Mendengkur Saat Hamil

Tips Mengatasi Mendengkur Saat Hamil

Bagaimana Cara Mengatasi Mendengkur Saat Hamil? mungkin dulu Anda selalu mengeluh saat suami mendengkur saat tidur, dan sekarang giliran Anda. Mendengkur merupakan gejala dari sleep apnea atau henti nafas saat tidur. Sleep apnea disebabkan oleh menyempitnya saluran nafas pada saat tidur sehingga aliran udara terhambat.

Penyebab Mendengkur Saat Hamil

Banyak wanita, yang tidak pernah mendengkur dalam hidup mereka, namun selama hamil bisa saja terjadi. Lantas, mengapa ibu hamil mendengkur?

1 – Tingginya kadar hormon estrogen: Ini adalah hormon kehamilan yang cukup terkenal, Hormon ini menyebabkan pembengkakan selaput lendir, yang menyebabkan hidung tersumbat dan mendengkur.

2 – Berat Badan: Obesitas berhubungan langsung dengan mendengkur. Selama kehamilan, wanita cenderung gemuk. Berat ekstra ini mengarah ke jaringan leher, yang bisa menyebabkan mendengkur.

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur Pada Ibu Hamil

1. Ubah Posisi Tidur Anda.

Anda sebaiknya tidur di sisi kiri supaya aliran darah optimal. Tak hanya itu, ini juga dapat membantu Anda bernapas lebih pelan. Anda juga dapat meninggikan kepala dengan bantal atau menggunakan bantal khusus wanita hamil.

2. Turunkan Berat Badan

Jika berat badan Anda bertambah biasanya akan mulai mendengkur. Makin gemuk seorang ibu hamil, maka dia menjadi makin berisiko untuk mengalami masalah pernapasan selama tidur.

3.Hindari Alkohol dan Obat tidur

Hindari mengonsumsi obat tidur, minuman beralkohol, dan tembakau. Ketiganya membuat jalan napas cenderung lebih tertutup.

Tips Lain Untuk Wanita Hamil:

Efek samping

1 – Menghambat pertumbuhan janin

Sebuah temuan medis menyatakan, ada hubungan antara gangguan tidur dan hambatan pada pertumbuhan janin. Bayi dengan kondisi ini terlahir dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan rata-rata dan mengalami keterlambatan perkembangan.

2 – Persalinan Caesar

ibu hamil yang mendengkur sebanyak tiga malam dalam seminggu lebih cenderung memiliki bayi yang berukuran lebih kecil dan berkemungkinan lebih besar untuk dilahirkan melalui operasi caesar.

3. Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Wanita hamil yang mendengkur cenderung melahirkan bayi dengan berat badan rendah, Anda harus waspada, karena bayi dengan berat badan rendah diketahui lebih rentan terhadap serangan penyakit.

RahayuPengetahuan Kehamilan
Bagaimana Cara Mengatasi Mendengkur Saat Hamil? mungkin dulu Anda selalu mengeluh saat suami mendengkur saat tidur, dan sekarang giliran Anda. Mendengkur merupakan gejala dari sleep apnea atau henti nafas saat tidur. Sleep apnea disebabkan oleh menyempitnya saluran nafas pada saat tidur sehingga aliran udara terhambat. Penyebab Mendengkur Saat Hamil Banyak wanita, yang...