7 Kategori Makanan Agar Cepat Hamil Sebagai Penyubur Kandungan, dan Pantangan nya

makanan agar cepat hamil

Ketika Anda sedang melakukan program hamil, Salah satu yang Anda perlukan adalah asupan vitamin, nutrisi dan makanan agar cepat hamil dan sebagai bantuan penyubur kandungan Anda, jangan lupa sayur dan buah pun sangat penting supaya Anda cepat hamil.

7 Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Berikut adalah kategori menu makanan program hamil untuk meningkatkan kesuburan yang harus Anda upayakan:

1. Makanan mengandung Asam Folat

Jika Anda berencana untuk hamil, pastikan konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti kentang, olahan kedelai, tepung terigu, asparagus, bit, kubis, kuning telur, brokoli, pisang dan lain sebagainya.

Anda harus mengonsumsi 400-600 mg asam folat setiap hari sebelum kehamilan dan sekitar 800 mg selama kehamilan untuk memastikan kehamilan yang lebih sehat.

Makanan yang mengandung asam folat tinggi dapat menambah kesuburan wanita dengan menghasilkan sel te-lur yang cukup sehingga mempercepat proses kehamilan. (baca: Manfaat asam folat untuk kehamilan)

2. Protein berkualitas tinggi

Protein berkualitas tinggi penting untuk kesuburan, pastikan Anda mendapatkan protein lengkap yang memiliki semua asam amino esensial.

Makanan yang mengandung protein tinggi bisa didapatkan dari telur, daging dan ikan, terutama yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon.

Jika Anda seorang vegetarian, kacang-kacangan adalah sumber protein yang sehat yang juga kaya zat besi. Anda bisa mengonsumsi kedelai (tempe atau tahu), kacang polong, atau kacang tanah. Selain lebih murah, makanan penyubur kandungan jenis ini juga lebih rendah lemak dan kalori.

3. Makanan kaya serat

Makanan kaya serat menjaga pergerakan usus aktif dan mengeluarkan racun dari tubuh. Adapun makanan berserat yang wajib dikonsumsi adalah melon, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, beras merah dll.

4. Produk susu

Produk susu tidak hanya kaya kalsium tetapi juga menghasilkan hormon kesuburan FSH dan LH. Produk olahan susu seperti susu, keju, yoghurt, juga kemungkinan bagus sebagai makanan penyubur kandungan. Pilih produk yang rendah lemak atau bebas lemak.

5. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam sangat membantu bagi wanita yang ingin cepat hamil. Sayuran ini mengandung antioksidan, zat besi dan asam folat untuk menjaga organ reproduksi.

6. kaya vitamin C

Makanan kaya vitamin C seperti paprika, jambu biji, brokoli, kubis Brussel, kembang kol, jeruk dan stroberi harus dimasukkan dalam menu makanan Anda agar cepat hamil.

7. Makanan mengandung zinc

Makanan yang mengandung zinc yaitu; telur, produk susu, biji-bijian utuh, daging sapi, dan ayam.

Zat ini sangat penting jika Anda ingin hamil. Zinc bisa memperlancar siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas.

Baca juga:

Pantangan Makanan dan Minuman Saat Ingin Hamil

Berikut adalah makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan program hamil.

1. Makanan Mentah

Hindari makanan dalam kondisi yang tidak matang seperti daging, ikan, dan beberapa jenis makanan lainnya.  Makanan mentah yang belum dimasak masih mengandung virus dan bakteri salmonella yang sangat berbahaya bagi kesehatan rahim dan janin Anda.

2. Minuman ber-soda

Soda memiliki kandungan gula dalam jumlah yang sangat tinggi dan hal ini akan dapat menyebabkan bahaya obesitas bagi ibu hamil.

Minuman bersoda juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia sintetik yang akan menimbulkan produksi racun pada tubuh kita dan kadar gula dalam darah kita.

3. Makanan dengan karbohidrat olahan

Fast food merupakan contoh dari jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat olahan. kandungan gizi yang terdapat pada junk food maupun fast food hampir tidak ada sama sekali.

Karbohidrat olahan berdampak buruk bagi tubuh Anda karena proses karbohidrat olahan akan melepaskan gula kedalam aliran darah dengan sangat cepat sehingga akan terlepasnya hormon insulin oleh organ pankreas.

Kondisi seperti ini nantinya dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada wanita dapat berpengaruh pada proses ovulasi.

4. MSG (Monosodium Glutamat)

Zat aditif MSG yang dikonsumsi akan berpengaruh pada tingkat kesuburan baik pria ataupun wanita.

karena Monosodium Glutamat merupakan zat yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas hormon di dalam tubuh. Salah satunya adalah hormon esterogen yang merupakan hormon seks pada wanita. Berhati-hatilah dalam mengonsumsi makanan terutama yang mengandung zat MSG.

5. Hindari Kafein

makanan atau minuman yang mengandung kafein tidak baik bagi wanita yang ingin cepat hamil. Karena dapat meningkatkan resiko terjadinya penyempitan pembuluh darah, dan salah satu akibat dari kondisi tersebut adalah terhambatnya aliran darah yang menuju ke rahim.

6. Makanan laut yang mengandung merkuri

Merkuri merupakan salah satu zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, dan dapat mengendap di dalam tubuh kita yaitu di dalam darah selama bertahun-tahun, maka bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan sistem saraf dan otak janin.

Makanan hasil laut seperti marlin, todak, ikan tuna sirip biru dan ikan hiu telah terbukti dengan kandungan merkuri yang sangat tinggi.

Jenis Susu Yang Di konsumsi Agar Cepat Hamil

1 – Susu Prenagen Esensis: Susu prenagen esensis ini sangat baik untuk mempersiapkan kehamilan terutama bagi kita wanita yang baru saja menikah.

Susu ini dapat memperkuat rahim dan janin karena kandungan vitamin E di dalam susu ini, selain itu dapat manjaga pertumbuhan dan perkembangan janin karena mengandung asam folat.

2 – Susu Anmum Materna: susu ini menawarkan lebih banyak kandungan yang baik untuk mempersiapkan rahim dan mempercepat kehamilan. Susu ini baik untuk perkembangan dan pertumbuhan sel baru pada ibu dan janin karena kandungan asam folat yang tinggi.

3 – Susu sapi murni: Susu sapi juga menjadi bagian dari susu penyubur kandungan biar cepat hamil.

Kandungan lemak pada susu sapi ini akan baik untuk persiapan kehamilan bunda karena akan mempersiapkan rahim dengan baik.

Tidak hanya untuk ibunya saja, jika ingin cepat hamil maka ada baiknya suami dianjurkan untuk minum susu sapi karena kandungan proteinnya bisa mencengah rusaknya sperma.

Baca juga:

Buah-buahan yang Bisa Bikin Cepat Hamil

Salah satu cara untuk mendapatkan kesuburan adalah mengonsumsi berbagai buah sehat untuk kehamilan. Berikut adalah buah yang dapat meningkatkan kesuburan:

1. Buah Jambu Biji Merah

Kandungan yang terdapat pada jambu biji diantaranya fosfor, vitamin C, vitamin A, dan juga kalium, dapat membantu perkembangan janin.

Jambu biji juga mengandung Zat likopen yang mempunyai sifat antioksidan sehingga dapat menghindarkan orang yang mengonsumsinya dari zat radikal bebas penyebab kanker. Selain itu zat likopen juga dapat untuk menyuburkan sistem reproduksi dan meningkatkan kualitas sperma pria.

2. Buah Semangka

Semangka adalah buah yang sangat direkomendasikan bagi yang ingin cepat hamil. Selain mampu menurunkan risiko terkena kanker prostat pada pria, kandungan likopen yang banyak di dalam buah ini diyakini mampu membuat sperma menjadi lebih berkualitas. (baca: Manfaat Semangka Untuk Kehamilan)

3. Buah Mangga

Mangga kaya akan karoten, antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan merupakan sumber serat, Mangga juga mengandung vitamin E yang dipercaya dapat meningkatkan keinginan untuk berhubungan badan agar cepat hamil.

Dengan kolaborasi kedua vitamin ini, membuat seorang wanita mempunyai peluang lebih besar untuk mengalami kehamilan.

4. Buah Kurma

Buah kurma ini terdapat bermacam-macam zat seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi, karbohidrat, hingga vitamin B kompleks yang menyuburkan kandungan seorang wanita. (baca: Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil)

5. Buah Melon

Buah melon juga mengandung vitamin C, bahkan lebih banyak daripada kandungan dalam buah jeruk.

Dengan mengonsumsinya setiap hari secara teratur dan dikombinasi dengan makanan dan buah-buah yang lain, Anda mempunyai peluang untuk dapat hamil dengan lebih cepat.


Ada kabar baik untuk Anda, telah ditemukan cara terbaik dan terbukti untuk bisa hamil dalam waktu singkat, dikemas dalam bentuk Buku hasil penelitian dr. Rosdiana Ramli, SpOG selama menangani pasien yang sulit hamil. “INGAT, Bahwa Semakin Tua Maka Anda Akan Semakin Sulit Hamil” Action sekarang juga – Info Selengkapnya