Kalsium CDR Untuk Ibu Hamil – Manfaat, Dosis dan Jenisnya

cdr untuk ibu hamil

Apa itu CDR? CDR adalah vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan. CDR juga memiliki kandungan yang baik buat ibu hamil jika dikonsumsi dalam dosis tepat dan tidak berlebihan. Bolehkah ibu hamil minum cdr? Tentu saja boleh, tapi harus memenuhi aturan pakai seseuai anjuran dokter.

Manfaat CDR untuk Ibu Hamil

CDR atau Calsium-D-Redoxon mengandung vitamin, mineral dan kalsium, dan juga vitamin D, B6 dan vitamin C, yang berguna dalam membantu menyerap kalsium dalam tubuh. Mengonsumsi CDR secara teratur akan membantu memenuhi kebutuhan kalsium yang baik untuk tulang dan juga meningkatkan resistensi.

Aturan Minum CDR Untuk Ibu Hamil

Salah satu nutrisi yang diperlukan pada ibu hmail adalah kalsium, selama kehamilan dibutuhkan sekitar 200 hingga 300 miligram kalsium akan digunakan oleh bayi untuk membentuk tulang, dan CDR memiliki banyak manfaat bagi wanita hamil, tetapi penggunaannya harus diperhitungkan dan tidak dapat diabaikan.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan:

1. Konsultasi dengan dokter kandungan

Selama kehamilan, Anda memang tidak boleh mengonsumsi suplemen tanpa izin dokter. Konsumsi suplemen kalsium harus memperhatikan efek pada obat lain yang Anda konsumsi, karena kalsium dapat mengurangi kapasitas penyerapan banyak obat.

2. Minum Sesuai Dosis

Semua obat dan vitamin tentu tidak baik jika Anda mengonsumsi lebih dari dosis yang disarankan atau kurang dari dosis yang disarankan. Karena itu, selalu minum CDR sesuai dosis yang dianjurkan.

Aturan minum cdr untuk ibu hamil Menurut WHO ” Pada populasi dengan asupan kalsium diet rendah, suplementasi kalsium harian (1,5 g-2,0 g kalsium unsur oral) dianjurkan bagi wanita hamil untuk mengurangi risiko pre-eklampsia.”

CDR Fortos diberikan dengan dosis berikut :

  • 1 tablet/hari
  • Aturan pakai, lebih baik dikonsumsi dengan makanan atau sesudah makan.

3. Minumlah hanya jika perlu

CDR berisi pemanis buatan dan minuman ringan seperti soda. Jika dua zat itu terlalu banyak dalam tubuh wanita hamil, itu tidak baik untuk kehamilan. Minuman bersoda dapat meningkatkan produksi gas dalam perut dan menyebabkan mulas. Selain itu, soda juga meningkatkan produksi urin. Minum CDR sesekali waktu adalah langkah yang baik untuk mengurangi risiko gangguan kehamilan.

4. Efek samping dari CDR

Suplemen ini relatif dapat ditoleransi oleh kebanyakan orang. Efek samping yang perlu dipertimbangkan saat mengkonsumsi kalsium dalam dosis tinggi (lebih dari 1.500 mg sehari) dapat menyebabkan sakit perut dan diare serta muntah dan konstipasi.

Makanan Mengandung Kalsium Pengganti CDR bagi Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi selama kehamilan dapat bervariasi sesuai dengan usia, berat dan aktivitas . Beberapa makanan ini memiliki kandungan kalsium tertinggi untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan:

1. Keju: Keju mengandung kalsium, setiap 40 gram dapat mencapai 300 mg kalsium untuk wanita hamil.
2. Buah ara kering: Setiap empat buah ara kering mengandung setidaknya 150 mg kalsium.
3. Almond: Setiap lima belas biji almond dapat menyediakan hingga 75 gram kalsium.
4. Yogurt: Yoghurt dapat memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 300 hingga 500 mg kalsium dalam setiap 200 gram.
5. Sayuran hijau dan tahu: Makanan sehat yang terbuat dari tahu dan sayuran hijau dapat menyediakan sekitar 200 mg kalsium untuk wanita hamil.
6. Jus dan susu: Jus dengan campuran susu kedelai atau daging sapi dapat memenuhi sekitar 200 mg-300 mg kebutuhan kalsium wanita hamil.

Jenis CDR atau Produk Redoxon untuk ibu hamil

Jenis produk Redoxon terdiri dari dua varian, yaitu Redoxon Double Action dan Redoxon Fortimun. Berikut penjelasannya:

  • Redoxon Double Action

Produk ini memiliki 1.000 mg vitamin C (1111% AKG) dan 10 mg seng (83% AKG). Vitamin C dan zincbermanfaat untuk menjaga resistensi. Redoxon Double Action dapat digunakan untuk mencegah kekurangan vitamin C atau zinc.

  • Redoxon Fortimun

Jenis ini mengandung 1000 mg vitamin C dan 10 mg zinc. Selain itu terdapat Mineral seperti zinc dan selenium, serta vitamin A, C, dan E berperan untuk menjaga daya tahan tubuh.