Kenali Ciri Kehamilan Bermasalah dan Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

Ciri Kehamilan Bermasalah

Menjaga kandungan usia muda memang tidak mudah, apalagi yang baru mengalaminya, tidak sedikit juga ibu muda yang mengalami kehamilan bermasalah sehingga kondisi ini bisa membahayakan ibu dan janin.

Kenali Tanda Kehamilan Bermasalah

Untuk mencegah masalah kehamilan, sebaiknya Anda mengenal kondisi yang menandakan bahwa kehamilan anda bermasalah. Berikut adalah ciri-ciri kehamilan anda sedang bermasalah:

1 – Mual dan Muntah yang parah: Mual muntah saat hamil memang sangat umum terjadi, namun jika sampai parah maka sangat berbahaya. Jika Anda tidak bisa makan atau minum apapun, Anda berisiko mengalami dehidrasi dan dapat membahayakan bayi Anda.

2 – Keluar Bercak Darah: Waspadai keluarnya bercak dari yang volumenya makin lama makin banyak sampai perdarahan hebat. Pendarahan berat dengan kram juga bisa menjadi tanda keguguran pada trimester pertama atau awal trimester kedua.

Namun perlu diketahui bahwa di usia kehamilan 37 minggu, keluarnya lendir atau bercak adalah hal yang normal dan bisa menjadi tanda akan terjadi persalinan.

3 – Nyeri atau Kram di Perut: Kram pada perut, seperti yang biasa terjadi sebelum masa datang bulan dan berlangsung cukup lama.

4 – Infeksi Saluran Kencing: Mengalami rasa panas pada saat buang air kecil yang merupakan tanda ibu hamil mengalami infeksi pada saluran kencing maka seringkali menggangu kondisi ibu hamil.

5 – Gerakan Bayi Berkurang: Jika, setelah Anda secara teratur merasa bayi Anda bergerak, bayi Anda bergerak kurang dari biasanya atau Anda tidak dapat merasakan bayi Anda bergerak sama sekali.

6 – Sakit kepala dan Penglihatan Kabur: Hal ini dapat mengindikasikan preeklampsia. Didiagnosis biasanya setelah 20 minggu kehamilan. Sakit kepala hebat yang berlangsung cukup lama, terutama jika disertai gangguan penglihatan.

7 – Kaki dan Tangan Bengkak: Beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki mengalami pembengkakan yang tidak biasa. Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu indikasi adanya masalah atau kelainan yang terjadi pada kehamilan Anda. (baca; Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil)

8 – Sakit di Bagian Panggul: Yang perlu diwaspadai adalah jika nyerinya sangat hebat dan tak kunjung reda pada bagian bawah panggul.

Ciri Kandungan Lemah

Tanda kehamilan bermasalah juga bisa sebagai indikasi kandungan Anda lemah, biasanya juga akan terjadi Keluar flek atau bercak darah dan juga Terjadi kontraksi diawal kehamilan.

Kelainan kromosom Kelainan ini akan menyebabkan keguguran karena sel telur yang dibuahi sel sperma tidak bisa membentuk embrio.

Kelainan kromosom juga meningkatkan resiko kelahiran bayi dengan penyakit bawaan seperti sindrom Down dan berbagai penyebab janin cacat sejak dalam kandungan.

Baca juga:

Cara Praktis Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat

1 – Hindari Alkohol, Rokok dan Batasi Kafein: Hal ini dapat menyebabkan keguguran, persalinan prematur, dan plasenta bermasalah.

Minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko berat bayi lahir rendah, gangguan belajar, bahasa, bicara, dan menjadi hiperaktif.

2 – Kendalikan emosi: Sangat normal ibu hamil mengalami perubahan emosi yang naik turun atau tiba-tiba merasa ingin menangis. Nikmati setiap proses dalam menjaga kehamilan, jangan terlalu memaksakan atau menghakimi diri.

3 – Pemeriksaan ke bidan atau dokter: Lakukan pemeriksaan pada bidan atau dokter kandungan secara teratur.  Pemeriksaan pada kehamilan trimester pertama yang normal yaitu per enam minggu.

Jangan malu untuk mengajukan pertanyaan mengenai kehamilan atau rencana persalinan nanti pada bidan atau dokter kandungan Anda.

Jangan abaikan hal sekecil apapun jika kehamilan Anda bermasalah, Konsultasikan segera pada bidan atau dokter, jika timbul tanda-tanda bahaya dalam menjaga kehamilan. jangan sampai menghentikan kita untuk terus mempertahankan janin tetap sehat dan terjaga didalam kandungan.