Cara menghitung dan menentukan masa subur wanita

Cara menghitung dan menentukan masa subur

Siklus menstruasi yang teratur umumnya terjadi sekitar 28 hingga 30 hari dan untuk lama keluarnya darah menstruasi tersebut sekitar 3 hingga 7 hari yang terjadi setiap bulannya.

Masa subur setelah haid adalah dengan adanya haid yang menandakan wanita sudah mengalami kematangan biologis.

1. Siklus Menstruasi Normal dan Teratur

Cara menghitung masa subur setelah haid dari siklus menstruasi wanita yang normal , yaitu diantara 28 sampai 3 hari.

Caranya hari pertama siklus menstruasi dihitung sebagai hari ke 1, dan masa suburnya yaitu  tepat di hari ke 12 sampai hari ke 16 dalam satu siklus menstruasi.

Contohnya begini…

Jika awal haid anda pada tanggal 9 Mei, maka pada tanggal itu di tandai sebagai hari pertama (ke-1), sedangkan masa subur wanita tersebut jatuh pada hari ke-12 atau (tanggal 20 Mei) sampai dengan hari ke-16 (jatuh di tanggal 24 Mei).

2. Siklus Menstruasi atau Haid Tidak Teratur

Maksudnya adalah, seorang wanita yang di tandai dengan awal menstruasi yang mengalami maju atau mundur sehingga tidak dapat di pastikan dengan jelas.

Catatlah perhitungan jumlah hari haid tersebut selama 6 bulan. Karena untuk menentukan hari pertama masa subur wanita,

dengan menghitung jumlah siklus menstruasi di mulai dari yang terpendek dalam 6 kali haid di kurangi 18.

…jadi, menghitung masa subur setelah haid wanita yang mengalami siklus menstruasi teratur dengan yang tidak teratur itu berbeda.

Bagaimana Menentukan, Mengetahui Masa Subur Anda?

Dalam diri anda saat ini mungkin masih ada salah satu pertanyaan besar mengenai bagaimana cara menghitung masa subur setelah haid yang akurat, apalagi bagi anda yang ingin segera mendapatkan keturunan dengan memanfaatkan cara ini untuk bisa hamil.

Misalnya…,

Anda telah berhenti menggunakan alat kontrasepsi yang mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama agar hormon anda normal kembali, namun Anda ingin cepat hamil setelah lepas KB tersebut, entah itu setelah penggunaan KB hormonal atau non hormonal.

Faktanya adalah…

Karena masa subur wanita setelah menstruasi ini merupakan fase yang cukup penting untuk para wanita ataupun pasangan suami istri,

karena masa subur ini adalah yang paling tepat untuk melakukan hubungan suami istri jika ingin segera memiliki keturunan.

…jadi, sangat di anjurkan juga supaya Anda mengetahui tanda-tanda masa subur khususnya bagi perempuan.

Menentukan Dan Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita Untuk Cepat Hamil

Pada metode ini ada 3 cara untuk mengetahui dan menentukan masa subur yaitu, Perubahan Periode Menstruasi, Perubahan Lendir Servik, Perubahan Suhu Tubuh.

…Baca penjelasannya dibawah ini:

1. Perubahan Periode Menstruasi atau Siklus Hamil

a.) Metode Siklus haid normal 28 hari
Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa siklus haid yang normal adalah 28 hari dan pertengahan siklusnya adalah hari ke 14 (28 : 2 ) dan masa suburnya itu 3 hari sebelum dan setelah hari ke 14.

Jadi, masa subur bisa diprediksi terjadi pada hari ke 11 dan 17.

b.) Metode Sistem Kalender
Sangat disarankan oleh para dokter ahli, sebaiknya sebelum menggunakan metode ini pasangan suami – istri harus mengetahui masa subur masing-masing.

Rumus untuk menghitung dengan sistem kalender adalah sebagai berikut:

  • Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13
  • Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3
2. Perubahan Lendir Servik

Untuk menentukan masa subur juga dapat diketahui melalui pemeriksaan getah lendir mulut rahim, dan anda dapat melakukannya sendiri, perlu diingat! bersihkan dulu tangan anda sebelum melakukan hal ini.

Cara :

  • Periksa lendir dari mulut rahim setiap hari karena hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi. Biasanya lendir rahim akan terasa encer.
  • Raba dengan telunjuk anda lalu rekatkan lendir seperti membentuk benang dengan jarak 2 – 3 cm, jika lendir tersebut terputus tandanya tidak subur, dan apabila lendir tersebut tidak terputus maka ada dalam masa subur. Tingkat keberhasilan dengan cara ini hanya sekitar 60% – 70% saja.
3. Perubahan Suhu Tubuh

Pada waktu ovulasi turun dulu dan naik kembali mencapai 37 – 38 derajat celcius dan tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat. Suhu tubuh normal basanya 35,5 – 36 derajat celsius.

Cara :

  • Lakukan pengukuran suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun, kemudian masukkan termometer ke dalam dubur atau mulut vagina selama 5 – 6 menit.
  • Tutup kembali mulut vagina selama pengukuran berlangsung, lakukan hal ini setiap hari pada jam yang selama 3 bulan.

Yang harus anda hindari saat mengukur suhu tubuh anda adalah sebagai berikut:

  • Jangan lakukan jika tubuh dalam kondisi demam
  • Jangan tidur dibawah lampu yang panas
  • Jangan tidur dengan menggunakan AC dalam suhu yang  tinggi

Tabel Perkiraan Masa Subur

Tabel masa subur dan siklus haid ini untuk memudahkan anda memperkirakan dan menentukan masa subur, karena ovulasi dan masa subur setiap wanita itu berbeda, tergantung dari panjang dan teratur atau tidaknya siklus haid Anda.

Siklus Haid Ovulasi Perkiraan Masa Subur
 22  Hari ke- 8  Hari ke 7-9
 23  Hari ke- 9  Hari ke 8-10
 24  Hari ke- 10  Hari ke 9-11
 25  Hari ke- 11  Hari ke 10-12
 26  Hari ke- 12  Hari ke 11-13
 27  Hari ke- 13  Hari ke 12-14
 28  Hari ke- 14  Hari ke 13-15
 29  Hari ke- 15  Hari ke 14-16
 39  Hari ke- 16  Hari ke 15-17
 31  Hari ke- 17  Hari ke 16-18
 32  Hari ke- 18  Hari ke 17-19
 33  Hari ke- 19  Hari ke 18-20
 34  Hari ke- 20  Hari ke 19-21
 35  Hari ke- 21  Hari ke 20-22
 36  Hari ke- 22  Hari ke 21-23
RahayuMasa Subur
Siklus menstruasi yang teratur umumnya terjadi sekitar 28 hingga 30 hari dan untuk lama keluarnya darah menstruasi tersebut sekitar 3 hingga 7 hari yang terjadi setiap bulannya. Masa subur setelah haid adalah dengan adanya haid yang menandakan wanita sudah mengalami kematangan biologis. 1. Siklus Menstruasi Normal dan Teratur Cara menghitung masa subur...