Sering buang air kecil saat hamil

Foto: babyment.com

Dari mulai sembelit sampai mual dan air liur berlebih saat hamil serta sering buang air kecil saat hamil, itu adalah gejala yang biasa terjadi pada masa kehamilan, Ini bisa membuat Anda bangun di malam hari, terutama selama trimester ketiga.

Penyebab Sering Beser Pada Ibu Hamil

Peningkatan frekuensi kencing merupakan gejala awal kehamilan pada wanita. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron dan human chorionic gonadotropin.

Selain meningkatkan hormon, tingkat cairan tubuh Anda mulai meningkat selama kehamilan. Ini berarti ginjal Anda harus bekerja ekstra keras.

Pada trimester ketiga, ukuran bayi Anda tumbuh berarti mereka menekan lebih banyak lagi pada kandung kemih Anda. Akibatnya, Anda mungkin harus bangun beberapa kali di malam hari untuk buang air kecil.

Cara Mengatasi Sering kencing Saat Hamil

Berikut adalah beberapa tindakan sederhana yang dapat Anda ikuti untuk meminimalkan frekuensi buang air keci.

1 – Kurangi minuman bersifat deuretik: Hindari minuman seperti teh, kopi atau alkohol karena bersifat diuretik. Mereka pasti akan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil.

2 – Kurangi minum di malam hari: cukupi kebutuhan air di siang hari dan kurangi minum 1—2 jam sebelum tidur malam. Untuk bisa mencukupi jam tidur, Ibu tabung tidur di siang hari selagi bisa.

3 – Lakukan Latihan Kegel: Latihan kegel membantu Anda mengendalikan uretra. Anda bisa melakukan latihan sekitar tiga kali sehari dengan kontraksi 10-20 kali selama 10 detik.

Ikuti langkah ini:

  • Kencangkan otot dasar panggul Anda dengan membayangkan bahwa Anda menghentikan aliran urin.
  • Pegang otot selama 10 detik, atau selama Anda bisa.
  • Lepaskan otot yang berkontraksi.
  • Ulangi 15 kali untuk menyelesaikan satu set.

Baca juga:

Apakah setelah melahirkan masih sering buang air kecil?

Temuan yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology mengatakan bahwa di antara wanita yang sering buang air kecil selama kehamilan, kemungkinan mengalami hal yang sama selama enam bulan setelah melahirkan.[1]

Setelah Anda melewati semua cairan ekstra, Anda akan kembali ke kencing normal. Tapi, jika bertahan lebih lama, Anda harus menemui dokter.

RahayuPengetahuan Kehamilan
Dari mulai sembelit sampai mual dan air liur berlebih saat hamil serta sering buang air kecil saat hamil, itu adalah gejala yang biasa terjadi pada masa kehamilan, Ini bisa membuat Anda bangun di malam hari, terutama selama trimester ketiga. Penyebab Sering Beser Pada Ibu Hamil Peningkatan frekuensi kencing merupakan gejala awal...