkadang perempuan merasa khawatir dan takut untuk mengkonsumsi obat-obatan termasuk antibiotik. Sebenarnya boleh tidak ya ibu hamil meminum antibiotik?

Antibiotik Yang Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Sesungguhnya penggunaan antibiotik pada ibu hamil tidak perlu ditakuti asalkan mengikuti resep dan rekomendasi dari dokter, ada beberapa jenis antibiotik yang memang aman dikonsumsi meskipun sudah hamil misalnya amoksisilin, ampisilin, klindamisin, eritromisin dan nitrofurantoin.

Namun pemberian antibiotik tersebut harus mempertimbangkan dosis jangka waktu konsumsi obat dan usia kehamilan Bunda.

Hal yang harus di perhatikan ketika konsumsi Antibiotik

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya tentang konsumsi antibiotik pada ibu hamil

  • Yang pertama hindari pemberian pada trimester pertama Karena kehamilan pada masa awal ini merupakan pembentukan organ janin dan ini cukup.
  • Kedua gunakan antibiotik yang sudah memiliki riwayat efek penggunaan aman bagi ibu hamil.
  • Yang ketiga konsumsi obat dengan dosis efektif yang paling rendah.

Satu hal yang perlu di ingat ya Bunda jangan mengkonsumsi antibiotik bersamaan dengan obat bebas Apa jenis lain tanpa rekomendasi dari dokter.

Artikel Lain:

Lalu Bagaimana dengan penggunaan antibiotik pada anak?

Penggunaan antibiotik pada anak sama seperti ibu hamil, sebaiknya antibiotik diberikan pada anak hanya ketika penyakit yang disebabkan oleh bakteri namun pada anak-anak.

dosisnya selalu disesuaikan dengan berat badan dan mempertimbangkan organ tubuhnya Apakah telah berkembang dengan sempurna atau belum.

Pastikan orang tua memperhatikan aturan pakai antibiotik pada anak, antibiotik harus diminum sampai habis agar menghindari terjadinya resistensi atau kebalnya bakteri.