susah tidur saat hamil

Susah tidur saat hamil

Untuk calon ibu baru, mengalami susah tidur banyak dihadapi oleh ibu hamil tua atau saat memasuki trimester ke 2 dan 3 biasa terjadi dan ini wajar.  kehamilan itu bisa membuat Anda merasa letih sepanjang hari. Hal ini juga dapat menyebabkan insomnia di malam hari.

Penyebab Susah Tidur Saat Hamil

Susah tidur malam saat hamil muda atau tua memang sering terjadi dan bisa mengganggu aktivitas dan kualitas tidur yang didapatkan para ibu hamil itu justru semakin turun.

Menurut National Sleep Foundation, berikut adalah perubahan tidur yang paling umum yang dapat terjadi pada setiap trimester [1]:

1.  Tidur di Trimester Pertama Kehamilan

  • Sering terbangun karena bertambahnya kebutuhan untuk pergi ke kamar mandi
  • Gangguan pada tidur akibat stres fisik dan emosional yang berhubungan dengan kehamilan
  • Meningkatnya kantuk di siang hari

2. Tidur di Trimester Kedua Kehamilan

Kualitas tidur selama trimester kedua kehamilan akan membaik, karena buang air kecil di malam hari menjadi kurang karena janin yang sedang tumbuh mengurangi tekanan pada kandung kemih dengan bergerak di atasnya.

3. Tidur di Trimester Ketiga Kehamilan

Anda mungkin mengalami masalah tidur paling banyak selama trimester ini sebagai akibat dari hal berikut:

Baca juga:

Tips Tidur Nyenyak Selama Masa Kehamilan

  • Minum segelas susu hangat bisa membantu Anda tidur nyenyak. Karena susu mengandung asam amino trytophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan  membantu anda untuk dapat tidur.
  • Mengganti lampu di kamar mandi dengan lampu redup sehingga tidak sulit bagi ibu hamil kembali tidur.
  • Buat dirimu nyaman. tidur miring, selipkan bantal di antara kedua lutut Anda, dan gunakan salah satu di bawah perut Anda karena semakin besar.
  • Menyediakan waktu untuk tidur siang, Hal ini juga bisa menggantikan waktu tidur malam yang seringkali terganggu.
  • Olahraga teratur selama kehamilan membantu kesehatan fisik dan mental. Olahraga juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak.
RahayuPengetahuan Kehamilan
Untuk calon ibu baru, mengalami susah tidur banyak dihadapi oleh ibu hamil tua atau saat memasuki trimester ke 2 dan 3 biasa terjadi dan ini wajar.  kehamilan itu bisa membuat Anda merasa letih sepanjang hari. Hal ini juga dapat menyebabkan insomnia di malam hari. Penyebab Susah Tidur Saat Hamil Susah tidur...