Sakit Gigi Saat Hamil Bahayakah, Apa Penyebabnya?

sakit gigi saat hamil

Apakah Anda mengalami sakit gigi saat hamil? Ibu hamil memang rentan mengalami penyakit gigi seperti nyeri dan berlubang. Mengobati sakit gigi pada ibu hamil harus berhati-hati, karena tidak semua jenis obat aman untuk dikonsumsi saat hamil.

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Gigi ngilu dan sakit saat hamil memang menjengkelkan, apakah penyebab sakit gigi saat hamil? Kerusakan gigi juga dikenal sebagai rongga sering menjadi penyebab sakit atau gigi sensitif. Selain itu, perubahan hormon, kebersihan mulut yang buruk, merokok, diabetes, dan makanan manis dapat menjadi penyebab masalah gigi.

1. Perubahan Hormon

Peningkatan dan perubahan hormon saat hamil mengakibatkan volume darah meningkat dan menyebabkan gusi membengkak.

Selama perubahan hormon, sistem kekebalan tubuh juga terganggu hingga kurang dapat melindungi tubuh dari bakteri yang menyebabkan penyakit gigi.

2. Kekurangan kalsium

Ketika ibu hamil kekurangan asupan kalsium, maka giginya lebih rentan berlubang karena kebutuhan kalsium bayi diambil dari gigi ibu.

Perbanyak asupan kalsium saat hamil, karena Jumlah kalsium yang cukup akan melindungi massa tulang ibu dan memenuhi kebutuhan nutrisi bayi

3. Makanan dan Minuman Manis

Sementara itu, mengkonsumsi makanan dan minuman manis dapat memberi makan bakteri jahat di mulut Anda, yang mengakibatkan plak menumpuk di gigi Anda dan menyerang enamel.

Sakit gigi saat hamil bahayakah?

Meski terlihat sepele, sakit gigi saat hamil bisa menimbulkan efek buruk bagi perkembangan janin. Penelitian pada jurnal Obstetrics and Gynecology mengungkap kasus radang gusi yang membahayakan janin. Para ahli menemukan bakteri penyebab gingivitis yang masuk ke aliran darah, paru-paru dan juga perut bayi.

Obat Sakit Gigi Saat Hamil yang Aman

Untuk mengobati sakit gigi saat hamil, Anda bisa minum obat paracetamol yang dianggap aman untuk penanganan nyeri pada sakit gigi. Jika Anda ingin melakukan pengobatan di rumah, sebaiknya berhati-hati sebelum mengonsumsi obat sakit gigi apa pun.

Walaupun merawat gigi dapat dilakukan kapan saja, namun, waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi selama kehamilan adalah saat memasuki trimester kedua. Tepatnya pada usia kehamilan 14 hingga 20 minggu. Sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Anda ingin melakukan pengobatan.

Mencegah Gigi berlubang Pada Ibu Hamil

Selama kehamilan berisiko tinggi mengalami kerusakan gigi. Selain itu, mulut Anda jauh lebih asam. Untuk mencegah kerusakan gigi, sebaiknya sikat gigi  menggunakan sikat berbulu lembut dan pasta gigi fluoride.

Jaga camilan manis seminimal mungkin dan jika Anda memiliki makanan manis, makanlah di akhir makan Anda. Bilas mulut Anda dengan air ketika Anda tidak bisa menyikat.

Komplikasi lain yang tidak biasa terjadi pada kehamilan adalah gigi yang kendur. Mayo Clinic menjelaskan bahwa ini dapat terjadi bahkan tanpa adanya penyakit gusi karena hormon yang mempengaruhi ligamen yang menahan gigi Anda di tulang.

Berikut pencegahan awal yang bisa anda lakukan di rumah untuk perawatan gigi

  • Sikat gigi 2 kali sehari setelah makan.
  • Batasi konsumsi makanan manis dan minuman yang mengandung soda.
  • Perbanyak air putih.
  • Hindari obat kumur yang mengandung alkohol.
  • Jika ingin makanan manis, sebaiknya ganti dengan buah-buahan.

Ketika Anda mengalami sakit gigi saat hamil, gigi ngilu, dan gigi berlubang, hati-hati saat konsumsi obat, sebaiknya  obat sakit gigi tersebut tidak menyebabkan gangguan janin dan harus berada dalam pengawasan dokter.

BACA JUGA: