masa subur wanita

Masa Subur Pada Wanita

Masa subur wanita erat kaitannya dengan ovulasi atau dimana proses sel telur dikeluarkan dari ovarium menuju tuba falopia untuk dibuahi. Masa subur berkisar di sekitar waktu ovulasi, kira-kira dalam lima hari sebelum ovulasi terjadi. Umumnya masa subur wanita adalah 12 – 16 hari sebelum masa haid berikutnya.

Masa Subur wanita setelah haid berapa hari? biasanya berada disekitar waktu keluarnya sel telur tersebut, umumnya bagi yang mempunyai siklus haid 28-30 hari berada antara hari ke 12 hingga hari ke 18 dihitung dari hari pertama haid.

Masa subur adalah masa ketika sel telur dilepaskan dari indung telur atau biasa disebut ovulasi. Sel telur ini bertahan didalam tubuh selama 24 jam, jadi kesempatan sperma untuk membuahi sel teluar hany dalam waktu 24 jam saja.

Masa subur hanya dapat dihitung jika wanita memiliki siklus haid teratur dan normal, siklus yang dianggap normal antara 25 – 35 hari dengan rata-rata 28-30 hari. Masa subur  adalah 14 hari sebelum hari pertama haid ke siklus berikutnya.

Contoh:

Jika Anda memiliki siklus 30 hari, dan hari pertama haid terakhir tanggal 1 april 2018, maka perkiraan haid  berikutnya adalah 1 mei 2018 dan masa subur perempuan tersebut adalah 14 hari sebelum tanggal 1 april 2018 yaitu tanggal 16 april 2018.

siklus haid normal

Siklus haid normal

Keterangan: Gambar diatas merupakan bagan dari siklus haid normal yang terjadi pada perempuan. Siklus haid adalah kerja simultan antara hormon yang dihasilkan otak (A), hormon yang dihasilkan oleh indung telur (B). Proses pematangan sel telur yang terjadi di indung telur (C), serta apa yang terjadi di dinding dalam rahim atau endometrium (D).

Ciri – ciri Masa Subur

Seorang wanita bisa memprediksi bahwa sedang dalam keadaan masa subur dengan cara:

  • Mengukur suhu basal tubuh

Mengukur suhu basal tubuh setiap hari sepanjang siklus haid dengan cara diukur saat bangun tidur dipagi hari sebelum beraktifitas, Jika sebelum dan sesudah ovulaso suhu basal tubuh meningkat sekitar 0.5 derajat celcius dari suhu hari sebelumnya.

  • Memeriksa lendir mulut rahim

Pada saat masa subur, lendir pada mulut rahim akan terasa lebih encer dari biasanya.

  • Pemeriksaan USG

Dokter akan melakuka USG secara berkala untuk memastikan masa subur seorang wanita, jika didapatkan folikl (cangkang sel telur di indung telur) berukuran lebih besar dari 88 mm, maka dalam 24 jam akan mengalami ovulasi.

  • Pemeriksaan hormon

Pemeriksaan hormon LH dan progesteron untuk memastikan apakah pasien sedang mengalami ovulasi.

Apakah wanita mengalami ovulasi setiap bulannya?

Tidak semua wanita mengalami ovulasi setiap bulan.  Jika sel telur tidak menghasilkan folikel matur, maka ovulasi tidak akan terjadi.

Hal ini dikenal dengan istilah siklus haid anovulatoar. Endometrium (lapisan dalam uterus yang menebal untuk persiapan hamil) berkembang sebagaimana biasanya, akan tetapi tidak ada sel telur yang dikeluarkan.

Sebagian kecil wanita, kemungkinan melepaskan dua atau lebih sel telur dalam waktu 24 jam.  Dan tidak memungkinkan lagi untuk mengeluarkan sel telur lagi setelahnya karena adanya perubahan hormonal tubuh.

Kapan saat yang tepat untuk konsultasi masalah kesuburan wanita dan pria?

Jika suami dan istri selama setahun belum hamil, walaupun sudah berhubungan intim secara teratur, maka tergolong sebagai infertil dan harus segera dilakukan pemeriksaan.

Selain itu, jika usia istri 35 tahun keatas dan belum terjadi kehamilan, maka harus segera merencakan kehamilan dan melakukan pemeriksaan setelah 6 bulan pernikahan.

Apa saja yang harus diperiksa untuk masalah kesuburan?

Suami dan istri harus saling melakukan pemeriksaan kesuburan, karena 40% penyebab infertilitas berasal dari istri, 40% dari suami dan 20% dari keduanya.

Pemeriksaan infertilitas terdiri dari:

  • Analisis sperma
  • USG rahim dan indung telur
  • Pemeriksaan hormon
  • Pemeriksaan kondisi rahim

Apa penyebab suami istri mengalami infertilitas?

  • Faktor pria

Menurunnya jumlah sperma dan pergerakannya kurang atau bentuknya tidak normal akibat dari merokok, diabetes, lemak tubuh, hipertensi ataupun disfungsi ereksi.

  • Faktor ovulasi

Istri jarang mempunyai masa subur, hal ini bisa diakibatkan oleh gangguan hormonal, adanya kista atau sindroma ovarium polikstik, suatu kondisi dimana folikel tidak mengalami pematangan.

  • Faktor saluran tuba falopii

Terjadi penyumbatan atau saluran telur membengkak dan mengakibatkan sperma tidak dapat bertemu dengan sel telur. Masalah ini biasanya diakibatkan oleh infeksi atau penyakit endrometriosis.

  • Faktor rahim

Adanya polip dan mioma, kelainan bawaan rahim seperti rahim ganda, rahim bersekat atau adanya infeksi pada dinding rahim sehingga calon janin tidak menempel pada dinding rahim.

Panduan Bagaimana Cara Mengetahui, Menentukan dan Menghitung Masa Subur Pada Wanita Serta Apa saja Ciri-Cirinya

Untuk memudahkan anda dalam memahami masalah ini saya buat perbagian dan silahkan anda baca sesuai dengan kebutuhan dengan masalah kesuburan yang sedang anda hadapi saat ini.

Tanda-tanda masa subur : Apa saja ciri-ciri saat seorang wanita sedang berada dalam masa subur?

Cara menghitung masa subur wanita : Bagaimana menentukan Dan Cara Menghitung Masa Subur dengan melihat dari Perubahan Periode Menstruasi, Perubahan Lendir Servik, Perubahan Suhu Tubuh.

Masa subur setelah melahirkan : Apakah masa subur ini akan datang teratur, dan Apa saja yang harus diperhatikan selama masa nifas?.

Masa Subur Setelah Keguguran : Pada sebagian orang, biasanya setelah mengalami keguguran sebetulnya Anda akan menjadi lebih subur, Benarkah?

Cara menghitung masa subur tidak teratur : Bagaimana menghitung masa subur tidak teratur pada wanita, lalu apa saja penyebab terjadinya siklus menstruasi jadi tidak teratur? Semoga membantu dan bermanfaat untuk anda…


Apakah Anda sedang mengalami kesulitan hamil dalam waktu lama? Kalau begitu Anda wajib memiliki Buku Cara Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG, Rahasia dan Fomula terbaik pasti Anda dapatkan untuk mempercepat kehamilan, Jangan tunda lagi karena waktu Anda sangat berharga, lakukan hari ini juga – Info selengkapnya…