Tanda-Tanda Masa Subur Pada Wanita

tanda masa subur pada wanita

Tanda masa subur pada wanita (img via – health.kompas.com)

Salah satu kunci keberhasilan dalam usaha anda untuk segera memiliki momongan adalah dengan melakukan hubungan saat masa subur wanita, maka dari itu alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu tanda-tanda masa subur pada wanita.

Dalam setiap bulannya wanita pasti ada saatnya memasuki masa subur atau ovulasi, yaitu proses sel telur dikeluarkan dari ovarium menuju tuba falopia untuk dibuahi.

Fase Ovulasi adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. menurut beberapa literatur, masa subur adalah 14 hari sebelum haid selanjutnya. [wikipedia]

…apabila wanita tersebut melakukan hubungan seksual pada masa subur maka kemungkinan terjadi kehamilan.

Kapan saat perempuan ovulasi?

Pada sebagian wanita akan mengalami nyeri perut bagian bawah, yang dikenal sebagai mittelschmerz, ketika ovulasi terjadi.

Nyeri payudara atau rasa tidak nyamanan juga umum terjadi. Vagina wanita juga akan agak elastis menjelang ovulasi.

Untuk mengetahui ovulasi Anda dapat menggunakan Ovulasi prediktor kit ( OPKs ) untuk mendeteksi lonjakan LH yang mendahului pelepasan sel telur. Mengukur suhu tubuh basal juga dapat digunakan sebagai penanda ovulasi.

5 Ciri-ciri ketika seorang wanita sedang memasuki masa subur

1. Siklus Haid

Pada umumnya seorang wanita akan mengalami siklus haid sekitar 22-35 hari.  Masa  ovulasi akan terjadi sekitar 14 hari sebelum siklus haid berikutnya.

jika Anda memiliki siklus haid 30 hari, maka masa ovulasi adalah pada hari ke 16 dari siklus haid Anda, ditambah dan dikurangi 3 hari. Maka inilah waktu yang tepat dimana sel sperma dapat membuahi sel telur.

2. Suhu Tubuh Meningkat

Peningkatan suhu tubuh ini diakibatkan terbentuknya progesteron yang berfungsi menyiapkan jaringan dalam rahim. Jaringan ini nantinya menerima sel telur yang telah dibuahi dan kelak menjadi janin.

Suhu akan mengalami peningkatan suhu sekitar 10C. Untuk mendapatkan pengukuran yang tepat, Anda harus cermat dalam mengamati pola suhu tubuh Anda.

untuk mengetahui peningkatan suhu tubuh yang hanya sedikit ini terkadang sulit dilakukan jika tidak teratur mengukur suhu tubuh.

Oleh karenanya, disarankan agar setiap pagi setelah bangun tidur untuk mengukur suhu tubuhnya dengan termometer.

3. Peningkatan produksi lendir pada vagina

Ketika memasuki masa subur. Lendir ini biasanya jernih, licin, dan elastis. Dan mengalami perubahan kekentalan lendir yang keluar dari vagina.

…lendir ini sebenarnya yang akan membantu sperma masuk ke dalam rahim dengan lebih cepat dan aman.

4. Nyeri perut bawah hanya di satu sisi

Nyeri perut ini rasanya seperti kram perut saat haid, tapi tidak ada darah yang keluar. Kram ini hanya terjadi di satu sisi karena ovulasi hanya terjadi pada satu ovarium di setiap siklus haid.

5. Nyeri payudara

Nyeri payudara ini serupa dengan nyeri payudara saat haid, terjadi beberapa hari sebelum hingga hari ovulasi.

Kesimpulan

Masa subur pasangan anda adalah salah satu faktor penting dalam proses mempercepat kehamilan, lakukan hubungan intim dengan pasangan anda pada saat masa subur itu terjadi, kenali tanda-tanda masa subur anda dengan ciri yang sudah saya sebutkan diatas.

Tentunya anda juga harus menjaga kondisi tubuh anda tetap fit dan sehat lalu atur pola makan dan pilih jenis makanan yang bisa meningkatkan kualitas sperma suami anda.