Kenali Jenis Makanan Yang Baik Untuk Meningkatkan Kesuburan

jenis makanan untuk meningkatkan kesuburan

Jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan

Mengetahui jenis makanan yang baik untuk tingkatkan kesuburan sangat penting. Kesuburan adalah salah satu dari faktor yang menentukan dalam program hamil Anda, jika kondisi ini tidak terpenuhi kemungkinan akan mengalami hambatan untuk bisa segera hamil…

…maka dari itu saya akan memberikan anda tips jenis makanan penyubur kandungan apa saja yang dapat meningkatkan kesuburan wanita dan pria.

Makanan sehat juga berperan besar dalam meningkatkan kesuburan jika Anda mengalami ketidakseimbangan hormon, atau memiliki laju produksi telur yang lambat.

Untuk memudahkan Anda, jenis makanan ini saya bagi menjadi 2, maka dari itu lanjutkan membacanya…

Makanan untuk kesuburan wanita

Merubah pola makan sehat merupakan perubahan terbesar bagi wanita. Ada beberapa jenis makanan yang telah dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan kesuburan wanita. Di bawah ini adalah jenisnya di antaranya:

1.) Tiram – karena tiram mengandung zat besi yang amat penting bagi kesehatan ovulasi dan produksi sel telur yang stabil. Selain tiram, zat besi juga terkandung dalam telur, biji-bijian dan kacang-kacangan, sangat baik untuk meningkatkan kesuburan.

2.) Daging ayam – Konsumsi daging ayam sangat penting karena makanan ini tinggi protein dan zat besi kandungan zat besi dalam daging amat mampu menurunkan risiko kemandulan yang timbul dalam proses ovulasi.

Zat besi membantu meningkatkan sel darah merah juga mendukung ovulasi dan efisien mempertahankan pembelahan sel.

3.) Kacang almond – mengandung vitamin E yang tinggi yang mampu meningkatkan gairah seks wanita, sementara secara bersamaan bisa melindungi embrio dari keguguran.

Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega-3, asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon. Kacang dan biji-bijian juga sangat tinggi antioksidan.

4.) Telur – Telur kaya akan vitamin dan nutrisi penting seperti protein dan kolin. Asupan kolin sangat dibutuhkan sebelum dan saat kehamilan karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap asam folat…

Mengapa…

…karena asam folat sangat penting selama tahap prakonsepsi dan awal kehamilan untuk mencegah bayi lahir cacat saraf seperti spina bifida.

5.) Makanan mengandung zinc – Zat ini sangat penting jika Anda ingin hamil. Zinc bisa memperlancar siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas.

Anda bisa mengambil manfaat zinc pada telur, produk susu, gandum, daging sapi, dan ayam.

6.) Produk susu – Selain baik bagi kesehatan tulang, produk olahan susu seperti susu, keju, yoghurt, juga kemungkinan bagus untuk kesuburan kandungan Anda.

…Saran saya, pilihlah produk yang rendah lemak atau bebas lemak.

Makanan untuk kesuburan Pria

1.) Buah dan sayuran – Selain kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting, buah-buahan segar dan sayur-sayuran kaya antioksidan dan fitokimia yang membantu menghilangkan radikal bebas.

Kandungan vitamin C yang tinggi amat membantu mencegah sperma menggumpal, menjamin potensi dan meningkatkan kualitas sperma.

Tingkatkan pasokan gizi harian Anda dengan mengonsumsi kiwi, mangga, stroberi, atau grapefruit

2.) Minyak ikan – Salmon, mackerel, dan sarden bisa sangat membantu Anda menjadi sehat dan subur. Minyak ikan mengandung asam lemak esensial (EFA) yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sistem reproduksi dan meningkatkan pembentukan kualitas sperma.

3.) Alpukat – Mengandung dosis yang sehat dari Vitamin E, alpukat meningkatkan motilitas sperma. Vitamin E dalam alpukat membantu sperma untuk mudah membuahi. Alpukat juga tinggi akan asam folat dan vitamin B6. Ini membantu mengatur fungsi hormonal seksual dan mengoptimalkan kesehatan seksual secara berturut-turut.

4.) Bawang putih – Bawang putih mengandung Vitamin B6 dan selenium dalam jumlah yang signifikan dan merupakan penguat libido yang besar. Vitamin B6 membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengatur hormon.

5.) Pisang – Pisang kaya akan Vitamin A, C, dan B1, serta magnesium dan protein. Nutrisi ini semua diperlukan untuk meningkatkan dan merangsang produksi sperma.

Untuk para pria kenali juga faktor penyebab penurunan kualitas sperma

  • Penggunaan narkoba
  • Alkohol
  • Penggunaan komputer yang terlalu lama
  • Duduk terlalu lama
  • Merokok
  • Obesity

Supaya informasi ini lebih seimbang, Anda juga harus tahu makanan apa saja yang dapat mengganggu tingkat kesuburan. Ini penting!

Apa saja jenis makananya? Lanjutkan membaca sampai selesai

Jenis Makanan dan minuman Yang Dapat Mengganggu Kesuburan

Dalam hal ini ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi penghambat tertundanya kehamilan Anda, maka dari itu, setelah Anda mengetahuinya, kurangi dan hindari demi kesehatan dan kesuburan Anda.

1.) Makanan Yang Mengandung Gula Tinggi – Makanan ini dipercaya dapat menurunkan tingkat kesuburan seseorang adalah makanan yang memiliki kadar gula yang tinggiseperti kentang tumbuk, donat, kentang goreng, nasi putih dan juga labu.

2.) Kafein – Karena mengkonsumsi kafein setiap hari yang lebih dari 300 gram dapat menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita.

3.) Makanan cepat saji – makanan yang disajikan secara instan atau cepat saji dapat mempengaruhi tingkat kesubruran karena di dalam makanan kemasan tersebut mengandung lemak jenuh yang tinggi.

4.) Makanan Yang Mengandung Kedelai – mengkonsumsi kedelai dalam jumlah banyak bisa menurunkan LH (leutinizing hormone) dan juga SH (follicle-stimulating hormone) dan juga dapat memperpanjang siklus menstruasi.

Dimana hal-hal tersebut dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita, sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumi makanan jenis ini.

5.) Telur dan Daging Mentah – Disarankan untuk menghindari telur dan juga daging yang masih dalam kondisi mentah…

..karena berdasarkan penelitian, mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan tingkat kesuburan wanita menjadi menurun.

Kesimpulannya…

Jika anda sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya priksakan kondisi masa subur Anda, dan atur pola makan serta memilih makanan yang baik untuk meningkatkan kesuburan Anda.

Karena jika seorang wanita mengalami kegemukan maka besar kemungkinanya dapat menghambat program hamil Anda, resiko kehamilan pada wanita yang obesitas lebih kompleks dan berbahaya bagi tumbuh kembang janin Anda.

Selain jenis makanan yang baik untuk kesuburan ini, kondisi kedua-belah pihak antara suami dan istri juga sangat penting dan harus baik, supaya hasilnya lebih maksimal dengan tambahan panduan dari dokter tentang formula terbaik untuk kehamilan.

BACA JUGA: