8 Rekomendasi Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil Sesuai Trimester Kehamilan

cemilan sehat untuk ibu hamil

Cemilan sehat untuk ibu hamil

Cemilan sehat untuk ibu hamil harus makanan yang baik dan kaya akan protein, serat, dan lemak sehat, karena dapat membuat Anda akan tetap kenyang di antara waktu makan. Kami telah mengumpulkan makanan ringan terbaik untuk para calon ibu. Mereka semua membantu memenuhi kebutuhan nutrisi penting bagi Anda.

Jenis Cemilan Yang Bagus dan Baik Untuk Ibu Hamil

1 – Apel dan keju: Pada masa kehamilan tubuh akan meningkatkan kebutuhan nutrisi dan serat sekitar 28 sampai 30 gram (g) serat setiap hari. Apel dan keju kaya akan serat yang dapat membantu menghadapi morning sickness pada trimester pertama.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memasukkan banyak buah dan sayuran dalam makanan Anda, yang juga membantu Anda tetap terhidrasi.

2 – Yogurt dan Kacang-kacangan: Bertujuan untuk mendapatkan susu rendah lemak setiap hari, jadi Anda dan bayi Anda mendapatkan cukup kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat. Yoghurt polos memiliki sedikit gula dibanding rasa, tapi keduanya sehat.

3 – Coklat: coklat dapat menurunkan risiko preeklamsia Anda, suatu kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada beberapa wanita hamil.

Puding cokelat yang dibuat dengan susu rendah lemak akan meningkatkan asupan susu Anda dan membantu membangun tulang bayi Anda.

4 – Jus Buah: Mulailah dengan yogurt atau susu sebagai dasar untuk salah satu makanan susu harian Anda. Tambahkan juga pisang atau buah beri untuk tambahan vitamin dan serat.

5 – Sereal Serat Tinggi, Susu, & Berries: Hampir semua sereal diperkaya dengan vitamin dan mineral, menjadikannya makanan ringan sederhana yang menyediakan banyak nutrisi.

Dan jika Anda tidak suka minum susu, menuangkannya ke sereal akan membantu Anda mendapatkan kalsium yang Anda dan bayi Anda butuhkan.

6 – Keripik ubi jalar: Bila Anda menginginkan sesuatu yang renyah dengan sedikit rasa manis, keripik kentang manis adalah jawabannya.

Mereka dilapisi dengan sedikit kayu manis dan gula, bukan garam, lalu dipanggang, yang membuat natrium dan lemaknya jauh lebih rendah daripada keripik biasa.

Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari ubi jalar, termasuk serat, potasium, dan vitamin A, C, dan B6.

7 – Telur rebus: telur mengandung banyak protein dan termasuk kolin, yang berperan dalam perkembangan otak dan sistem saraf janin, dan folat, yang membantu mencegah cacat tabung saraf.

8 – Pisang: Pisang memberi Anda dosis serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 yang baik. Vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu morning sickness.

Cemilan Sehat Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan

Kebutuhan nutrisi dan vitamin melalui cemilan dan jajanan sehat juga perlu, untuk membantu kesehatan ibu dan janin sepanjang trimester kehamilan, berikut dibawah ini keterangannya.

1. Cemilan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Pada trimester pertama mulai dari usia kehamilan 1 – 3 bulan Anda tidak memerlukan lebih banyak kalori, tapi Anda memang butuh lebih banyak folat.

Anda harus mengonsumsi banyak makanan kaya folat, serta suplemen harian 400 mikrogram (mcg) asam folat. Folat adalah bentuk alami dari asam folat yang dapat ditemukan pada beberapa makanan.

Untuk mendapatkan lebih banyak folat:

  • salad dengan daun bayam
  • asparagus kukus
  • jeruk, atau segelas kecil jus jeruk
  • melon

2. Cemilan Untuk Ibu Hamil Trimester Dua

Pada trimester ke-dua mulai dari usia kehamilan 4 – 6 bulan, fokuskan pada kalsium, karena inilah saat gigi dan tulang bayi Anda mulai berkembang.

Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap dan menggunakan kalsium dan ini sangat penting dalam kehamilan. Jadi Anda harus mendapatkan banyak vitamin D.

3. Cemilan Untuk Ibu Hamil Trimester Tiga

Pada trimester ke-tiga mulai dari usia kehamilan 7 – 9 bulan Anda membutuhkan energi ekstra, vitamin C dan tiamin (vitamin B1) pada trimester ketiga, Anda membutuhkan 200 kalori setiap hari di trimester ketiga.

Vitamin C sangat penting selama kehamilan. Ini memainkan peran penting dalam:

  • melindungi sel dari kerusakan
  • menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam keadaan baik
  • membantu plasenta untuk berkembang dan bekerja dengan baik
  • Membantu lapisan usus Anda untuk menyerap zat besi penting dari makanan.

Buah dan sayuran merupakan cemilan sehat untuk ibu hamil karena mengandung vitamin C tinggi, juga vitamin dan mineral lainnya, sehingga membuat makanan ringan yang sangat baik dan praktis.

Jajanan yang Perlu Dipantang Saat Hamil

Bagi bumil yang suka jajan, perlu diperhatikan saat memilih jajanan saat hamil, contohnya seperti baksso, siomay dan olahan daging, walaupun mengandung protein dan vitamin.

Menurut Dr. Mariono Reksoprodjo, SpOG, dari Seruni Maternity Clinic, Jakarta, wanita hamil harus berhati-hati saat memakannya. Bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari atau, setidaknya, hati-hati karena beberapa alasan. berikut diantaranya:

  • Makanan ringan (bakso, bakso, bakwan dan sejenisnya)

Bakso, mie ayam, bakwan malang, siomay dan sejenisnya, yang mengandung bahan kimia diyakini berkontribusi terhadap munculnya berbagai gangguan pertumbuhan saraf pada janin, seperti autisme, hiperaktif, cerebral palsy dan lain-lain.

Bahan-bahan yang perlu di waspadai bagi wanita hamil adalah boraks, yang biasanya ditemukan di bakso, formalin dalam mie dan MSG (monosodium glutamate) atau bumbu bakso dan mie.

  • Makanan dalam kemasan (sosis, nugget, kornet dan sejenisnya)

Makanan dalam kemasan biasanya mengandung bahan pengawet yang dianggap mengganggu pencernaan bumil, sehingga mereka akan mengurangi nutrisi yang disalurkan ke tubuh janin. Juga diyakini bahwa zat pengawet dapat mengubah pertumbuhan saraf otak janin.

  • Minuman dalam kemasan

Meskipun mereka bilang tanpa bahan pengawet, tetapi pada kenyataannya mengandung bahan pengawet. Karena itu, wanita hamil untuk berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

Baca juga: