Bagaimana cara cepat hamil setelah KB, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mempercepat masa subur dan supaya hormon dalam tubuh normal kembali?

lalu, kenapa pasca pemakaian KB suntik jadi lebih sulit hamil?

tenang Anda jangan panik dulu, karena itu adalah gejala normal yang biasa terjadi…

…teruskan membaca untuk mengetahui penyebab dan solusinya

Mengalami masalah sulit hamil setelah lepas dari pemakaian KB baik itu PIL, Suntik, ataupun IUD memang bisa terjadi pada sebagian perempuan didunia ini

faktanya, bahwa pemakaian KB hormonal seperti suntik dan sebagainya memang menghambat terjadinya kehamilan.

Hal itu disebabkan suntik hormonal akan tersimpan dalam jaringan lemak, Sehingga akan mengganggu hormon wanita lalu mengakibatkan masalah pada kesuburan.

misalnya seperti ini…

Anda sudah menggunakan suntik KB selama setahun, meskipun Anda sudah berhenti pemakaiannya, tetapi hormon tersebut masih tertanam dalam darah ditubuh Anda.

…intinya adalah, alat kontrasepsi yang anda pilih dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh

jadi, tidak bisa dalam seketika itu bisa cepat hamil dan menjadi subur…

karena untuk mengembalikan kesuburan memerlukan waktu dan itu tergantung dari diri Anda sendiri, bisa mingguan bulanan bahkan tahunan.

cara cepat hamil setelah KB (image via www.wikihow.com)

cara cepat hamil setelah lepas KB (image via www.wikihow.com)

Umumnya ovulasi akan kembali setelah 3 bulan injeksi dihentikan, namun pada beberapa wanita, bisa mencapai 6-8 bulan setelahnya, dan pada kondisi yang jarang, hingga dua tahun setelah penghentian.

Karena kondisi setiap wanita tidak sama, Yang bisa Anda lakukan adalah menunggu sampai hormon dalam tubuh Anda normal kembali.

Contoh kasus lainnya…

Selain dari reaksi hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung juga dari jenis KB yang Anda gunakan.

Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula.

…misalnya pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan.

Lain halnya dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Untuk Cepat Hamil Setelah Lepas KB Jenis Hormonal atau Non Hormonal?

1. Istirahatkan Kelenjar Endokrin
Hal pertama yang harus dilakukan adalah istirahatkan kelenjar endokrin.  Karena endokrin ini adalah kelenjar penghasil hormon, seorang wanita supaya tidak terus-menerus “menekan” kelenjar endokrinnya.

Menurut wikipedia kelenjar endokrin adalah kelenjar yang berada di dalam otak yang berguna sebagai pengatur hormon-hormon yang dihasilkan dari kelenjar lainnya. Kelenjar endokrin dalam tubuh membentuk suatu sistem yang disebut sistem endokrin.

Maksudnya adalah…

Jika anda melakukan program KB hormonal selama dua tahun sejak kelahiran anak sebelumnya, sebaiknya diselingi dengan Fase istirahat pada Kelenjar Endokrin dengan menghentikan atau melepas alat KB sekitar 1 sampai 2 Bulan.

Untuk sementara pakailah alat KB atau metode kontrasepsi non hormonal, seperti kondom atau spiral. Hal ini perlu agar kelenjar endokrin bisa bekerja lagi.

2. Hindari Stress
Sebisa mungkin anda hindari stress yang berlebih, karena akan berdampak pada ketidakseimbangan hormon, sehingga menstruasi pun menjadi tidak teratur dan akan bermasalah pada tingkat kesuburan anda.

3. Jaga Kondisi Tubuh
Lakukan olah raga secara rutin agar tubuh anda tetap bugar, selain itu asupan gizi yang baik juga penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Atur pola makan yang sehat untuk meningkatkan kesuburan anda untuk mendukung agar berjalan sukses tips ini.

4. Konsumsi suplemen penyubur
Kenapa saya menyarankan untuk mengkonsumi suplemen penyubur?

sebelumnya, Anda harus memahami dulu kenapa KB dapat berpengaruh pada hormon…

Cara kerja KB jenis hormonal yang mempengaruhi hormon progesteron dan ekstrogen tubuh seorang wanita akan berhenti menghasilkan sel telur pada ovariumnya sehingga sperma kesulitan untuk masuk ke dalam rahim dan bertahan hidup, sehingga pembuahan menjadi sulit terjadi.

butuh waktu bagi tubuh kita untuk menormalkan siklus menstruasi agar normal kembali…

…jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika ingin cepat hamil setelah memutuskan untuk berhenti program KB, terutama jenis hormonal.

Ya, menghadapi siklus menstruasi yang tidak menentu dapat berdampak bagi sulitnya mendeteksi masa ovulasi.

Apalagi, kebanyakan wanita justru tidak subur selama beberapa hari saat ovulasi tiba. Hal ini dikarenakan sel telur hanya punya kondisi sangat subur 12-24 jam setelah dilepaskan dari ovarium.

Perempuan dikatakan sangat subur selama 1 hari (24 jam), setelah ovum (sel telur) dibuang kemudian perlu sel telur baru lagi untuk dibuahi.

Tanya dokter Anda, Apa suplemen penyubur yang baik dan cocok dengan kondisi Anda.

Selain itu, masih ada hal penting lainnya yang harus anda ketahui…

sebelumnya saya mau bertanya, apa apakah Anda mengalami Amenore? jika ia, lanjutkan membaca…

Apa itu Amenore?

Amenore adalah suatu keadaan di mana tidak terjadi menstruasi sama sekali. Terdapat 2 jenis amenore, jika menstruasi tidak pernah terjadi maka ini adalah amenore primer…

…sedangkan jika anda pernah mengalami menstruasi namun kemudian berhenti dalam waktu enam bulan atau lebih maka ini disebut amenore sekunder.

Amenore sebenarnya merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Memang ada masa di mana siklus menstruasi bulanan tidak terjadi.

Normalnya, amenore bagi setiap perempuan hanya terjadi pada masa sebelum puberitas, masa hamil, selama masa meyusui, dan telah menopause.

Sedangkan amenore yang tidak normal dapat terjadi karena adanya kelainan kelenjar tiroid, kelenjar hopofisa, ovarium, kelenjar adrenal, kelainan di otak, ataupun bagian sistem reproduksi yang lain.

Normalnya, hipotalamus mengirimkan sinyal menuju kelenjar hipofisa yang akan merangsang dilepasnya sel telur dari ovarium.

Pembentukan hifopisa yang tidak normal dapat menyebabkan pelepasan sel telur menjadi terhambat, bahkan mengganggu serangkaian proses hormon-hormon yang terlibat dalam proses terjadinya menstruasi.

Pesan saya…

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan Dokter.

Kesimpulan…

Pemakaian KB mempengaruhi hormon estrogen dan progestron. dan akibatnya hormon menjadi terganggu dan tidak seimbang.

Jadi, dengan demikian maka tubuh seorang wanita berhenti menghasilkan sel telur di ovariumnya, menipiskan serviks (leher rahim) sehingga sperma susah masuk ke rahim dan bertahan hidup disana.

Dibutuhkan waktu bagi tubuh untuk menormalkan kembali siklus.

Baca Juga – Bagaimana Menentukan dan Mengetahui Masa Subur Wanita

Sudah mencoba berbagai cara tapi masih belum juga hamil…?

Ada kabar baik untuk Anda, telah ditemukan cara terbaik dan terbukti untuk bisa hamil dalam waktu singkat, dikemas dalam bentuk Buku hasil penelitian dr. Rosdiana Ramli, SpOG selama menangani pasien yang sulit hamil. “INGAT, Bahwa Semakin Tua Maka Anda Akan Semakin Sulit Hamil” Action sekarang juga – Info selengkapnya…

RahayuTips Kehamilan
Bagaimana cara cepat hamil setelah KB, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mempercepat masa subur dan supaya hormon dalam tubuh normal kembali? lalu, kenapa pasca pemakaian KB suntik jadi lebih sulit hamil? tenang Anda jangan panik dulu, karena itu adalah gejala normal yang biasa terjadi... ...teruskan membaca untuk mengetahui penyebab dan solusinya Mengalami masalah...