8 Point Penting Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Anda Pahami

tanda awal kehamilan

Tanda dan Gejala Awal Kehamilan – via: momjunction.com

Pada beberapa wanita dapat mengalami banyak tanda dan gejala awal kehamilan, sementara yang lain mengalami sedikit atau bahkan tidak ada. Jika Anda pikir Anda mungkin hamil, atau harapan Anda mungkin.

Mereka kadang masih bingung membedakan mana tanda-tanda kehamilan sebenarnya dengan tanda akan datang menstruasi, karena banyak kasus terjadi bahwa tanda-tanda kehamilan biasanya mirip dengan tanda-tanda akan datang menstruasi.

Beberapa ciri kehamilan bahkan bisa muncul hanya dua minggu setelah pembuahan terjadi, yang artinya, bisa jadi sebelum jadwal datang bulan Anda.

8 Tanda awal pada kehamilan Anda

1. Payudara Menjadi bengkak

Salah satu tanda-tanda pertama yaitu payudara menjadi bengkak dan biasanya sering pegal dan terasa lebih berat. Anda bahkan mungkin melihat daerah sekitar puting Anda semakin besar dan gelap. Kebanyakan gejala awal kehamilan, termasuk payudara sensitif, karena terkait dengan meningkatnya kadar hormon progesteron.

2. Mual dan Muntah

Tanda awal yang umum dari kehamilan adalah mual dipagi hari (morning sickness). Hal ini biasanya akan mulai ketika Anda di sekitar enam minggu hamil. Mungkin saja mual tetapi juga dapat mencakup muntah dapat terjadi setiap saat siang atau malam hari.

Hal ini terjadi karena ada peningkatan signifikan pada level estrogen dan progesteron disebabkan karena ada peningkatan pad kedua hormon tadi yang membuat perut Anda jadi mengosongkan diri dengan lebih lambat.

3. Sakit Kepala / Pusing

Anda mungkin mengalami sakit kepala pada tahap awal kehamilan. Hal ini disebabkan munculnya tiba-tiba hormon dalam tubuh Anda karena menyesuaikan untuk menjadi hamil. Rasa pusing atau gamang tadi bisa juga disebabkan karena kadar gula darah yang rendah.

4. Mudah Lelah

Jika waktu tidur Anda jadi lebih cepat dari biasanya, Anda bisa jadi hamil. Menurut Mayo Clinic, rasa kantuk terus-menerus yang Anda rasakan ini adalah akibat peningkatan hormon progesteron, yang melambung drastis pada masa awal kehamilan.

5. Disekitar Puting berwarna gelap

tanda awal terjadinya kehamilan akan menjadikan kulit di sekitar puting susu Anda (areola) menjadi gelap. Anda juga dapat menemukan puting susu menjadi tegak dan benjolan di sekitar puting Anda lebih jelas.

6. Kram dan bercak darah

Bercak darah ini biasanya datang lebih awal dari jadwal menstruasi Anda, jumlahnya lebih sedikit, dan berwarna lebih terang dibanding menstruasi Anda. Kram biasanya juga mengiringi bercak darah ini. Anda bisa mengatasinya dengan metode yang biasa Anda lakukan untuk mengurangi kram haid.

Jika Anda menyadari ada bercak atau sedikit pendarahan dari vagina, jangan anggap itu sebagai menstruasi. Bisa saja Anda sedang hamil.

7. Mengidam

Ada kemungkinan Anda mungkin menunda keinginan makanan tertentu, terutama jika Anda mengalami mual dari morning sickness. Namun Anda juga dapat menemukan bahwa hasrat Anda lebih besar pada makanan tertentu (dan yang mungkin aneh!) Mungkin ini adalah tahap awal kehamilan Anda.

8. Sering buang air kecil

Setelah haid terlambat satu hingga dua minggu, keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering dari kebiasaannya. Ini disebabkan janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah.

Selain itu kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak serat untuk membantu makanan Anda melalui sistem pencernaan dengan lebih lancar.

Pengetahuan Tambahan

Melakukan Tes Kehamilan di Rumah

Pertama Anda ingin tahu pasti apakah Anda sedang hamil dan cara terbaik adalah dengan melakukan tes kehamilan. Cukup kunjungi dokter atau membeli Alat dari apotek lokal Anda.

Anda dapat melakukan tes dari hari pertama haid Anda. Dibutuhkan dua minggu dari saat Anda hamil untuk hormon kehamilan, human chorionic gonadotropin (HCG) untuk menunjukkan dalam urin Anda, jadi cobalah untuk tidak menguji terlalu dini.

Ada kemungkinan bahwa pengujian pertama mungkin negatif tetapi jika Anda menampilkan tanda-tanda awal yang umum dari kehamilan dan periode Anda belum tiba, Anda harus tes ulang beberapa hari kemudian untuk mengkonfirmasi.

Jangan Berhenti Konsumsi Asam Folat Selama Kehamilan

Mengonsumsi asam folat selama kehamilan dapat membantu menurunkan risiko bayi Anda sebelum lahir dari spina bifida dan cacat saraf lainnya. Departemen Kesehatan menganjurkan Anda mengambil 400 mikrogram (mcg) suplemen harian tiga bulan sebelum pembuahan, idealnya, dan sampai 12 minggu pertama kehamilan.

Temui dokter Anda jika ada tanda-tanda awal kehamilan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemui dokter atau bidan, yang dapat membuat Anda terdaftar dengan layanan bersalin di daerah Anda. Mereka adalah sumber besar informasi dan mendukung jika Anda pernah yakin apa pun selama kehamilan Anda.

Terlambat haid bukanlah satu-satunya tanda awal kehamilan. Bahkan, ketika Anda menganggap diri Anda masih haid sekalipun, bukan berarti saat itu Anda sedang tidak hamil. Semoga Pengetahuan diatas dapat membantu Anda untuk mengenal gejala dan tanda awal kehamilan Anda. Semoga bermanfaat.