masalah kulit saat hamil

Credit: idermic.es

Pada masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh karena perubahan hormon, termasuk juga gangguan kesehatan kulit saat hamil. Namun sebagian besar masalah kulit yang terlihat pada kehamilan akan hilang setelah Anda melahirkan.

Perubahan Kondisi Kulit Secara Umum Pada Masa Kehamilan

1 – Hiperpigmentasi: Kondisi ini merupakan penggelapan kulit dan disebabkan oleh peningkatan melanin, zat dalam tubuh yang bertanggung jawab terhadap warna (pigmen). Kehamilan menyebabkan kelebihan produksi melanin. [1]

2 – Melasma: Ditandai dengan bercak coklat, biasanya di wajah. Kondisi ini sangat umum terjadi pada wanita hamil yang disebut.

3 – Stretchmark/Selulit: Garis-garis gurat kehitaman di perut, paha, atau payudara. Hormon kehamilan lah yang memicu keluarnya gurat-gurat ini.

4 – Polymorphous eruption: Penampilannya seperti eksim di timbul di perut, berwarna merah dan gatal sekali.

5 – Jerawat: Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dan Jerawat menyebabkan komedo dan bekas merah meradang pada kulit Anda.

6 – Varises: Varises adalah pembuluh darah yang membesar di dekat permukaan kulit. Pembuluh darah berwarna ungu atau biru mungkin muncul di kaki Anda selama kehamilan.

7 – Herpes: Bentuk herpes ini seperti cacar air yang muncul di perut, ditandai oleh rasa gatal dan agak perih. Gejala ini bisa diatasi dengan obat. Kasusnya tidak terlalu banyak tetapi akan menjadi masalah.

Seperti diketahui, sebagian besar kondisi kulit ini akan sembuh sendiri setelah bayi lahir. Jika tidak hilang segera hubungi dokter sebelum menjadi berbahaya. [2]

Artikel Lain:

Apakah perubahan kulit saat hamil berbahaya?

Perubahan umum pada kulit tidak berhubungan dengan masalah kesehatan. Namun, bicarakanlah dengan dokter. Waspadai beberapa perubahan warna kulit bisa disebabkan oleh kondisi lain yang tidak berkaitan dengan kehamilan Anda.

Tingginya kadar hormon serta kondisi kulit yang tertarik dan lebih tipis dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif. Untuk meminimalisir sensitivitas, pilihlah pakaian berbahan katun dan jagalah tubuh agar tetap lembap.

RahayuPengetahuan Kehamilan
Pada masa kehamilan, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh karena perubahan hormon, termasuk juga gangguan kesehatan kulit saat hamil. Namun sebagian besar masalah kulit yang terlihat pada kehamilan akan hilang setelah Anda melahirkan. Perubahan Kondisi Kulit Secara Umum Pada Masa Kehamilan 1 - Hiperpigmentasi: Kondisi ini merupakan penggelapan kulit dan disebabkan...