Tips dan Cara Merawat Wajah Saat Hamil Agar Tidak Kusam dan Tetap Cantik

merawat wajah saat hamil

Credit: insider.co.uk

Merawat wajah saat hamil memang tidak mudah, perubahan hormon menimbulkan beragam masalah kulit pada wanita saat kehamilan, seperti kulit kusam dan kering, atapun jerawat pada ibu hamil. Selain itu Anda juga harus memperhatikan produk perawatan wajah untuk ibu hamil, jangan asal pilih karena bisa berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Bolehkah ibu hamil perawatan wajah?

Saat hamil, tidak boleh sembarangan menggunakan produk kecantikan, karena bisa berdampak buruk bagi janin.

Wanita hamil masih bisa facial, namun ada baiknya hindari perawatan wajah yang menggunakan gelombang elektromagnetik atau laser di wajah.

Lalu merawat wajah yang aman saat hamil bagaimana?

Saat melakukan perawatan, pastikan terapisnya tahu kondisi hamil yang sedang kamu alami. Sebaiknya konsultasikan dengan obgyn atau dokter kulit berpengalaman.

Hindari kosmetik yang mengandung bahan merkuri dan beralih menggunakan kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Tips Perawatan Wajah Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat kulit wajah yang aman untuk kesehatan dan kehamilan:

1 – Membersihkan Wajah Secara Rutin

Jika kulit Anda berjerawat, bersihkan wajah dua hingga tiga kali sehari, gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas minyak. Keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk secara lembut, bukan diusap menggunakan handuk karena bisa menyebabkan iritasi.

Lain halnya untuk perawatan flek pada wajah saat hamil, unakan pelembab yang mengandung tabir surya. Paling tidak SPF 15 saat akan melakukan aktivitas di luar rumah, untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang memicu timbulnya hiperpigmentasi kulit.

2 – Hindari Kosmetik Berbahan Kimia

Ada bahan kimia tertentu yang biasa ditemukan dalam produk sehari-hari yang bisa sangat berbahaya bagi wanita hamil. Anda harus lebih memperhatikan apa yang Anda gunakan.

Anda harus menghindari bahan kimia seperti hydroquinone, agen pemutih berbahaya dan steroid. Bacalah daftar bahan kosmetik dengan seksama sebelum Anda menerapkan apapun pada kulit Anda.

Hindari kosmetik yang mengandung bahan merkuri dan beralih menggunakan kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami. Akan lebih aman jika Anda memilih kosmetik berbahan organik yang telah memiliki sertifikasi dari lembaga terpercaya.

3 – Gunakan Sun Blok Yang Baik

Gunakan Sun blok yang memberikan perlindungan memadai. Idealnya setiap sun blok dengan tingkat SPF 30 ++ harus bekerja dengan baik.

Ingat bahwa SPF mengacu pada sinar UVB dan ++ mengacu pada sinar matahari UVA. Penting untuk melindungi diri dari kedua bentuk sinar matahari. Baca labelnya dengan saksama sebelum Anda menggunakan sun blok.

4 – Hindari Terkena Matahari Langsung

Kehamilan adalah saat ketika tubuh Anda mengalami banyak perubahan hormon dan kulit bisa menjadi lebih sensitif.  Karena kulit lebih sensitif selama kehamilan, Anda lebih rentan terhadap pigmentasi atau bercak hitam yang muncul di kulit. Cobalah dan hindari pergi keluar pada siang hari.

Tips membuat masker wajah untuk ibu hamil

Meski sedang hamil, anda jangan malas merawat wajah, agar penampilan tetap cantik dan segar, salah satunya dengan masker, berikut Tips membuat masker wajah untuk ibu hamil.

Masker Tomat dan Madu

Tomat mengandung Vitamin A yang bagus untuk kulit wajah, sedangkan madu kaya akan mineral yang baik untuk mencegah kulit kering.

Caranya:

  • Haluskan satu buah tomat dan campurkan dengan dua sendok makan madu.
  • Aduk kedua bahan hingga tercampur rata.
  • Oleskan merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Masker Alpukat

Alpukat terdapat kandungan vitamin A, K, dan zat besi yang sangat baik untuk menjaga kulit dan membunuh bakteri.

  • Blender alpukat hingga halus
  • Kemudian campurkan dengan satu sendok minyak zaitun
  • Aduk hingga tercampur rata
  • oleskan ke wajah hingga bagian leher
  • Diamkan sampai 30 menit
  • Bilas dengan air dingin

Sabun wajah yang aman untuk ibu hamil?

Merk sabun apa yang aman bagi ibu hamil? Disini tidak akan membahas merk produk sabun secara khusus. Agar Anda mendapat manfaat dari sabun maka sebaiknya pengunaan sabun disesuaikan dengan tipe kulit Anda.

Sebaiknya menggunakan produk perawatan tubuh yang terjamin keamananya. Gunakan sabun muka yang memiliki sertifikasi keamanan dari BPOM atau FDA (food drug administration).

Krim apa yang aman untuk ibu hamil?

Merawat wajah saat hamil memang tidak mudah, banyak yang perlu diperhatikan atau dijaga. Hindari krim wajah yang mengandung bahan kimia.

Jika dirasa perlu menggunakan krim wajah, konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit, sehingga Dokter dapat memberikan resep krim wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.