Tahapan, Proses Dan Gejala Awal Kehamilan Dari Minggu Ke Minggu

tahap kehamilan dari minggu ke minggu

tahapan kehamilan dari minggu ke minggu – via: healthywomen.org

Fase tahapan awal kehamilan pada trimester pertama dimulai tanpa tanda-tanda Anda sedang hamil, dan berakhir dengan tubuh yang telah disesuaikan dengan membawa seorang bayi. Gejala tidak akan mulai sampai minggu keempat, ketika seorang wanita dapat mengharapkan untuk melewatkan haid dan mungkin mengalami kram ringan dan bercak darah.

Fase dan Tahapan Proses Awal Kehamilan

Morning sickness mungkin mulai sekitar seminggu lima atau enam, tapi mual dan muntah dapat terjadi setiap saat sepanjang hari. Tanda-tanda fase awal kehamilan sering dengan mudah diabaikan. Banyak wanita tahu bahwa periode terjawab mungkin menunjukkan kehamilan, tapi begitu bisa kembung, bercak, dan kram. Mari kita kenali tahapan kehamilan dari minggu ke minggu.

Minggu 1 dan 2

Menentukan waktu yang tepat dari konsepsi dan tanggal jatuh tempo wanita lebih rumit daripada yang Anda kira. Walaupun mungkin terdengar aneh, kehamilan minggu pertama Anda didasarkan pada tanggal menstruasi terakhir Anda, yang terjadi sebelum Anda hamil. tanggal pengiriman diharapkan Anda dihitung dengan menggunakan hari pertama haid terakhir Anda. Untuk itu, minggu ini penting menuju kehamilan 40 minggu Anda.

Hal ini tidak sampai kapan di minggu kedua bahwa ovulasi terjadi. Ovulasi adalah pelepasan sel telur yang paling matang dari ovarium. Telur matang menuju ovarium ke tuba falopi menuju rahim. Sementara telur dalam tabung, seorang wanita dapat hamil jika telur bertemu sperma.

gejala:

Karena Anda belum hamil dalam satu minggu, Anda tidak memiliki gejala kehamilan. Anda mungkin memiliki gejala menstruasi Anda, namun. Anda juga tidak akan merasakan gejala atau tanda-tanda kehamilan selama atau segera setelah pembuahan. Anda juga tidak akan merasakan gejala atau tanda-tanda kehamilan selama atau segera setelah pembuahan.

Minggu 3

Telur dan sperma bergabung untuk membuat satu sel dalam proses yang disebut pembuahan. jenis kelamin bayi ditentukan pada saat pembuahan. telur yang telah dibuahi membuat jalan menuju rahim Anda. Apa yang pernah satu sel sekarang mengalikan dan membagi menjadi banyak sel.

Proses ini, disebut pembelahan sel dan diferensiasi, menciptakan blastokista, kelompok cairan sel. blastokista ini berkembang dua lapisan: sebuah inner cell mass (ICM) dan lapisan luar sel trofoblas. Pada akhir pekan ini, blastokista akan melampirkan sendiri ke dinding rahim Anda, juga disebut endometrium. Proses ini disebut implantasi.

gejala:

Ini tahap awal kehamilan, ketika telur bergerak dibuahi ke rahim, sering tidak menghasilkan tanda-tanda atau gejala terdeteksi.

Minggu 4

Menurut Mayo Clinic , implantasi terjadi ketika blastocyst liang ke dalam dinding rahim untuk makanan. Sel-sel terus tumbuh dan membelah. Pada tahap ini kehamilan Anda, inner cell mass dapat dibagi menjadi dua lapisan: epiblast dan hypoblast tersebut. Lapisan sel pada akhirnya akan menjadi bagian tubuh bayi dan organ.

Pada minggu keempat, cluster sel terus menanamkan dirinya ke dalam rahim. Sel-sel trofoblas yang sedang mengembangkan cara untuk memberi makan bayi selama kehamilan. Setelah implantasi selesai, tubuh Anda akan mulai memproduksi gonadoptropin chorionic manusia (hCG). Hormon ini membantu tubuh menjaga kehamilan. Ia juga memberitahu ovarium untuk berhenti melepaskan telur matang setiap bulan. Anda mungkin akan kehilangan periode berikutnya.

gejala:

Selama minggu keempat, Anda tidak akan mulai periode menstruasi berikutnya. Bagi banyak wanita, tanda terdeteksi pertama kehamilan adalah periode terjawab.

Selama implantasi, beberapa wanita mengalami kram ringan dan bercak darah. Anda bisa kesalahan tanda-tanda dan gejala implantasi sebagai periode Anda. Dalam hal ini, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang hamil.

Namun, jika Anda adalah untuk mengambil tes kehamilan urin pada saat ini, mungkin ia akan menunjukkan bahwa Anda sedang hamil. Pada minggu keempat, tes kehamilan akan dapat mendeteksi kadar hCG dalam urin Anda.

Gejala lain dari kehamilan yang terjadi selama minggu ini termasuk kelelahan, mual, kesemutan atau payudara sakit, sering buang air kecil, dan merasa kembung.

Minggu 5

Dalam minggu lima, sel-sel embrio berkembang di dalam rahim Anda mulai mengambil bentuk dikenali. Sel embrio yang akhirnya akan menjadi sumsum tulang belakang bayi dan otak mulai terbentuk.

gejala:

Kelelahan, perasaan kembung, sering buang air kecil, sakit dada, dan perubahan suasana hati semua dapat memulai atau melanjutkan selama seminggu lima. Anda mungkin atau tidak mungkin juga mengalami mual.

Minggu 6

Dalam enam minggu, sistem saraf embrio dan otak berkembang pesat. Jantung mulai memompa darah, dan mata yang berkembang, juga. embrio juga mulai tunas lengan dan kaki.

gejala:

Sekarang, tubuh Anda mungkin memberikan Anda semua tanda-tanda dan gejala tahapanan awal kehamilan. Gejala yang paling umum terkena kekuatan penuh selama minggu keenam ini. Morning sickness, misalnya, dapat berkembang. Meskipun namanya, perut mual, mual, dan muntah yang berhubungan dengan morning sickness dapat terjadi setiap saat sepanjang hari.

Hormon mengontrol begitu banyak gejala yang Anda alami. Ketika Anda hamil, hormon tubuh Anda melompat ke sebuah rollercoaster tertinggi dan terendah. perubahan suasana hati, sering buang air kecil, perubahan suhu semua bisa berhubungan dengan ayunan hormon ini.

Minggu 7

Dalam minggu ketujuh, tali pusat, yang menyediakan embrio dengan nutrisi dan oksigen selama kehamilan, telah selesai di bentuk. Paru-paru dan sistem pencernaan masih berkembang. fitur wajah juga menjadi lebih didefinisikan.

gejala:

Tubuh Anda siap untuk sisa kehamilan Anda, dan itu mencoba untuk melindungi embrio berkembang. Untuk melakukan itu, Anda akan mengembangkan plug lendir selama minggu ini. plug melindungi rahim dengan menyegel pembukaan kanal serviks.

Minggu 8

Embrio terus tumbuh dan berkembang lebih banyak fitur dikenali, termasuk tangan, kaki, dan mata. Alat kelamin masih terlalu kecil dan terbelakang, sehingga Anda tidak akan tahu jenis kelamin bayi Anda selama beberapa minggu lagi.

gejala:

Sebuah periode terjawab, mual, muntah, kelelahan, kembung, dan kenaikan berat badan mungkin (mungkin ekstrim). Jika Anda tidak tahu Anda hamil sebelum minggu ini, Anda mungkin akan mulai bertanya-tanya.

Tubuh Anda bekerja keras untuk membantu embrio tumbuh Anda mengembangkan healthfully. Kehamilan menempatkan permintaan yang besar pada tubuh Anda, khususnya sistem vaskular Anda.

Selama tahap ini kehamilan, hati Anda mungkin mulai memompa lebih cepat dan lebih keras. Upaya ekstra yang dibutuhkan untuk mendapatkan darah yang cukup dari hati, melalui tubuh, dan embrio Anda.

Minggu 9

Semua sistem embrio terus berkembang dan menjadi lebih jelas. Kelopak mata yang membentuk dari flaps kulit di atas mata. Hidung bisa dilihat di USG. organ reproduksi internal berkembang. Otot telah mulai terbentuk, juga, jadi embrio dapat mulai membuat gerakan. Namun, Anda tidak akan dapat merasakan ini selama beberapa minggu lagi.

gejala:

Banyak gejala yang sama seperti minggu delapan masih akan hadir dalam seminggu sembilan. Untuk saat ini, gejala akan terus tumbuh lebih terlihat karena hormon dan bahan kimia perubahan yang disebabkan oleh kehamilan membuat banyak bekerja ekstra untuk tubuh Anda. Jangan heran jika kelelahan ekstrim dalam minggu ke sembilan.

Minggu 10

Mulai di minggu 10, embrio sekarang dianggap janin. Jari tangan dan kaki mulai berkembang dari pelengkap dayung-seperti yang dikembangkan di awal kehamilan. Semua organ vital janin mulai bekerja sama.

gejala:

Gejala fase awal kehamilan masih akan sangat mirip dengan beberapa pekan terakhir. Mual, muntah, perubahan suasana hati, kelelahan, dan payudara pegal. Pada titik ini, detak jantung Anda akan naik, tetapi tekanan darah Anda mungkin akan tetap sama.

Dokter Anda akan memeriksa tekanan darah Anda pada kunjungan prenatal pertama Anda. Jika tekanan darah Anda meningkat, itu bisa menjadi tanda komplikasi.

Minggu 11

Pada minggu ke 11, janin berkembang dengan cepat. Hal ini menempatkan permintaan yang lebih besar pada tubuh Anda. Semua pembuluh darah di plasenta tumbuh untuk memasok janin dengan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

gejala:

Hormon terus menjadi penyebab dari berbagai perubahan pada tubuh Anda. Payudara Anda mungkin mulai tumbuh. Areola, daerah di sekitar puting, dapat berubah ke warna yang lebih gelap dan dapat tumbuh lebih besar.

Meskipun Anda mungkin telah mengalami kenaikan berat badan beberapa pon dalam minggu awal kehamilan Anda, berat badan menjadi lebih umum pada akhir trimester pertama Anda.  Janin berkembang sangat cepat sehingga Anda perlu makan lebih banyak untuk memberikan itu dengan nutrisi yang dibutuhkan.

Minggu 12

Ini bagian dari perkembangan bayi Anda berfokus pada fine-tuning banyak fungsi internal. Otak adalah fokus utama, tapi kuku kecil dan kuku mulai tumbuh, juga. Ginjal berfungsi, dan mereka memproduksi urine.

gejala:

Kombinasi dari peningkatan volume darah dan kadar hormon yang lebih tinggi mendorong lebih banyak darah melalui pembuluh Anda. Hal ini menyebabkan kelenjar minyak tubuh untuk bekerja dari waktu ke waktu. Itu, pada gilirannya, memberikan kulit Anda memerah, penampilan mengkilap. Banyak orang mungkin mulai mengatakan Anda memiliki “cahaya kehamilan.”

Banyak perubahan tubuh dan gejala awal fase dan tahapan kehamilan dari minggu ke minggu Anda akan dialami pada trimester pertama akan mulai memudar setelah Anda mencapai trimester kedua.

Misalnya, morning sickness biasanya hanya terjadi selama trimester pertama. Gejala lain, seperti sakit maag, sebenarnya tetap sama atau lebih buruk. Bicarakan dengan dokter Anda tentang gejala kehamilan bermasalah. Bersama-sama, Anda dapat menemukan bantuan dan kenyamanan bagi kehamilan Anda.