Bagaimana Jika Ibu Hamil Tidak Minum Susu, Adakah Makanan Pengganti Susu Kehamilan?

ibu-hamil-tidak-minum-susu

Haruskah ibu hamil minum susu kehamilan? Asupan vitamin dan kalsium selama kehamilan sangat penting, dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain memberikan kalsium, susu juga mengandung mikronutrien yang baik untuk ibu dan bayi.

Benarkah Ibu Hamil Tak Wajib Minum Susu?

Menurut rekomendasi USDA, wanita hamil harus minum setidaknya tiga cangkir susu atau produk susu lainnya. Jika Anda tidak menyukai susu ada bentuk lain dari  seperti yoghurt, keju, buttermilk, keju, dll.

Untuk mendapatkan jumlah kalsium yang cukup selama kehamilan, minum tiga gelas 8-ons (24 ons) susu tanpa lemak setiap hari, atau makan berbagai makanan kaya kalsium lainnya seperti yogurt, keju, sayuran hijau.

Mengonsumsi susu ibu hamil tidaklah wajib, asalkan mendapatkan sumber nutrisi dari makanan asli atau sumber nutrisi dari susu yang lain.

Makanan pengganti susu untuk ibu hamil

makanan apa yang setara dengan susu untuk ibu hamil? ini adalah cara terbaik nutrisi pengganti bagi Anda yang tidak suka atau alergi terhadap susu.

1 – Ikan salmon: Setengah kaleng ikan salmon berukuran sedang, memiliki kandungan 232mg kalsiumKandungan Omega 3 yang tinggi pada salmon dapat menigkatkan kalsium dalam tubuh.

2 – Kacang-kacangan: Kacang-kacangan merupakan sumber kalsium dan zat besi terbaik bagi tubuh. Segala jenis kacang-kacangan terutama kacang kedelai.

3 – Tebu: Satu sendok makan perasan air tebu mengandung 172mg kalsium. Tebu memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin lainnya.

4 – Sawi putih: Untuk takaran 1 cup sawi putih memiliki kandungan 197mg kalsium. Sayuran berdaun putih kehijauan ini mengandung kalsium, antioksidan dan folat.

5 – Brokoli: Brokoli mengandung 86 miligram kalsium dalam setiap satu mangkuk (100 gram). Brokoli juga mengandung vitamin dan mineral yang mampu mencegah timbulnya kanker.

6 – Kedelai hijau: Cukup makan semangkuk Kedelai hijau, dan kita bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian.

Baca juga: