Cara Mengetahui Kehamilan Sejak Dini Untuk Memastikan Sedang Hamil Atau Tidak Tanpa Alat TestPack

cara mengetahui kehamilan

credit: netdoctor.co.uk

Cara mengetahui kehamilan sejak dini penting untuk di pahami, selain untuk mengetahui sedang hamil atau tidak, bisa juga untuk mendeteksi kehamilan hari pertama sampai 1 minggu agar Anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik dan akurat.

Bagaimana Mendeteksi Kehamilan Dari Ciri Fisik secara alami?

Ciri kehamilan ini memang tidak mutlak, tapi setidaknya Anda mengetahui gejala dan tanda awal kehamilan dan memastikan dengan cara memperhatikan ciri dan tanda fisik kehamilan tanpa menggunakan alat bantu.

  1. Pertanda fisik pertama bisa dilihat dari dada Anda, biasanya akan mengalami nyeri dan kesemutan di sekitar dada. Biasanya akan lebih sensitif dan berisi karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI.
  2. Ciri kedua adalah, dilihat dari postur tubuh. seperti perut yang membesar, bokong membesar, serta bagian dada, lengan dan paha pun biasanya akan terlihat lebih besar dari biasanya.
  3. Pada awal kehamilan (sekitar 1-3 minggu setelah kehamilan), keinginan untuk buang air kecil meningkat tajam di bandingkan dengan hari-hari lain.
  4. Mengalami rasa mual dan muntah. Gejala ini selalu menyerang wanita yang sedang hamil, meskipun biasanya baru muncul sekitar minggu ke-6 kehamilan.
  5. Anda akan berhenti haid / menstruasi. Saat Anda melewatkan rentang waktu menstruasi sepanjang satu siklus haid normal dan juga teratur (tidak terjadi menstruasi) . Perkiraan awal yang dapat kita simpulkan bahwa Anda sedang hamil. [1]

Jika Anda ingin memastikan kehamilan dengan cara mengetes dengan bantuan alat, maka lakukan tes urin pada pagi hari setelah Anda bangun tidur, Karena tes kehamilan paling akurat dilakukan pada waktu ini. Anda juga bisa melakukan tes urin ulang di klinik atau tes darah dengan dokter kandungan.

Baca juga: Program Hamil Secara Alami

Cara Mengetahui Tanda Kehamilan Tanpa Alat TestPack

Cara mengetes kehamilan tanpa alat tespek dapat dilakukan dengan beberapa metode, bisa dilakukan setelah berhubungan atau terlambatnya haid. Metode lainnya yaitu:

  • Bercak Darah – Jika Anda melihat beberapa tetes darah sekitar antara 1-2 minggu dari haid terakhir Anda, ini bisa jadi pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi terjadi ketika implan embrio itu sendiri ke dalam dinding rahim. Namun, ini tidak terjadi pada setiap ibu hamil.
  • Mual dan Muntah – Anda mungkin mengalami mual dan muntah karena tidak ada alasan yang jelas. Setiap bau atau rasa dapat memicu respon yang tidak menyenangkan.
  • Perut Kembung – Perubahan hormonal dalam tubuh Anda menyebabkan tubuh mengembung, Anda mungkin juga mengalami kram perut.
  • Mudah marah/Emosional – Anda menjadi gampang marah, ini akibat perubahan hormonal mempengaruhi tingkat neuro-transmitter atau pembawa pesan kimia ke otak. Hal ini menyebabkan emosi tinggi, entah baik atau buruk. Tiba-tiba, Anda gembira dan saat berikutnya Anda mengalami depresi.
  • Mengidam – Dengan meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh, Anda cenderung bereaksi terhadap makanan yang berbeda. Dalam artian, indra penciuman anda menjadi lebih sensitif atau mungkin berpaling dari bau beberapa makanan atau bahkan parfum yang Anda suka. Beberapa bau dapat memicu mual, sehingga Anda menghindarinya.
  • Siklus Tidur Terganggu – Karena perubahan fisik, siklus tidur tubuh Anda mungkin menjadi terganggu. Kadang Anda tidur dengan baik, kadang susah tidur sepanjang mala. [2]

Cara mengetahui kehamilan setelah berhubungan

Beberapa tanda kehamilan yang umum terjadi setelah berhubungan intim yaitu morning sickness, kelelahan, perubahan suasana hati, mual dan muntah, payudara terasa penuh, membesar dan lebih sensitif, telat menstruasi.

Gejala kehamilan ini bisa terjadi pada wanita selama lima atau enam minggu pertama kehamilan. Gejala ini bisa berbeda-beda antar wanita maupun antar kehamilan.

Bila memang hamil, tanda awal kehamilan tidak akan langsung muncul 1 hari setelah berhubungan. Gejala atau tanda awal hamil sebagian besar disebabkan oleh faktor hormonal dimana baru terjadi sekitar 3-7 hari setelah pembuahan.

Cara mengetahui kehamilan sebelum telat haid

Terlambat haid merupakan tanda utama bahwa seorang wanita hamil, berikut adalah beberapa tanda awal kehamilan sebelum telat menstruasi.

  • Nyeri perut bagian bawah: Rasa nyeri ini terjadi karena ada proses pembuahan dan kontraksi rahim. Rasa sakit perut ini hanya berlangsung sebentar, tidak terus menerus.
  • Sering Buang Air Kecil: karena pada masa kehamilan rahim akan membesar dan menekan kandung kemih, sehingga ibu hamil selalu ingin kencing.
  • Suhu Tubuh: anda dapat mengukur suhu tubuh ketika bangun pagi, Wanita yang mengalami pembuahan akan mengalami suhu tubuh yang meningkat dari suhu normal.
  • Sensitif terhadap bau: ketika hamil bau apa pun berubah menjadi tidak enak, Ini terjadi karena adanya perubahan hormon progesteron yang terus meningkat.

Bagaimana cara mengetahui kehamilan bagi wanita yang haidnya tidak teratur?

Bagi yang baru pertama kali hamil, memang sedikit sulit untuk mengetahui usia kehamilan jika haid tidak teratur. Berikut dibawah ini adalah tips mencari tanda-tanda kehamilan Anda:

  • Flek atau pendarahan ringan, namun bisa saja sebagai haid, apalagi jika haid tidak teratur.
  • Merasakan kram seperti akan haid.
  • Pada sebagian wanita ukuran payudara bertambah dan sering merasa nyeri.
  • Mudah lelah, karena meningkatnya hormon progresteron.
  • Sakit kepala, saking punggung, dan sering buang air kecil
  • Mual dan muntah, dan enggan makan sesuatu.
  • Tidak selera pada jenis makanan tertentu.

Cara Tes Kehamilan sendiri dengan Garam, Gula dan Sabun

Untuk mengetes kehamilan, Anda biasanya menggunakan tespek, bukan? Namun, Anda bisa mencoba cara alami untuk mengetahui awal kehamilan. Caranya juga relatif mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah menggunakan alat atau bahan yang sederhana dan mudah ditemukan.

Apa saja alat dan bahannya? berikut dibawah ini penjelasannya:

  • Tes Kehamilan Dengan Garam

Selain sebagai bumbu masak, garam juga bisa digunakan untuk mengecek kehamilan.

Caranya: Dengan menaburkan garam dalam wadah dan mencampurnya dengan urin. Jika Anda hamil, hormon HCG dalam urin akan bereaksi ketika dicampur dengan garam. Reaksi ini akan mengubah campuran garam dan urin dalam larutan putih seperti susu.

  • Tes Kehamilan Dengan Gula

Selain garam tadi, Anda juga bisa menggunakan gula untuk menguji kehamilan.

Caranya: Setelah bangun di pagi hari, bawa air seni ibu yang sudah dimasukan ke mangkuk, lalu campur dengan dua atau tiga sendok makan gula. Tunggu beberapa menit, Ketika gula mencair dengan cepat, itu berarti negatif. Jika gula menumpuk dan menggumpal, hasilnya adalah Mama hamil positif.

  • Tes Kehamilan Dengan Sabun

Cara menguji kehamilan dengan sabun juga sama dengan metode sebelumnya.

Caranya: Siapkan sabun yang telah dicampur dengan air dalam mangkuk. Lalu campur air sabun dengan air seni.  Jika air sabun yang sudah dicampur dengan air seni dan mengeluarkan banyak busa, berarti Anda postif sedang hamil.

Baca juga: