Pemeriksaan Utama Pada Program Ingin Cepat Punya Anak

pemeriksaan program ingin anak

Pada kesempatan kali ini saya membahas tentang pemeriksaan utama pada program ingin cepat punya anak. Pasangan seringkali merasa tidak sabar aja bisa hamil karena anak adalah sesuatu yang sangat berharga.

Waktu tepat untuk pemeriksaan program punya anak ke dokter

Pasangan dengan usia istri kurang dari 35 tahun maka pemeriksaan ke dokter kandungan dimulai 12 bulan setelah melakukan hubungan intim secara rutin 2 sampai 3 kali per minggu tanpa kontrasepsi.

Sangat dibutuhkan ikhtiar dan kesabaran dari pasangan apabila Setelah 1 tahun belum hamil juga maka pasangan dikategorikan dalam kategori infertilitas.

Pemeriksaan infertilitas

Pemeriksaan layak dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan masalah kesuburan baik dari faktor wanita laki-laki ataupun keduanya pemeriksaan yang dilakukan dalam kasus infertilitas yaitu ada beberapa hal yaitu:

1. Pemeriksaan riwayat pasien

Dokter akan menanyakan riwayat pasien, riwayat penyakit, riwayat operasi, riwayat perkawinan, pola hubungan intim riwayat kehamilan, siklus haid dan sebagainya.

2. Pemeriksaan fisik

Ddokter melakukan pemeriksaan fisik secara umum meliputi tekanan darah, berat badan tinggi badan, dan juga pemeriksaan fisik ginekologis atau kandungan. Dokter akan menilai organ genitalia eksterna atau bagian luar seperti vulva vagina dan juga mulut rahim.

Pada saat yang bersamaan akan dilakukan pemeriksaan organ genitalia Interna atau bagian dalam untuk menilai kondisi rahim indung telur dan mencari adanya tumor kandungan.

3. Pemeriksaan ultrasonografi atau USG

USG dilakukan untuk melihat anatomi rahim indung telur saluran telur dan ada tidaknya massa atau tumor di kandungan seperti kista, mioma, polip dan sebagainya.

Pemeriksaan USG idealnya dilakukan menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam vagina atau USG transvaginal…

…atau jika tidak ada dapat menggunakan USG transabdominal melalui dinding perut yang membutuhkan kondisi kandung kemih penuh guna memudahkan pemeriksaan.

4. Pemeriksaan histerosalpingografi atau HSG

Tindakan ini dilakukan di bagian radiologi berfungsi untuk menilai rongga rahim dan saluran telur atau Tuba Fallopi.

Pemeriksaan dilakukan pada hari ke 9 sampai 11 siklus menstruasi. pasien sebaiknya tidak melakukan hubungan intim paling sedikit dua hari sebelum tindakan dilakukan.

5. Pemeriksaan historiografi

pemeriksaan ini merupakan alternatif bagi pemeriksaan HSG apabila terdapat reaksi alergi zat kontras dan tidak adanya peralatan rongsen…

…atau pada pasien dengan riwayat hamil dan melahirkan sebelumnya tau infertilitas sekunder, tindakan ini mirip dengan hidrotubasi.

6. Pemeriksaan laboratorium

Dalam kasus infertilitas penting dilakukan pemeriksaan ini yaitu pemeriksaan hormon reproduksi yaitu hormon fsh LH estradiol dan prolaktin.

Pada hari kedua sampai tiga siklus haid dan hormon progesteron pada hari ke 21 siklus menstruasi Bila terdapat riwayat keguguran berulang.

Perlu pemeriksaan mendeteksi adanya sindrom antifosfolipid adengan memeriksa antibodi anticardiolipin atau Acha dan Lupus antikoagulan.

Jika dicurigai kelainan sindrom ovarium polikistik atau pcs maka akan ditambahkan pemeriksaan hormon insulin puasa mukosa darah dan pemeriksaan kearah hiperandrogen.

7. Pemeriksaan analisis sperma

Pemeriksaan dilakukan suami setelah menghindari senggama selama 3 sampai 4 hari dan sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan di laboratorium sesuai dengan perjanjian.

Saat Anda melakukan pemeriksaan program cepat hamil dan punya anak ini, sebaiknya kondisi tubuh dalam keadaan sehat, agar menunjang semua yang di perlukan dan di perintahkan oleh dokter kandungan Anda. Semoga bermanfaat.


Ada kabar baik untuk Anda, telah ditemukan cara terbaik dan terbukti untuk bisa hamil dalam waktu singkat, dikemas dalam bentuk Buku hasil penelitian dr. Rosdiana Ramli, SpOG selama menangani pasien yang sulit hamil. “INGAT, Bahwa Semakin Tua Maka Anda Akan Semakin Sulit Hamil” Action sekarang juga – Info Selengkapnya