Rekomendasi Buah Untuk Ibu Menyusui dan Kenali Jenis Buah Yang Di Larang

buah untuk ibu menyusui

Buah-buahan merupakan bagian penting untuk ibu menyusui, karena mengandung antioksidan, mineral penting, dan serat makanan bagi tubuh. Buah ini juga dapat mebantu si kecil mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Jika Anda menyusui, maka menjadi penting bagi Anda untuk mengkonsumsi buah-buahan segar untuk memberi Anda nutrisi dan energi.

8 Buah Terbaik Yang Harus Anda Makan Saat Menyusui

1. Pepaya Hijau: Pepaya hijau adalah salah satu galactagogue terbaik. Enzim dalam pepaya hijau meningkatkan produksi susu dan juga memberi Anda vitamin penting seperti Vitamin A, B, C, dan E.

2. Aprikot: Aprikot adalah sumber makanan kaya vitamin C, A, kalsium, potassium yang baik untuk ibu menyusui. Aprikot kaya akan fitoestrogen yang fungsi serta dampaknya mirip dengan hormon estrogen dalam tubuh.

3. Alpukat: Alpukat kaya akan asam lemak esensial seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9.

Asam amino ini sangat penting untuk banyak fungsi tubuh dan membantu Anda memproduksi ASI. Alpukat sangat bagus untuk menjaga kadar gula darah dan kolesterol Anda.

4. Stroberi: Stroberi adalah buah yang kaya akan zat besi, Vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium.

5. Pisang: Pisang kaya akan vitamin dan mineral lain juga. Pisang juga membantu Anda mengisi kalori yang hilang saat menyusui bayi kecil Anda.

6. Sawo: Sawo adalah salah satu buah terbaik untuk tubuh Anda, memberikan tubuh Anda kekuatan dan energi yang dibutuhkan untuk merawat bayi Anda. Menyusui adalah aktivitas yang melelahkan, dan Anda akan membutuhkan energi untuk memberi makan bayi Anda.

Dengan demikian, Anda perlu melengkapi diet Anda dengan makanan kaya energi untuk mencegah mual dan muntah.

7. Blueberry: Ini adalah salah satu buah terbaik untuk dimakan selama menyusui. Blueberry adalah gudang nutrisi penting. Sifat antioksidan alami mereka juga membantu melindungi Anda dari infeksi.

Blueberry sangat kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A dan K, Kalsium, Potasium, dan Karbohidrat.

8. Blewah: Ketika Anda hamil, atau Anda menyusui, tubuh Anda akan membutuhkan aliran vitamin dan mineral penting. Untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda, pertimbangkan untuk mengkonsumsi beberapa blewah atau melon.

4 Buah Yang Harus Anda Hindari Saat Menyusui

1. Buah Jeruk: Buah jeruk termasuk buah-buahan seperti jeruk nipis, buah kiwi, stroberi, nanas, jeruk, dan anggur.  Sebagai ibu menyusui, Anda perlu menghindari buah jeruk dan jus mereka dengan segala cara.

Buah jeruk mengandung banyak senyawa asam dan dapat menyebabkan iritasi pada saluran gastrointestinal (GI) pada anak-anak.

Beberapa bayi mungkin keberatan dengan rasa itu, dan menjadi rewel saat mengonsumsinya. Bayi lain mungkin muntah. Kadang-kadang, bayi Anda juga dapat mengembangkan ruam popok sebagai akibat dari kandungan jeruk dalam ASI.

2. Buah Ceri: Selain buah jeruk, pastikan Anda tidak mengonsumsi ceri. Zat-zat alami yang ada di dalam buah ceri bisa membuat bayi menjadi terganggu karena secara alami buah cheri adalah buah yang bersifat pencahar alami.

3. Buah Nanas: Hindari konsumsi buah nanas karena dapat membuat asi menjadi tengik, selain itu nanas juga bisa menimbulkan ruam popok pada kulit bayi.

4. Buah Apel: Hindari konsumsi buah apel ketika sedang menyusui anak bayi. Dikhawatirkan buah apel bisa menyebabkan sembelit pada anak bayi yang disusui.

Menyusui adalah momen spesial dalam kehidupan seorang wanita. Namun, itu melelahkan, dan Anda perlu kekuatan Jadi, jangan lupa buah-buahan ini dimakan saat menyusui dan membuat sesi menyusui menjadi waktu ikatan yang menyenangkan untuk Anda dan malaikat kecil Anda.

Apakah Anda tahu buah lain untuk dimakan selama menyusui? Apa yang kamu makan ketika kamu menyusui bayimu? Beritahu kami di bawah ini. Rekan ibu akan senang mendengar ceritamu.