Pengetahuan Seputar Kehamilan Muda Untuk Anda Yang Baru Mengalaminya

Seputar kehamilan muda

Seputar kehamilan muda

Bagi sebagian wanita, pada awal kehamilan atau hamil muda biasanya merupakan saat yang membingungkan, karena ada berbagai perubahan yang dialami. Saat kehamilan muda anyak terjadi perkembangan awal janin yang dapat menentukan pertumbuhan  selanjutnya. Hal ini membuat Anda harus memberikan perhatian ekstra.

8 Ciri – Ciri Hamil Muda

1 – Sering buang air kecil: Rahim yang membesar ini membuat kandung kemih tertekan sehingga wanita akan sering bolak-balik kamar mandi.

2 – Mual / Muntah: Biasanya mual ini akan terasa parah pada pagi hari, maka itulah disebut Morning Sickness. Untuk mual ini dapat diatasi dengan asupan vitamin B6. (baca: Cara mengatasi mual saat hamil)

3 – Mudah Lelah: Ibu hamil akan merasakan kelelahan lebih dari biasanya, karena bekerja lebih keras untuk mendukung pertumbuhan janin.

4 – Perubahan Pada Payudara: Umumnya payudara akan menjadi lebih kencang dan padat serta ukurannya secara perlahan akan membesar dibandingkan dengan sebelumnya.

5 – Perubahan Mood: Mood naik turun dan berubah secara tiba-tiba, itu terjadi karena perubahan hormon dan wajar terjadi.

6 – Sembelit: Ketika hormon progesteron semakin banyak dalam tubuh maka usus menjadi lambat saat bekerja. Kemudian ini akan menyebabkan cairan usus dan gerakan usus berkurang banyak. Akibatnya tinja menjadi lebih kering dan ibu akan terkena sembelit. (baca:Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil)

7 – Air liur berlebihan: Perubahan hormon memang menyebabkan produksi air liur menjadi berlebihan. Biasanya ini akan terasa saat pagi atau sore hari. (baca:Cara Mengatasi Air Liur Berlebih Saat Hamil )

8 – Jerawat: Ibu hamil bisa memiliki kulit yang sangat sensitif, Kondisi ini juga bisa disebabkan karena perubahan hormon progesteron dalam tubuh. (baca:Gangguan Kesehatan Kulit Saat Hamil )

4 Tips Menjaga Kehamilan Muda / Trimester Pertama

1 – Lakukan pemeriksaan pada bidan atau dokter: Pemeriksaan pada kehamilan trimester pertama yang normal yaitu per enam minggu. Jangan malu untuk mengajukan pertanyaan mengenai kehamilan atau rencana persalinan nanti pada bidan atau dokter kandungan Anda.

2 – Kendalikan perubahan emosi: Nikmati setiap proses dalam menjaga kehamilan, jangan terlalu memaksakan atau menghakimi diri. Minta dukungan dari keluarga dan pasangan.

3 – Hindari rokok,alkohol, dan batasi kafein: Rokok dan alkohol merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan keguguran, persalinan prematur, dan plasenta bermasalah.

4 – Penuhi kebutuhan zat gizi penting Anda: Untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda, Anda perlu memenuhi kebutuhan zat-zat gizi penting, seperti asam folat, kalsium, zat besi, seng, dan serat.

5 – Konsumsi Buah-Buahan:  mengkonsumsi buah-buahan dapat membantu meningkatkan stamina. buah-buahan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme sehinga membuat anda lebih bersemangat diawal kehamilan. (baca: Buah-Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil)

Baca juga:

Kenali Ciri Kehamilan yang Bermasalah

Pada awal kehamilan muda, penting untuk mengetahui ciri kehamilan yang bermasalah untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan.

  • Pendarahan: Pendarahan bisa menjadi masalah kehamilan yang sangat serius. Kehamilan yang muncul pada trimester pertama sampai ketiga, Pendarahan ini biasanya juga disertai dengan rasa sakit perut, kram perut bahkan sakit kepala. Pendarahan bisa disebabkan karena plasenta mungkin sudah terlepas dari rahim atau perkembangan janin yang tidak sempurna.
  • Infeksi saluran kencing: Mengalami rasa panas pada saat anda sedang buang air kecil yang merupakan tanda ibu hamil mengalami infeksi pada saluran kencing maka seringkali menggangu kondisi ibu hamil.
  • Gerakan janin melemah: pantaulah gerakan janin Anda. Bila gerakannya halus dan kuat, artinya bayi baik-baik saja. Bila ia tidak seaktif biasanya, besar kemungkinan janin sedang malas. Lakukan stimulasi untuk membangkitkan gerakannya.
  • Keluar bercak dari vagina: Waspadai keluarnya bercak dari vagina yang volumenya makin lama makin banyak.
  • Sakit di bagian panggul: Yang perlu diwaspadai adalah jika nyerinya sangat hebat dan tak kunjung reda pada bagian bawah panggul.
  • Mual muntah yang parah: Muntah-muntah berat atau gejala muntah yang disertai demam.