Apa Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil, Lantas Amankah Jika Dikonsumsi Selama Kehamilan?

manfaat yoghurt untuk ibu hamil

manfaat yoghurt untuk ibu hamil – via: www.momjunction.com

Ketika Anda hamil, banyak perubahan terjadi dalam hidup Anda. Salah satu perubahan tersebut adalah diet Anda. Mungkin Anda berfikir untuk makan sayuran dan biji-bijian dalam upaya untuk memberikan anak Anda awal terbaik mungkin. Tapi bagaimana dengan yogurt jika Anda konsumsi selama kehamilan? Apakah aman untuk dimakan? Inilah yang perlu Anda ketahui tentang makan yogurt selama kehamilan.

Ada banyak alasan untuk menikmati yogurt selama kehamilan. Tidak hanya itu, cara ini adalah sehat karena dapat memberikan nutrisi penting bagi tubuh Anda.

Apakah yoghurt aman di konsumsi selama kehamilan?

Makanan susu, termasuk yoghurt, didorong sebagai pilihan yang sehat selama kehamilan karena mereka adalah sumber yang paling tersedia dan diserap kalsium diet.

Sejalan dengan pedoman diet untuk semua orang dewasa, wanita hamil dianjurkan untuk membuat sebagian besar pilihan susu mereka mengurangi lemak. Makanan susu Pasteurised, yang meliputi susu komersial dan yoghurt, aman jika dikonsumsi selama kehamilan.

Keuntungan Mengkonsumsi Yoghurt Saat hamil

Banyak ibu hamil yang meragukan yogurt sebagai makanan yang aman selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dan kemungkinan ada alkohol di dalamnya. Tapi pada dasarnya yogurt adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi. Berikut alasanya:

  • Sumber Kalsium – Sejak yogurt terbuat dari susu, itu sarat dengan kalsium. Kalsium sangat penting tidak hanya untuk kesehatan tulang Anda, tetapi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.
  • Sumber Probiotik – Bakteri mengagumkan hadir dalam yogurt dapat membantu bayi Anda tumbuh, dan mereka dapat melakukan segala macam hal yang baik dalam tubuh Anda, juga. Bakteri ini menjaga rutin pencernaan Anda, yang dapat membuat Anda merasa jauh lebih baik selama kehamilan Anda.
  • Vitamin D – dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menyerap kalsium yang penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan tulang pada bayi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan masalah penyakit tulang dan jaringan yang sangat serius pada bayi. Dalam setiap 1 cup yogurt ditemukan sekitar 5 IU vitamin D.

Tips Memilih Yoghurt yang Aman untuk Ibu Hamil

Menurut penelitian, Wanita hamil dianjurkan untuk makan tiga bungkus yogurt kecil sehari, sekitar 200 gram masing-masing, karena untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Anda juga bisa mendapatkan porsi yang baik dari buah dengan beberapa varietas yoghurt.

Makanan jenis yogurt dapat berkontribusi untuk masalah jantung, masalah pencernaan, dan berat badan yang berlebihan. Disarankan untuk selalu mencari yoghurt yang rendah lemak atau yogurt dan produk susu bebas lemak.

Berikut ini adalah beberapa criteria untuk memilih yoghurt bagi ibu hamil.

  • Pastikan memilih jenis yogurt yang telah telah di pasteurisasiProses pasteurisasi dilakukan oleh produsen yogurt yang menggunakan standar tinggi dalam proses pengolahan yogurt. Label pasteurisasi biasanya dicantumkan dalam kemasan.
  • Hindari mengkonsumsi yogurt produk rumahan – Karena dikhawatirkan proses yang tidak higienis sehingga yogurt mungkin tercemar oleh bakteri atau kuman.
  • Konsumsi jenis yogurt yang terbuat dari susu rendah lemak – Meskipun ibu hamil membutuhkan lemak namun disarankan bukan dari produk susu. Jika ibu hamil sangat menyukai yogurt maka bisa mengkonsumsi yogurt rendah lemak agar lebih aman untuk kesehatan jantung dan tidak menambah berat badan. (Baca juga : bahaya obesitas bagi ibu hamil)
  • Perhatikan label dalam kemasan yogurt – Hindari yogurt yang menggunakan bahan tambahan seperti pemanis atau perasa tambahan.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa  – Konsumsi produk fermentasi yang sudah kadaluarsa sangat berbahaya untuk nyawa ibu hamil dan janin.