6 Tanda Bahaya dalam Kehamilan Yang Wajib Kamu Tahu

tanda bahaya kehamilan

Tanda-tanda kehamilan yang kamu alami mungkin dalam kondisi yang berbahaya, beberapa tanda ini merupakan tanda yang wajar dan normal terjadi selama kehamilan namun pada keadaan tertentu tanda-tanda ini mungkin bisa berubah menjadi hal yang membahayakan.

Tanda-tanda Bahaya Saat Hamil Yang Perlu Di Waspadai

Mari kita kenali Apakah kamu mengalami tanda-tanda yang normal atau abnormal berikut dengan perbedaannya agar kamu bisa mengantisipasi hal-hal tersebut.

1. Mual dan Muntah Berlebihan

Kondisi ini sebenarnya wajah terjadi saat kehamilan terutama di trimester pertama. Namun, efeknya bisa berbahaya jika kamu mengalami mual muntah secara berlebihan atau istilah medisnya disebut hiperemesis gravidarum.

Mmuntah yang terjadi secara berlebihan dan terus-menerus bisa memicu terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan kurang nutrisi dan elektrolit penurunan berat badan dan pusing.

2. Pembengkakan Saat Hamil

Saat hamil tubuh lebih mudah menyimpan cairan sehingga cairan banyak menumpuk jaringan tubuh seperti wajah tangan maupun kaki. Kondisi ini dikenal sebagai edema pembekakan menjadi tidak wajar jika hanya terjadi pada satu bagian tubuh.

Kemudian diikuti oleh kenaikan tekanan darah dan keluarnya protein dari urine hal tersebut dikenal sebagai preklamsia suatu kondisi yang fatal dan serius bagi ibu dan janin.

3. Janin Kurang Aktif Bergerak

Janin kurang aktif bergerak bisa menandakan dua hal yaitu janji sedang tidur atau kamu tidak merasakan gerakan nya, namun janin yang gerakannya berkurang secara signifikan bisa menandakan terjadinya kekurangan oksigen maupun nutrisi pada janin tersebut.

4. Nyeri Saat Buang Air Kecil

Merasakan nyeri saat buang air kecil sebenarnya wajar, bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau perubahan tubuh akibat pertumbuhan janin.

Namun infeksi yang tidak diobati secara optimal bisa memicu masalah kesehatan yang serius seperti melahirkan secara prematur.

5. Perdarahan Vagina

Perdarahan vagina merupakan suatu kondisi yang serius dan patut diwaspadai terutama jika volume darah yang keluar cukup banyak karena bisa menandakan terjadinya keguguran atau kehamilan ektopik.

Perdarahan abnormal ini bisa menimbulkan gejala seperti nyeri atau kram perut namun juga bisa tidak menimbulkan gejala sama sekali.

6. Sakit kepala, Nyeri perut dan Gangguan Penglihatan

Sakit kepala wajar terjadi selama kehamilan karena terjadinya lonjakan darah dan hormon, sementara nyeri perut bisa disebabkan karena perkembangan tubuh selama kehamilan lalu kehamilan mungkin bisa sedikit mempengaruhi penglihatan mu terkait perubahan tubuh dan hormon.

Namun jika ketiga hal ini terjadi dalam waktu yang bersamaan dan sangat mengganggu hal ini bisa menandakan terjadinya eklamsia.

Kehamilan memang bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai gangguan fisik, jadi pastikan kamu rutin kontrol ke dokter kandungan di tiap trimester nya. Ketika ada hal yang tidak biasa terjadi pada tubuhmu jangan ragu untuk periksakan ke dokter kandungan.