Manfaat Asam Folat Sebelum dan Selama Kehamilan

Manfaat asam folat untuk ibu hamil

Credit: health.harvard.edu

Asam folat sangat direkomendasikan sebelum dan selama kehamilan. Para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi vitamin prenatal bersama dengan 400 mcg asam folat setiap hari sebelum dan selama kehamilan sangat bermanfaat karena dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak bayi.[1]

Apa itu Asam Folat?

Asam folat adalah vitamin buatan manusia dari vitamin B yang disebut folat. Folat memainkan peran penting dalam produksi sel darah merah dan membantu tabung saraf bayi Anda berkembang ke otak dan sumsum tulang belakangnya.

Sumber makanan terbaik dari asam folat adalah sereal, Folat ditemukan secara alami pada sayuran hijau tua dan buah sitrus.

Asam folat juga dapat ditemukan dalam makanan seperti kacang kering, kacang polong, jeruk, produk gandum, asparagus, hati, bit, brokoli, kubis brussels, dan bayam.

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil dan Janin

1 – Sel Darah Merah: Folat meningkatkan produksi sel darah merah di tubuh Anda. Ini sangat penting selama kehamilan karena Anda cenderung mengalami anemia (kekurangan zat besi) selama fase ini.

2 – Perkembangan Janin: Asam folat membantu dalam perkembangan saraf bayi Anda, saat masih di dalam rahim Anda.

Tabung saraf janin Anda, yang kemudian tumbuh menjadi otak dan sumsum tulang belakang bayi Anda, dilindungi oleh asam folat sehingga tidak ada cacat sebelum lahir selama pembentukan awal sistem saraf pusat.

3. Untuk Bayi: Folat juga melindungi bayi Anda dari penyakit mematikan seperti:

  • Spina Bifida: Spina bifida adalah kondisi dimana perkembangan sumsum tulang belakang pada bayi tidak lengkap selama tahap prenatal. Asam folat melindungi bayi Anda dari kondisi ini.[2]
  • Cleft Lip & Palate: Folat juga mencegah pembentukan bibir sumbing dan langit-langit mulut pada bayi.
  • Kelahiran Prematur: Ketakutan akan persalinan prematur dapat diatasi jika Anda mengkonsumsi cukup banyak asam folat.

Konsumsi asam folat juga memberantas keguguran, pertumbuhan bayi yang buruk di rahim dan berat lahir rendah banyak masalah.

4 – Untuk Anda: Sebagai ibu hamil, Anda juga terlindungi dari berbagai komplikasi terkait kehamilan dengan asupan asam folat dalam jumlah yang cukup setiap hari. Beberapa komplikasi yang bisa dicegah adalah:

  • Preeklampsia
  • Penyakit jantung
  • Kanker
  • Stroke

Bagi Anda yang sedang hamil atau yang akan/ingin hamil, sangat penting untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9, yang juga disebut dengan folat.

Baca juga:

Berapa Banyak Asam Folat yang Dolrekomendasikan

Dosis yang dianjurkan untuk semua wanita usia subur adalah 400 mcg folat setiap hari. Jika Anda menggunakan multivitamin setiap hari, periksa apakah jumlahnya disarankan.

Jika karena suatu alasan Anda tidak ingin mengkonsumsi multivitamin, Anda bisa mengonsumsi suplemen asam folat.

Berikut adalah berapa banyak asam folat yang direkomendasikan:

  • Sementara Anda mencoba untuk hamil: 400 mcg
  • Untuk tiga bulan pertama kehamilan: 400 mcg
  • Untuk bulan ke empat sampai sembilan kehamilan: 600 mcg
  • Saat menyusui: 500 mcg