Tahap Perkembangan Janin Selama 9 Bulan Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasannya

Apakah Anda penasaran ingin mengetahui seberapa besar bayi yang sedang berkembang dalam rahim Anda, dan kapan Anda akan merasakannya bergerak? Yuk mari kita intip seperti apa pertumbuhan dan tahap perkembangan janin di dalam rahim dari mulai 1 sampai 9 bulan untuk melihat bagaimana bayi berkembang dari bulan ke bulan.

Gambar Perkembangan Janin atau Bayi Dalam Kandungan Selama 9 Bulan Dari Minggu ke Minggu

Janin adalah mamalia yang berkembang setelah fase embrio dan sebelum kelahiran. Dalam bahasa Latin, fetus secara harfiah dapat diartikan “berisi bibit muda, mengandung”. Pada manusia, janin berkembang pada akhir minggu kedelapan kehamilan, sewaktu struktur utama dan sistem organ terbentuk, hingga kelahiran. [1]

1. Fase Pembuahan Janin

perkembangan janin

Tahap pembuahan

Pembuahan terjadi saat sperma bertemu dan menembus telur. Pada fase ini, susunan genetiknya lengkap, termasuk jenis kelamin bayi, karena sel telur yang dibuahi setelah 3 hari terbagi sangat cepat ke dalam banyak sel.

Ia melewati tuba falopi ke rahim, di mana ia menempel pada dinding rahim. Plasenta, yang akan memberi makan bayi, juga mulai terbentuk. [2]

2.  Perkembangan Janin 4 Minggu (1 Bulan)

Perkembangan janin 4 minggu

Perkembangan janin 4 minggu

Pada fase ini bayi sedang mengembangkan struktur yang pada akhirnya akan membentuk wajah dan lehernya. Jantung dan pembuluh darah terus berkembang. Dan paru-paru, perut, dan hati mulai berkembang. Tes kehamilan di rumah akan menunjukkan hasil positif.

3. Perkembangan Janin 8 Minggu (2 Bulan)

perkembangan janin 8 minggu

Perkembangan janin 8 minggu

Pada tahap ini saat janin berusia 2 bulan, bayi Anda sekarang berukuran sedikit di atas setengah inci. Kelopak mata dan telinga mulai terbentuk, dan Anda bisa melihat ujung hidung, lengan dan kaki dan Jari kaki semakin jelas.

4. Perkembangan Janin 12 Minggu (3 Bulan)

Perkembangan janin 12 minggu

Perkembangan janin 12 minggu

Pada usia 12 minggu (3 bulan) Bayi berukuran sekitar 2 inci dan mulai melakukan gerakan sendiri, dan mungkin Anda akan merasakan sendiri pada rahim bagian tas tulang kemaluan Anda.

Saat Anda ke Dokter mungkin detak jantung bayi sudah mulai terdengar dengan alat khusus dan alat kelamin bayi biasanya mulai agak jelas.

5. Perkembangan Janin 16 minggu (4 Bulan)

Perkembangan janin 16 minggu

Perkembangan janin 16 minggu

Ukuran Bayi saat ini sekitar 4,3 sampai 4,6 inci dan beratnya sekitar 3,5 ons.  Mata bayi bisa berkedip, pembuluh darah dan jantung sudah mulai terbentuk sepenuhnya. Jari tangan dan kaki bayi Anda sudah memiliki sidik jari.

6. Perkembangan Janin 20 Minggu (5 Bulan)

Perkembangan janin 20 minggu

Perkembangan janin 20 minggu

Berat bayi pada usia ini sekitar 10 ons dan panjangnya sedikit lebih dari 6 inci. Bayi Anda sudah bisa mengisap jempol, menguap, meregang, dan Anda mulai akan merasakan bayi Anda bergerak.

7. Perkembangan Janin 24 Minggu (6 Bulan)

Perkembangan janin 24 minggu

Perkembangan janin 24 minggu

Fase ini bayi Anda sudah mulai bisa merespons suara dengan cara memindahkan atau meningkatkan denyut nadinya.  Anda mungkin merasakan gerakan menyentak jika dia cegukan,  telinga bagian dalam mulai berkembang sepenuhnya.

Baca juga: Tahapan Usia Kehamilan Trimester 1, 2 dan 3

8. Perkembangan Janin 28 Minggu (7 Bulan)

Perkembangan janin 28 minggu

Perkembangan janin 28 minggu

Berat bayi sekitar 2 kilogram, 6 ons, dan sering berubah pada saat ini dalam kehamilan. Posisi bayi dalam kandungan secara normal posisi kepala ada dibawah dan kaki diatas. Pada tahap ini biasanya Anda akan lebih sering merasakan nyeri di pinggang, Salah satu tekanan pada organ dalam terjadi pada usus dan rektum, yang akan menyebabkan sembelit.

9. Perkembangan Janin 32 Minggu (8 Bulan)

Perkembangan janin 32 minggu

Perkembangan janin 32 minggu

Berat bayi hampir 4 kilogram dan sering bergerak. Kulit bayi memiliki keriput lebih sedikit saat lapisan lemak mulai terbentuk di bawah kulit. Antara saat ini dan persalinan, bayi Anda akan mendapatkan separuh dari berat lahirnya.

Kepalanya telah berada di bawah dalam posisi siap lahir. Namun dia dapat saja berubah posisi pada minggu-minggu terakhir menjelang persalinan.

10. Perkembangan Janin 36 Minggu (9 Bulan)

perkembangan janin 36 minggu

Perkembangan janin 36 minggu

Pada Tahap ini, Bayi berbeda ukurannya, tergantung pada banyak faktor, seperti jenis kelamin, jumlah bayi yang dibawa, dan ukuran orang tua, tingkat pertumbuhan keseluruhan bayi Anda sama pentingnya dengan ukuran sebenarnya. Rata-rata, bayi pada tahap ini sekitar 18,5 inci dan beratnya mendekati 6 kilogram.

Otak telah berkembang dengan cepat. Paru hampir sepenuhnya berkembang. Kepala biasanya diposisikan ke dalam panggul sekarang. [3, 4, 5]

Tanggal kelahiran seorang bayi di tandai akhir minggu ke 40, dihitung dengan menggunakan hari pertama periode terakhirnya. Berdasarkan hal tersebut, kehamilan bisa berlangsung antara 38 dan 42 minggu dengan pemberian persalinan penuh sekitar 40 minggu.

Beberapa kehamilan pasca-kelahiran yang berlangsung lebih dari 42 minggu tidak terlalu terlambat. Perhitungan ini mungkin tidak akurat. Untuk alasan keamanan, kebanyakan bayi dilahirkan dalam 42 minggu. Terkadang dokter mungkin perlu menginduksi persalinan.

Perkembangan bayi di dalam kandungan berjalan dengan sangat cepat, Dengan melihat gambar perkembangan janin di atas, jadi semakin tak sabar ingin segera berjumpa dengan bayi dalam kandungan.