Bahayakah Cabut Gigi Saat Hamil? Ini Penjelasannya

cabut gigi saat hamil

Bolehkah cabut gigi saat hamil? Kerusakan gigi dan gusi seringkali di alami ibu hamil, hal ini terjadi karena faktor perubahan hormon. Sakit gigi saat hamil membuat tidak nyaman, banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti gigi berlubang atau malas membersihkan gigi.. Lalu, bolehkah ibu hamil cabut gigi?

Bahayakah cabut gigi saat hamil?

Pada dasarnya, ibu hamil memang dianjurkan melakukan perawatan gigi supaya resiko sakit gigi tidak menjadi lebih besar dan bisa mengakibatkan infeksi dan mengaggu kehamilan.

Tapi, saat melakukan cabut gigi goyang karena sakit dan berlubang, sebaiknya konsultasi ke dokter gigi dan informasikan bahwa Anda sedang hamil. Hal ini untuk mengantisipasi dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

Dokter mungkin akan mempertimbangkan untuk menurunkan dosis obat bius atau mengganti jenisnya yang akan diberikan untuk Anda.

Menurut penelitian  Journal of American Dental Association, penggunaan lidocaine ketika mencabut gigi masa kehamilan tidak bergitu berpengaruh terhadap risiko keguguran atau cacat lahir.

Kapan sebaiknya melakukan cabut gigi pada ibu hamil?

Waktu paling aman cabut gigi saat hamil di bagian gigi geraham atau bagian atas adalah pada trimester kedua, karena pada waktu itu janin sudah berkembang. Karena jika di lakukan saat awal kehamilan, atau saat hamil 1 bulan di khawatirkan akan menggangu tumbuh kembang janin yang masih kritis.

Alasan Dokter Melarang Cabut Gigi Saat Hamil

Pada sebagian dokter, cabut gigi saat hamil merupakan tindakan yang dilarang, dikhawatirkan dapat menyebabkan komplikasi masalah kehamilan.

Cabut gigi saat hamil yang dilakukan pada ibu yang mengidap anemia dan hipertensi dapat mengakibatkan berat bayi lahir rendah, kelahiran prematur.

Segala sesuatunya sebaiknya konsultasi dengan dokter, agar semuanya berjalan baik supaya  ibu dan janin tetap sehat.

BACA JUGA: