Flek Saat Hamil, Normalkah? Ini Dia Penyebab, Ciri dan Langkah Awal Untuk Mengatasinya

flek saat hamil

img source: wisegeekhealth.com

Flek saat hamil merupakan masalah umum yang sering di hadapi saat masa awal kehamilan, sekitar 20% wanita mengalaminya selama 12 minggu pertama saat hamil muda. Perdarahan yang terjadi pada awal kehamilan biasanya lebih ringan dalam periode menstruasi. Warna darah juga sering bervariasi dari merah sampai ke coklat.

Anda jangan panik, karena Mayoritas wanita yang mengalami bercak selama kehamilan pergi untuk memiliki kehamilan dan bayi yang sehat.

Penyebab Keluar Darah Saat Hamil

Pendarahan implantasi adalah penyebab umum dari flek pada awal kehamilan. Pendarahan implantasi terjadi ketika telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim.

Hal ini dapat memicu perdarahan dalam beberapa hari. bercak ini sering terjadi sebelum seorang wanita hamil sehingga sering keliru sebagai periode menstruasi yang tertunda.

Penyebab umum lainnya adalah karena kadar estrogen yang lebih tinggi. Hal ini dapat terjadi karena ada peningkatan jumlah pembuluh darah pada jaringan di sekitar leher rahim selama kehamilan.

Akibatnya, kontak dengan daerah ini (misalnya melalui hubungan seksual atau ujian ginekologi) dapat menyebabkan perdarahan.

[ Baca juga: Tes urine untuk kehamilan dengan cara analisa warna air seni ]

Ciri Flek Ketika Hamil Muda

  • Waktu Pendarahan – Pendarahan implantasi ini terjadi 6 hingga 12 hari setelah proses ovulasi atau masa subur anda. Sehingga terjadinya pendarahan implantasi ini terjadi pada usia kehamilan bulan ke 1. Jika ovulasi tepat terjadi 6 – 12 hari sebelum periode haid.
  • Jumlah Flek Darah – Pendarahan implantasi akan menghasilkan jumlah darah yang sedikit atau hanya berupa flex darah. Dan flex darah ini terjadi hanya dalam 1 hingga 2 hari saja kemudian berhenti. Lain halnya dengan pendarahan menstruasi yang biasanya berlanjut.
  • Warna darah – Biasanya terdiri dari dua kategori warna, warna terang yang terderung merah muda atau merah terang dan pendarahan dengan warna darah gelap yaitu kecoklatan.
  • Kram perut – Rasa sakit ini bisa dibedakan dengan sakit menjelang haid, karena biasanya kram perut yang disebabkan oleh proses implantasi lebih ringan atau tidak sesakit jika terjadi awal menstruasi.

[ Baca juga: Keluhan ibu hamil dan solusinya ]

Tindakan Awal Untuk Mengatasi Perdarahan Ketika Hamil

  • Hindari berhubungan badan saat hamil selama perdarahan berlangsung.
  • Perhatikan warna dari darah yang keluar, misalnya merah muda, merah kecokelatan, merah terang, dan lain-lain.
  • Jangan pernah menggunakan pembersih vagina.
  • Batasi aktifitas fisik Anda.
  • Hindari mengangkat barang yang berat.