Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Dan Apa Penyebabnya?

cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil – via: momjunction.com

Mengapa pergelangan kaki dan kaki saya jadi bengkak saat hamil? hal itu terjadi karena kelebihan cairan yang mengumpul pada jaringan tubuh Anda. Hal ini wajar terjadi jika Anda mengalami pembengkakan selama kehamilan, karena Anda mempertahankan lebih banyak air. Perubahan kimia darah Anda juga menyebabkan beberapa cairan bergeser ke dalam jaringan Anda.

Selain itu, membesarnya rahim Anda menempatkan tekanan pada vena panggul dan vena cava Anda (vena besar di sisi kanan tubuh yang membawa darah dari tungkai bawah Anda kembali ke jantung). Tekanan tubuh juga dapat memperlambat kembalinya darah dari kaki Anda.

Kemungkinan besar masalah ini terjadi selama trimester ketiga . Ini mungkin sangat berat bagi wanita dengan cairan amnion berlebihan. Edema juga cenderung lebih buruk pada akhir hari dan selama musim panas.

Apa Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil?

Secara umum, kaki bengkak saat hamil terjadi karena adanya penumpukan cairan berlebih di kaki ibu. Hormon kehamilan yang dihasilkan ibu saat hamil akan membuat tubuh menahan dan mengumpulkan cairan lebih banyak.

Kaki bengkak saat hamil juga terutama akan muncul saat usia kehamilan semakin besar. Ini disebabkan dikarenakan janin di dalam kandungan ibu yang semakin besar.

Janin yang semakin besar ini akan memberi hambatan pada pembulur darah balik sehingga membuat lebih banyak cairan berkumpul di kaki.

Setelah Anda melahirkan, maka pembengkakan akan hilang dan cukup cepat karena tubuh Anda menghilangkan kelebihan cairan. Mungkin saat itu Anda akan sering buang air kecil dan berkeringat banyak pada hari-hari pertama setelah melahirkan.

Apa yang dapat saya lakukan untuk mengurangi pembengkakan selama kehamilan?

Anda dapat membantu meringankan tekanan meningkat pada pembuluh darah Anda dengan berbaring di sisi kanan tubuh Anda.

Karena vena cava adalah pada sisi kanan tubuh Anda, beristirahat di sisi kiri Anda juga hal terbaik yang harus anda lakukan, namun kedua sisi sebaiknya dilakukan secara bergantian.

Berikut adalah beberapa tips lainnya:

  • Meletakan kaki Anda bila memungkinkan. Misalnya; di tempat kerja, letakan kaki Anda diatas bangku atau tumpukan buku, karena hal ini membantu untuk menjaga mengistirahatkan kaki Anda.
  • Jangan menyilangkan kaki atau pergelangan kaki saat duduk.
  • Meregangkan kaki Anda sering sambil duduk: Regangkan kaki Anda keluar, tumit pertama, dan dengan lembut melenturkan kaki Anda untuk meregangkan otot betis Anda. Putar pergelangan kaki dan menggoyangkan jari-jari kaki Anda.
  • Memakai sepatu yang nyaman yang meregang untuk mengakomodasi setiap pembengkakan di kaki Anda.
  • Jangan memakai kaus kaki atau stoking yang memiliki band ketat di sekitar pergelangan kaki atau betis.
  • Minum banyak air. Anehnya, ini membantu tubuh Anda mempertahankan sedikit air.
  • Latihan secara teratur, terutama berjalan , berenang , atau naik sepeda statis. Atau mencoba kelas aerobik karena  dapat membantu mengurangi pembengkakan
  • Makan dengan baik , dan menghindari junk food.

Anda juga mungkin memiliki beberapa pembengkakan ringan di tangan Anda. Hubungi dokter jika Anda mengalami bengkak di wajah Anda atau bengkak di sekitar mata Anda, lebih dari pembengkakan sedikit tangan Anda, atau pembengkakan yang berlebihan atau tiba-tiba kaki atau pergelangan kaki. Ini bisa menjadi tanda preeclampsia , kondisi serius.