Bolehkah Pijat Refleksi Untuk Ibu Hamil? Hindari Hal Ini Jika Ingin Melakukan Pijat

pijat refleksi untuk ibu hamil

Pijat Refleksi

Bolehkah pijat refleksi untuk ibu hamil? Pijat Refleksi pada dasarnya adalah bentuk pijatan pada area tangan dan kaki, dengan cara menekan titik energi tertentu agar dapat merangsang organ dan membantu meningkatkan aliran energi.

Amankah Pijat Refleksi Untuk Kehamilan?

Ada beberapa Pendapat yang bervariasi tentang apakah refleksi sangat membantu selama kehamilan.

Menurut Peter Bernstein, M.D., M.P.H., seorang profesor kebidanan dan ginekologi dan kesehatan wanita di Albert Einstein College of Medicine di New York, “bahwa Sejauh yang saya tahu, tidak ada potensi manfaat atau risiko kehamilan,”

Manfaat Pijat Refleksi Saat Hamil

Dibawah ini adalah beberapa ulasan dari Jacqui Booth, ahli refleksologi wanita, bayi dan anak dari Gentle Touch Reflexology mengenai pijat refleksi saat hamil.

1 – Bermanfaat bagi pasangan yang akan hamil: Menurut survei kepada pasangan yang sedang melakukan program hamil dan dilakukan oleh The Association of Reflexologists.

Bahwa, mereka berhasil hamil setelah 6 bulan menjalani terapi pijat refleksi. Namun, keberhasilan ini dapat berhasil karena pasangan tersebut menjalani terapi bersama-sama, mengurangi stres.

2 – Baik untuk pasca melahirkan: Pijat refleksi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka-luka persalinan.

3 – Aman setelah trimester pertama: Sebenarnya, pijat refleksi sangat baik untuk ibu dan janin karena keduanya dapat merasakan sensasi pijatan.

Namun sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan sebelum melakukan pijat. Memang Beberapa dokter tak mengizinkan karena takut akan risiko keguguran.

Baca juga:

Hindari Hal Ini Ketika Pijat Refleksi Saat Hamil

1 – Memijat pergelangan kaki: Titik-titik tekanan di dekat pergelangan kaki di larang selama kehamilan, karena dapat menyebabkan otot panggul dan rahim berkontraksi. Kontraksi jauh sebelum tanggal lahir.

2 – Pijat tangan: Ada dua titik di tangan yang seharusnya tidak disentuh saat pijat atau akupresur saat wanita hamil.

  • Poin pertama disebut Hegu, Union Valley atau LI4 dan merupakan tempat berdaging antara jempol dan telunjuk seseorang. Menurut ahli akupunktur Diane Joswick yang berlisensi, titik Hegu bisa menyebabkan kontraksi pada wanita hamil.
  • Pergelangan tangan. American Pregnancy Association menjelaskan bahwa memanipulasi titik tekanan di pergelangan tangan dapat menyebabkan kontraksi rahim yang tidak aman pada tahap awal kehamilan.[1]

3 – Memijat Batang Bawah: Titik-titik tekanan pada batang bawah, termasuk sakrum, punggung bawah dan perut bagian bawah, tidak boleh digunakan selama sesi akupunktur prenatal.

Menurut Institute for Integrative Healthcare Studies. Alasan untuk menghindari titik-titik ini adalah untuk mencegah kemungkinan cedera pada janin.