Benarkah Setelah Keguguran Anda Menjadi Lebih Subur?

Masa Subur Setelah Keguguran

Masa Subur Setelah Keguguran (img via- helath.detik.com)

Keguguran atau kegagalan dalam proses kehamilan adalah hal yang pastinya tidak di inginkan oleh setiap orang, Karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk  menunggu keadaan rahim untuk pulih kembali.

Tapi, berita baiknya adalah…

Pada sebagian orang, biasanya setelah mengalami keguguran sebetulnya Anda akan menjadi lebih subur, Umumnya seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 – 3 minggu setelah tindakan kuretase,

…sehingga sebetulnya dapat segera hamil, karena sebenarnya tidak ada hubungan sama sekali antara  tindakan kuretase dengan kesuburan.

Namun ada baiknya juga jika Anda tunggu sampai minimal 2-3 kali siklus haid, agar rahim Anda benar-benar istirahat karena akan bisa lebih kuat untuk menyambut kehamilan berikutnya.

Konsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Untuk mengetahui dan menentukan ciri-ciri masa subur dan bagaimana cara menghitungnya ada baiknya anda membaca artikel sebelumnya yaitu:

Kapan boleh hamil lagi setelah keguguran yang disertai dengan tindakan kuret ?

Apakah setelah kuret kapan bisa hamil lagi? Kuret sering kali dialami oleh ibu hamil yang mengalami keguguran, namun perlu diketahui bahwa kuret sangat berdampak pada kesehatan. Salah satu dampaknya adalah bagi kesuburan.

Dalam istilah medis, kuret dikenal dengan istilah Dilatasi atau Kuretasi adalah dimana terjadinya tindakan pembedahan berupa pembersihan di dalam dinding rahim

Pada sebagian wanita kadang mengalami gangguan siklus datang bulan. Pada prinsipnya setelah tindakan kuret…

…normalnya tubuh akan mengalami produksi hormon esterogen dan juga progesteron, meskipun demikian kesuburan akan mengalami pemulihan minimal sekitar dua minggu setelah dikuret.

Seorang perempuan yang pernah mengalami keguguran harus menunggu setidaknya kurang lebih dengan rentang waktu antara 3-6 bulan untuk mencoba hamil lagi tergantung pada kondisi rahim Anda

Jika seorang wanita pernah mengalami keguguran tidak hanya berisiko mengalami keguguran kedua, tetapi juga mengalami komplikasi kehamilan.

Apakah diperbolehkan berhubungan intim pasca kuret?

Kapan boleh berhubungan setelah kuret? berhubungan intim pasca kuretase boleh saja asalkan sudah tidak ada lagi darah yang keluar dari rahim. Umumnya setelah satu minggu dari kuretase darah sudah tidak ada lagi atau setelah rahim bersih setelah kuret.

Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi.

Jadi Kesimpulannya adalah…

Sebaiknya anda berdiskusi dahulu dengan dokter spesialis kandungan yang menangani keguguran Anda sebelumnya

tentunya akan lebih mengerti kira-kira apa yang mungkin menyebabkan keguguran dan apa saja yang dapat mengganggu kehamilan berikutnya

Secara umum, dianjurkan 3 bulan setelah kuret baru mencoba hamil kembali, karena 3 bulan ini sendiri memiliki berbagai alasan, Bisa alasan medis, bisa juga alasan psikologis.

Tapi jika dalam kasusnya tidak ada penyebab keguguran yang signifikan, maka kehamilan yang sekarang seharusnya dapat berjalan dengan baik dan tidak terpengaruh oleh keguguran yang sebelumnya.

misalnya begini…

jika keguguran yang terjadi karena memang ada kelainan kromosom atau kelainan anatomi tubuh dan sebagainya,

Demi mengurangi resiko, sebaiknya kehamilan setelah kuret, sebetulnya harus ditelusuri dulu apa penyebab keguguran yang lalu.

Masa subur setelah keguguran

Kapan masa subur setelah keguguran? saat Anda melakukan kuret pasca keguguran, Untuk mengetahui masa subur, Anda harus tahu lebih dulu rata-rata siklus haid Anda dalam 3 bulan terakhir (jika sudah haid lagi).

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan besar Anda bisa hamil jika hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Catat selalu rata-rata siklus haid dari hari pertama. Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 28 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-14.

Namun, jika siklus haid tida teratur, maka periksa siklus terpanjang dan terpendek dalam 3 bulan terakhir.

Cara agar cepat hamil setelah keguguran dengan atau tanpa tindakan kuret

Setelah keguguran bukan berarti tidak dapat hamil lagi, Ada banyak cara yang dilakukan agar kembali subur setelah keguguran agar cepat hamil.

1. Kurangi minuman berkafein

Kafein bisa menghambat dan menjadi penyebab seseorang untuk hamil. Meski belum terbukti secara ilmiah kebenarannya, tidak ada salahnya menghindari Sesuatu yang dapat menghambat kehamilan.

2. Konsumsi makanan penyubur kandungan

Konsumsi makanan yang dapat membuat jadi lebih subur, misalnya tetap makan buah dan sayur agar mencapai kenaikan berat badan yang ideal.

sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli dan bayam mengandung asam folat dan vitamin B yang membantu memperbaiki ovulasi.

3. Berhubungan diwaktu yang tepat

Lakukan hubungan intim di waktu yang tepat setelah keguguran, waktu yang tepat untuk berhubungan yaitu saat ovarium melepas sel telur (ovulasi). Atau, Dua hari sebelum ovulasi dan dua hari sesudah ovulasi.

Setelah Anda tahu kapan masa subur setelah keguguran, mulai dari sekarang persiapkan diri anda untuk kehamilan berikutnya, semoga panduan untuk ibu hamil ini bermanfaat.


Ada kabar baik untuk Anda, telah ditemukan cara terbaik dan terbukti untuk bisa hamil dalam waktu singkat, dikemas dalam bentuk Buku hasil penelitian dr. Rosdiana Ramli, SpOG selama menangani pasien yang sulit hamil. “INGAT, Bahwa Semakin Tua Maka Anda Akan Semakin Sulit Hamil” Action sekarang juga – Info Selengkapnya