Kulit kering saat hamil

Cara mengatasi Kulit kering saat hamil

Bagaimana cara mengatasi kulit kering saat hamil? Kulit Anda akan mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Kelebihan sekresi minyak menyebabkan jerawat yang menjengkelkan dan Stretch marks mulai terbentuk di perut Anda serta kulit menjadi kusam saat hamil tua.

Faktor Penyebab Kulit Kering pada Kehamilan

Hal ini biasa terjadi pada ibu yang memiliki kulit kering selama kehamilan. Perubahan hormon menyebabkan kulit Anda kehilangan elastisitas dan kelembabannya.

Efeknya tidak hanya kulit kering, namun juga cenderung mudah bersisik jika tidak dirawat dengan baik. Menurut C. Joseph Cadle, MD, kulit bersisik juga merupakan tanda terjadinya dehidrasi.

Kebanyakan wanita mengalami kulit kering dan gatal di daerah perut, beberapa wanita hamil juga akan merasakan gatal di paha, payudara, dan lengan mereka.

4 Tips Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Saat Hamil

Salah satu cara yang paling mudah adalah mengonsumsi 8 gelas air putih setiap hari. Lalu apa lagi ya cara mudah untuk mencegah kulit kering dan kusam saat hamil? Berikut beberapa tips nya.

1. Gunakan Pelembab

Penggunaan pelembab efektif mencegah masalah diskolorasi pada kulit, gunakan, baik sebelum, saat, dan sesudah hamil, Jangan lupa periksa bahan-bahannya, jangan sampai mengandung alkohol.

Gunakan juga losion dan krim dengan kandungan Parsol 1789 atau Avobenzone yang aman untuk ibu hamil. Untuk daerah-daerah yang rawan kering (siku, lutut, tumit) ibu bisa menggunakan jelly atau jenis salep A & D.

2. Mandi Susu

Untuk membuat bak susu buatan sendiri, kombinasikan 2 cangkir susu bubuk utuh, 1/2 cangkir tepung maizena, 1/2 cangkir baking soda, dan minyak esensial yang aman dari kehamilan. Tuangkan seluruh campuran ke dalam air mandi.

Gunakan air hangat, Jangan terlalu lama berendam, maksimal 10 menit, jika kulit terlalu banyak terkena air juga tidak baik.

yoghurt, asam laktat alami dalam susu bisa menghilangkan sel kulit mati dan menghidrasi kulit.

3. Sayur dan Buah

Sayur dan buah dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit Anda. Bagaimana tidak, vitamin E yang baik untuk kulit.

4. Air Hangat

Gunakanlah air hangat untuk mandi, jangan menggunakan air panas, karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit yang dapat mengakibatkan kulit kering dan terasa gatal.

Baca juga:

Jangan khawatir banyak tentang kondisi kulit Anda karena sebagian besar perubahan yang terjadi pada kulit Anda selama masa kehamilan akan hilang setelah bayi Anda lahir.

RahayuPengetahuan Kehamilan
Bagaimana cara mengatasi kulit kering saat hamil? Kulit Anda akan mengalami banyak perubahan selama kehamilan. Kelebihan sekresi minyak menyebabkan jerawat yang menjengkelkan dan Stretch marks mulai terbentuk di perut Anda serta kulit menjadi kusam saat hamil tua. Faktor Penyebab Kulit Kering pada Kehamilan Hal ini biasa terjadi pada ibu yang memiliki...