Kondisi Kehamilan 9 Bulan dan Keluhannya, Anda Wajib Tahu

kehamilan 9 bulan dan keluhannya

Saat memasuki trimester ketiga tepatnya 9 bulan kehamilan, pasti ada saja keluhan dan masalah yang akan di alami oleh ibu hamil. Saat hamil tua, tidak hanya masalah psikis kondisi fisik juga harus dicermati, Dengan demikian anda dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan yang normal terjadi selama 9 bulan.

Berbagai Keluhan yang Dialami Saat Hamil Tua

1. Perut Terasa Kencang

Di trimester terakhir, perut ibu hamil biasanya sering terasa kencang. Kondisi ini ditandai dengan perut yang keras dan seperti tertarik ke bawah.

kontraksi semacam ini sering terjadi pada wanita yang usia kehamilannya sudah mencapai 37-38 minggu, disebabkan karena rahim mengalami pengerasan kemudian berkontraksi. Cara terbaik merilekskan perut ibu hamil saat mengencang sebaiknya disarankan untuk istirahat total.

2. Sulit Mencari Posisi Tidur Yang Nyaman

Saat memasuki trimester ketiga, perut sudah semakin membesar sehingga sulit untuk menemukan posisi tidur yang nyaman.

Tidur dengan posisi miring ke kiri dengan bantuan bantal dapat membantu, karena dapat membantu keamanan janin.

3. Indera Penciuman Yang Sensitif

Perubahan hormon mengakibatkan kondisi peningkatan sensitivitas indera penciuman. Maka, sebaiknya mama meghindari hal-hal yang berbau menyengat untuk menghindari mual saat hamil.

4. Tidur Mendengkur

Entah siang atau malam hari, beberapa wanita ngeri mengetahui bahwa mereka tiba-tiba mulai mendengkur.
hal ini karena oleh perubahan hormon kehamilan yang mengakibatkan selaput lendir di hidung membengkak sehingga menyebabkan hidung tersumbat.

5. Sesak Nafas

Pada saat hamil usia 9 bulan maka rahim Anda akan mengembang, ia naik sampai ia berada tepat di bawah tulang rusuk Anda, sehingga menyisakan sedikit ruang untuk paru-paru Anda berkembang.

6. Perubahan Pigmen Kulit

Beberapa wanita mengalami perubahan warna pada tangan dan kaki mereka atau bahkan di wajah mereka. ini umum terjadi saat kehamilan sehingga menyebabkan pigmen kulit gelap di bawah lengan, antara paha, dan pada areola.

7. Perut Gatal

Perut gatal biasa terjadi pada siapa saja di trimester ketiga, disebabkan oleh peregangan kulit untuk mengakomodasi perut Anda yang sedang tumbuh.

8. ASI Sering Keluar

aat mendekati akhir kehamilan Anda, tubuh mengalami perubahan hormon yang lain. Kali ini adalah awal persiapan untuk membawa bayi Anda.

9. Gusi Berdarah

Ini adalah tanda gingivitis, kemungkinan disebabkan oleh hormon kehamilan, karena Wanita hamil lebih rentan terhadap masalah jaringan gusi dan gigi berlubang. Terkadang wanita juga mengalami gigi menjadi longgar saat hamil.

Amankah berhubungan badan ketika trimester akhir (9 bulan)?

Selama kandungan tidak rentan perdarahan dan keguguran, dan posisi ari-ari tidak berada di bawah, maka berhubungan intim dalam kehamilan pada trimester akhir sangat dianjurkan. Karena rahim pada dasarnya kuat dan terlindung dari dunia luar.

Manfaat lainnya adalah dapat merenggangkan otot-otot di jalan lahir, sehingga memudahkan bayi keluar pada saat proses kelahiran.

Baca juga:

Yang Perlu Dilakukan Saat Trimester Ketiga Kehamilan

  • Pelajari perawatan bayi baru lahir: pelajari semua tentang perawatan seputar bayi, karena Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk membaca setelah bayi Anda lahir.
  • Persiapan menyusui: Cobalah untuk menghadiri kelas menyusui atau sesi persiapan untuk menyusui beberapa kali selama kehamilan Anda. Semakin banyak Anda tahu, semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil dalam melakukannya.
  • Hitung tendangan bayi: Semakin besar dan kuat bayi Anda, Anda mungkin akan merasakan tendangan tajam di bawah tulang rusuk Anda. Anda seharusnya dapat merasakan bayi Anda terus bergerak menjelang persalinan. (baca: Fase Perkembangan Janin Selama 9 Bulan)
  • Kenali dan pahami kontraksi Anda: Perhatikan bagaimana setiap kontraksi terasa dan seberapa sering kontraksi terjadi. Ini dapat membantu Anda untuk membedakan kontraksi dari tanda-tanda nyata persalinan. (baca: Jenis dan Ciri Kontraksi Saat Hamil)
  • Waspada kondisi kehamilan tua: Waspadai sakit kepala parah, penglihatan kabur, dan tangan dan kaki yang membengkak. Hubungi dokter atau bidan segera jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut.

Baca juga: Tips Hamil Sehat Sampai Persalinan

Saat memasuki kehamilan 9 bulan, Anda akan menemukan berbagai kondisi yang menyulitkan dan keluhan, kegiatan yang terlihat sederhana namun karena sedang hamil besar menjadi sebuah masalah.

Maka dari itu, Penting untuk mengetahui apa yang normal dan mana yang tidak, terutama bila menyangkut ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan selama trimester ketiga.