Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Tes Kehamilan Menggunakan Test Pack?

tes kehamilan menggunakan test pack

Kapan waktu yang tepat untuk tes kehamilan menggunakan test pack agar akurat? Meski terlihat mudah saat menggunakan tespek, namun masih saja banyak yang keliru. Cara ini memang tidak selalu akurat karne beberapa faktor, salah satunya adalah waktu yang tidak tepat.

Usia kehamilan berapa bisa lihat hasil test pack?

Kapan test pack bisa mulai mendeteksi kehamilan? Sebaiknya tunggu sampai haid terlambat satu minggu, waktu ini diperlukan untuk mendeteksi HCG. Jika terlalu awal akan sangat sulit dideteksi.

Kenapa demikian? karena dibutuhkan waktu 9-12 hari sejak berhasilnya proses pembuahan sel telur hingga HCG dapat terdeteksi pada urine.

Jangan mudah percaya kalau ada alat tespek yang mengklaim akurat mendeteksi kehamilan sejak hari pertama mengalami terlambat haid.

Lakukan tes ketika mengalami tanda-tanda kehamilan

Selain karena masa haid terlambat, periksakan juga kehamilan Anda saat mengalami ciri-ciri hamil muda berikut.

  • Flek / pendarahan ringan: Adanya bercak atau flek saat hamil biasa terjadi saat minggu awal kehamilan. Lihat perbedaan warna, jumlah dan tekstur yang keluar pada bercak darah Anda.
  • Kram seperti nyeri haid: Anda merasakan kram seperti akan datang bulan, tapi ternyata tidak mengalami mens.
  • Payudara nyeri: Hal ini terjadi karena pada awal kehamilan, tubuh memproduksi hormon estrogen dan progesteron yang lebih banyak sehingga terjadi perubahan fisik untuk mendukung pertumbuhan janin.

Cara menggunakan test pack

Setiap merek dan jenis test pack, berbeda cara kerjanya. Terdapat dua jenis test pack yang sering di pakai untuk mendeteksi kehamilan. Berikut penjelasannya:

1. Test Pack Strip atau Dip stick

Cara menggunakanya adalah dengan memasukan urine ke dalam wadah, lalu celupkan strip ke dalam wadah dan tunggu 5 hingga 10 detik sampai strip menunjukkan warna atau simbol yang tertera.

2. Test Pack dengan Alat Strip dan Wadah Urine.

Cara menggunakanya yaitu, dengan memasukan alat tes ke dalam wadah yang terisi urine atau bisa juga dengan meneteskan 5 hingga 6 tetes urine Anda ke alat tersebut. Jika Anda hamil, maka  Area pada alat tes akan berubah warna.

Saat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack, jangan terburu buru agar hasilnya lebih akurat. dianjurkan untuk menggunakan urine pertama setelah bangun tidur di pagi hari.

BACA JUGA: