Kehamilan dan Perkembangan Janin 5 Minggu

perkembangan janin 5 minggu

Berapa besar ukuran kantong janin usia kehamilan 5 minggu? Ukuran bayi anda sekarang kira-kira sebesar biji apel dan pada minggu ini di sebut sebagai embrio, namun jantung sudah mulai berdenyut dan berat janin sekitar 0,13 inci.  otak, tulang belakang, otot, dan tulangnya mulai berkembang.

Kehamilan 5 minggu apa yang dirasakan?

Gejala awal kehamilan yang Anda rasakan pada lima minggu hanyalah awal dari perkembangan bayi dalam kandungan dan perubahan yang akan dialami tubuh Anda. Berikut adalah ciri hamil 5 minggu:

  • Merasa mual, atau biasa disebut morning sickness, bisa terjadi kapan saja baik siang atau malam.
  • Merasakan nyeri di payudara Anda dan penggelapan puting Anda.
  • Sering buang air kecil.
  • Mudah cepat lelah dari biasanya.
  • Merasakan kram, bisa jadi pertanda rahim Anda mengembang dan meregangkan ligamen.
  • Timbul flek, atau bercak ringan pada kehamilan 5 minggu.

Perkembangan janin minggu ke-5

Saat janin umur 5 minggu, ada 3 lapisan jaringan terbentuk yaitu; ectoderm, mesoderm dan endoderm. Selain itu Plasenta dan tali pusat juga sudah bekerja sepenuhnya pada minggu ini.

  1. Ectoderm: Lapisan paling atas yang membentuk system saraf pada janin kemudian membentuk otak, tulang belakang, kulit dan rambut.
  2. Mesoderm: Lapisan tengah yang membentuk organ jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif.
  3. Endoderm: Lapisan paling dalam yang akan membentuk usus, hati, pankreas dan pundi kencing.[1]

Pada proses kehamilan minggu ke minggu sebaiknya hindari stres! dan tetap rileks serta usahakan istirahat yang cukup. Pastikan tidak melakukan kegiatan yang dapat membahayakan kehamilan, karena perkembangan janin minggu ke-5 ini masih sangat rentan dan beresiko keguguran jika Anda tidak berhati-hati.[2]

Makanan yang Baik Untuk Kehamilan 5 Minggu

Untuk memenuhi nutrisi gizi kehamilan, asupan makanan harus diperhatikan, berikut dibawah ini makanan sehat untuk kehamilan trimester pertama:

  • Asam folat: Makanan yang kaya akan asam folat antara lain kentang, asparagus, telur, jeruk, dan brokoli. Jenis makanan ini baik untuk perkembangan sistem saraf janin, karena manfaat asam folat baik untuk ibu hamil.
  • Vitamin B6: Makanan yang mengandung B6 yaitu pisang, nasi merah, selai kacang, salmon, kacang-kacangan.
  • Zat Besi: Zat besi didapat dari sayuran berdaun hijau dan daging merah. Manfaat zat besi untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

BACA JUGA: