5 Manfaat Lemon Water Untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

manfaat air lemon untuk ibu hamil

Apa manfaat lemon water untuk ibu hamil? lemon water adalah minuman kesehatan yang terbuat dari air mineral dan berbagai macam potongan buah salah satunya buah lemon, minuman ini juga dikenal dengan nama Infused water. Rasa dan aroma lemon yang menyegarkan dikenal untuk menenangkan perut dan membantu meringankan mual dan mual di pagi hari.

5 Manfaat Air Lemon untuk Kehamilan

1. Meredakan Morning Sickness

Meskipun belum ada bukti secara ilmiah, lemon diketahui meredakan mual yang terkait dengan morning sickness pada trimester pertama.[1]

2. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan vitamin dalam lemon memperkuat pembuluh darah dengan membuatnya lembut dan lentur sehingga dapat mencegah perdarahan internal dan memainkan peran yang efektif dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Ia juga dikenal untuk mengurangi kadar kolesterol ibu hamil.[2]

3. Meredakan Sembelit

Sembelit saat hamil adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak wanita selama kehamilan. Menurut Natural Pregnancy Cookbook oleh Sonali Ruder…

…mengkonsumsi satu gelas jus lemon setiap hari membantu mencegah sembelit. Lemon merangsang hati Anda, dan meningkatkan gerakan peristaltik.

4. Sumber Magnesium dan Kalsium

Air jeruk nipis adalah sumber magnesium dan kalsium yang dapat meningkatkan kesehatan dan perkembangan tulang Anda dan janin.

Lemon mengandung potasium yang membantu menyehatkan sel-sel otak dan saraf dan juga dikenal untuk membantu perkembangan tulang pada janin.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air lemon ini membantu mencegah infeksi umum seperti pilek, flu, dan beberapa jenis demam. Kandungan vitamin C yang kaya dalam lemon membantu meningkatkan mekanisme pertahanan alami tubuh Anda.[3]

Efek Samping Air Lemon Selama Kehamilan

Meskipun lemon menawarkan beberapa manfaat selama kehamilan, diketahui juga dapat menyebabkan efek samping, Antara lain:

1. Sakit maag

sebagian besar wanita hamil cenderung menderita sakit maag atau gangguan pencernaan lainnya. Kandungan asam yang tinggi dalam lemon dapat memperburuk atau memicu kondisi ini.

2. Masalah Gigi

Anda harus menghindari mengonsumsi air jeruk dalam jumlah besar, Tulang dan gigi Anda sangat rentan terhadap de-kalsifikasi saat Anda hamil. Kandungan asam sitrat dalam lemon bertindak sebagai pemicu, merusak enamel gigi.

3. Hindari Jus Lemon Dingin

Minum air lemon dingin bisa menyebabkan pilek dan batuk selama kehamilan. Anda harus memiliki air lemon pada suhu kamar atau air lemon yang sedikit hangat.

BACA JUGA: