Cara Menambah Berat Badan Bayi Dalam Kandungan Dengan Makanan dan Vitamin

cara menambah berat badan bayi

Credit: tesco-baby.com

Bagaimana cara menambah berat badan bayi dalam kandungan? hal ini memang sering kali menjadi masalah bagi sebagian ibu hamil, karena perkembangan janin bertambah gemuk dengan kecepatan yang sama. makanan penambah berat badan bayi sangat di perlukan jika Anda mengalami masalah ini.

Berapakah Berat Bayi Normal Dalam Kandungan?

Berat bayi dalam kandungan tergantung pada kecukupan nutrisi dan faktor genetika orangtuanya. Berat bayi normal di Indonesia beberapa menggunakan kesepakatan berat bayi yang normal yaitu 2,5-3,5 kg.

Acuan standar berat janin normal adalah sebagai berikut:

  • Usia kehamilan 20 minggu berat janin 500 gram
  • Usia kehamilan 28 minggu berat janin 1000 gram
  • Usia kehamilan 31 minggu berat janin 1500 gram
  • Usia kehamilan 34 minggu berat janin 2000 gram
  • Usia kehamilan 37 minggu berat janin 2500 gram

Cara Menambah Berat Badan Bayi atau Janin Dalam Rahim

1 – Menambah asupan kalori

Nutrisi adalah kunci selama kehamilan. Makanan yang Anda makan berperan langsung dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup berbagai jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak dan makanan olahan susu.

2 – Makanan lemak sehat

Banyak orang takut dengan lemak, tapi Anda benar-benar membutuhkan lemak dalam makanan Anda untuk mempromosikan penyerapan nutrisi yang tepat.

Alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun dan ikan berlemak seperti salmon, adalah pilihan bagus untuk meningkatkan asupan lemak sehat Anda. (baca: Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil)

3 – Susu

Konsumsi susu untuk meningkatkan berat badan janin dan juga mengoptimalkan pertumbuhannya. Namun ingat, hindari meminum susu yang telah ditambahkan terlalu banyak gula dan pemanis buatan. (baca: Tips Memilih Susu Terbaik Untuk Kehamilan Dan Janin)

4 – Konsumsi vitamin kehamilan

suplemen vitamin ibu hamil dan mineral dua kali lipat lebih besar saat hamil. Sebelum mengonsumi suplemen, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mengetahui dosis yang tepat.

Baca juga:

Selain makan makanan sehat, dapatkan perawatan prenatal yang memadai. Konsultasi dokter kandungan Anda secara teratur, karena agar dapat mengawasi kehamilan Anda dan memberikan rekomendasi untuk membantu bayi Anda tumbuh.

Selain makan makanan sehat, faktor gaya hidup tertentu juga bisa menghambat pertumbuhan. Jangan merokok, minum alkohol atau gunakan obat saat Anda hamil, karena berhubungan dengan berat lahir rendah.