masa subur wanita

Masa Subur Pada Wanita

Masa subur pada wanita erat kaitannya dengan ovulasi atau dimana proses sel telur dikeluarkan dari ovarium menuju tuba falopia untuk dibuahi.

Masa Subur wanita biasanya berada disekitar waktu keluarnya sel telur tersebut, umumnya bagi yang mempunyai siklus haid 28-30 hari berada antara hari ke 12 hingga hari ke 18 dihitung dari hari pertama haid.

Apakah wanita mengalami ovulasi setiap bulannya?

Tidak semua wanita mengalami ovulasi setiap bulan.  Jika sel telur tidak menghasilkan folikel matur, maka ovulasi tidak akan terjadi.

Hal ini dikenal dengan istilah siklus haid anovulatoar. Endometrium (lapisan dalam uterus yang menebal untuk persiapan hamil) berkembang sebagaimana biasanya, akan tetapi tidak ada sel telur yang dikeluarkan.

Sebagian kecil wanita, kemungkinan melepaskan dua atau lebih sel telur dalam waktu 24 jam.  Dan tidak memungkinkan lagi untuk mengeluarkan sel telur lagi setelahnya karena adanya perubahan hormonal tubuh.

Panduan Bagaimana Cara Mengetahui, Menentukan dan Menghitung Masa Subur Pada Wanita Serta Apa saja Ciri-Cirinya.

Untuk memudahkan anda dalam memahami masalah ini saya buat perbagian dan silahkan anda baca sesuai dengan kebutuhan dengan masalah keusubran yang sedang anda hadapi saat ini.

Tanda-tanda masa subur – Apa saja ciri-ciri saat seorang wanita sedang berada dalam masa subur?

Cara menghitung masa subur wanita – Bagaimana menentukan Dan Cara Menghitung Masa Subur dengan melihat dari Perubahan Periode Menstruasi, Perubahan Lendir Servik, Perubahan Suhu Tubuh.

Masa subur setelah melahirkan – Apakah masa subur ini akan datang teratur, dan Apa saja yang harus diperhatikan selama masa nifas?.

Masa Subur Setelah Keguguran – Pada sebagian orang, biasanya setelah mengalami keguguran sebetulnya Anda akan menjadi lebih subur, Benarkah?

Cara menghitung masa subur tidak teratur – Bagaimana menghitung masa subur tidak teratur pada wanita, lalu apa saja penyebab terjadinya siklus menstruasi jadi tidak teratur?

Semoga membantu dan bermanfaat untuk anda…


Apakah Anda sedang mengalami kesulitan hamil dalam waktu lama? Kalau begitu Anda wajib memiliki Buku Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG, Rahasia dan Fomula terbaik pasti Anda dapatkan untuk mempercepat kehamilan, Jangan tunda lagi karena waktu Anda sangat berharga, lakukan hari ini juga – Info selengkapnya…