Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas, 7 Jenis Makanan Untuk Perkembangan Otak dan Janin

makanan ibu hamil agar anak cerdas

Adakah makanan ibu hamil agar anak cerdas? memiliki bayi yang cerdas dan pintar adalah impian bagi setiap ibu. Hal ini tergantung pada pola makan ibu. Jika seorang ibu tidak mengkonsumsi suplemen yang tepat seperti asam folat, vitamin D, zat besi, dll, kemungkinan akan kekurangan gizi dan nutrisi yang menyebabkan bayi lemah secara mental dan perilaku.

7 Jenis makanan untuk perkembangan otak  janin dalam kandungan agar terlahir pintar

Salah satu faktor kesehatan pada ibu hamil adalah makanan. Makanan harus tetap terjaga dan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang baik untuk fase pertumbuhan janin.  Ini dia makanan ibu hamil muda agar anak cerdas.

1. Ikan salmon, tuna, mackerel

Ikan seperti salmon, tuna, mackerel, dll kaya akan asam lemak omega-3. Penting untuk perkembangan otak pada bayi.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ibu yang makan kurang dari dua porsi ikan per minggu melahirkan bayi dengan IQ rendah dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dari ibu yang makan setidaknya dua porsi ikan per minggu.

2. Telur

Telur kaya akan kolin asam amino, yang mendorong perkembangan otak dan meningkatkan memori pada bayi. Wanita hamil harus makan dua telur yang menyediakan setengah jumlah kolin harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil.

Telur juga mengandung protein dan zat besi yang meningkatkan berat lahir. Bobot lahir rendah terkait dengan IQ rendah.

3. Vitamin D

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ibu yang tingkat vitamin D kurang dari normal selama kehamilan, bisa melahirkan bayi dengan kekuatan otak yang rendah.

Anda harus memiliki suplemen vitamin D termasuk paparan sinar matahari. Anda harus konsumsi telur, keju, daging sapi, hati dll sebagai sumber vitamin D.

4. Blueberries

Buah-buahan seperti blueberry, tomat, dan kacang merah kaya akan antioksidan dan harus diminum selama kehamilan. Buah-buahan ini melindungi jaringan otak bayi Anda dan membantu dalam perkembangannya.

5. Bayam, brokoli, dan sayuran hijau

Sayur mayuran yang bewarna hijau mengandung antioksidan, vitamin A, kalsium, potassium, zat besi dan juga serat tinggi. Zat besi membantu mengirim oksigen ke sel otak bayi Anda selama kehamilan.

6. Yodium

Kekurangan yodium selama kehamilan, terutama 12 minggu pertama, menyebabkan IQ rendah pada anak-anak. Anda harus konsumsi garam beryodium selama kehamilan. Selain itu ada ikan laut, tiram, telur, yoghurt, dll. Sebagai sumber yodium.

7. Suplemen Prenatal Dengan Asam Folat

Asam folat sangat penting untuk pembentukan sel otak pada bayi Anda.  Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi asam folat 4 minggu sebelum dan 8 minggu setelah kehamilan memiliki 40 persen lebih sedikit kemungkinan melahirkan bayi autis.

Sumber asam folat adalah sayuran berdaun hijau seperti lendil bayam dll. Anda juga harus mengambil suplemen asam folat bersama dengan vitamin B12.

Nah, bagi para calon ibu, bisa mulai bersiap-siap untuk mengkonsumsi jenis makanan ini pada saat kehamilan nanti agar anak terlahir cerdas, pintar dan sehat.