Tidak Makan Nasi Saat Hamil? – Ketahui Manfaat dan Efek Samping serta Apa Makanan Pengganti Nya

tidak makan nasi saat hamil

credit: www.bbc.co.uk

Apakah Anda tidak makan nasi saat hamil? mungkin karena malas dan mual ketika makan nasi. Hal itu wajar terjadi pada masa kehamilan karena terjadi perubahan mood dan nafsu makan dan perubahan hormonal juga dapat menimbulkan rasa mual sampai usia kehamilan 11 minggu.

Adapun masalah lain yang di hadapi, selain tidak bisa makan nasi juga tidak minum susu hamil. Biasanya Jika di paksakan saya pasti muntah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya, sementara janin sangat memerlukan nutrisi?

Sebelum Anda memutuskan untuk mencari makanan pengganti nasi, sebaiknya harus tahu dulu apa manfaat konsumsi nasi untuk ibu hamil.

Bolehkah ibu hamil tidak makan nasi?

Boleh saja jika Anda mengurangi asupan karbohidrat, selama jumlahnya masih cukup untuk mendukung pertumbuhan janin dan memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan Anda sendiri.

Jika Anda terlalu banyak mengurangi karbohidrat bisa membahayakan kehamilan, karena karbo diperlukan bersama dengan lemak untuk menghasilkan energi bagi ibu hamil.

Manfaat Makan Nasi Selama Kehamilan

1. Menyediakan Energi

Nasi mengandung jumlah tinggi karbohidrat yang dapat memberi energi ke dalam tubuh Anda. Jadi, nasi bertindak sebagai bahan bakar untuk membuat Anda energik dan aktif [1].

2. Memperkuat Tulang

Nasi kaya akan sumber vitamin, seperti vitamin D, riboflavin, dan tiamin. Juga, mengandung banyak mineral, seperti kalsium, zat besi, dan serat. Jadi mengkonsumsi nasi selama kehamilan dapat mempunyai tulang dan gigi yang kuat.

3. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Nasi memiliki kandungan sodium rendah yang membantu mengatur tingkat tekanan darah Anda saat Anda sedang hamil.

4. Dapat Mengurangi Masalah Kolesterol

Nasi merupakan makanan bebas kolesterol. Jadi nasi dapat membantu menyeimbangkan diet Anda dan membuat Anda aman dari masalah kolesterol.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Nasi mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk ibu hamil. Antioksidan membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan mencegah risiko infeksi.

Efek Samping Makan Nasi Saat Hamil

Meskipun banyak manfaat dari makan nasi selama kehamilan, ada beberapa risiko yang perlu Anda tahu:

  1. Terlalu banyak konsumsi nasi selama kehamilan dapat mengakibatkan berat badan bertambah dan bisa menjadi gemuk.
  2. Nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi (GI) daripada beras merah. nasi putih dapat meningkatkan kadar glukosa darah Anda dan membuat Anda menderita diabetes gestasional.
  3. Penelitian mengungkapkan bahwa beras mengandung sejumlah arsenik yang dapat menyebabkan kematian dini atau kelahiran bayi lahir mati, hindari makan nasi terlalu banyak saat hamil [3].

Cara mengatasi ketika Anda malas makan nasi pada masa kehamilan

Kenapa hamil muda malas makan nasi? Kehilangan nafsu makan selama trimester pertama adalah gejala umum yang biasa terjadi.

Jika Anda tidak mengkonsumsi nasi dan minum susu hamil sebetulnya tidak masalah, karena nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat, dan susu hamil merupakan sumber protein, lemak, mineral dan vitamin.

Sebagai alternatif makanan pengganti nasi untuk ibu hamil muda, Anda dapat memilih sumber karbohidrat lainnya seperti;

  • kentang
  • makaroni
  • mi
  • roti
  • ubi
  • singkong
  • bihun
  • bubur
  • biskuit

Sedangkan sebagai pengganti susu, dapat menggantikannya dengan protein hewani seperti (ikan, daging, telur, seafood, dll) maupun nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan, dll) juga sayuran dan buah-buahan.

Tips mengatasi mual makan nasi saat hamil muda

Saat memasuki usia kehamilan 7 minggu biasanya akan merasakan mual dan muntah saat kehamilan, apa lagi kalau makan nasi.

Bagaimana cara supaya mual berkurang dan bisa makan nasi ? berikut penjelasannya:

  • Ketika perut terasa lapar dan Anda tidak mau makan nasi, sebaiknya minum air putih agar perut tidak kosong.
  • Selain itu paksa makan dengan makanan pengganti nasi seperti roti, kentang atau pisang, telur rebus, kacang.
    sebisa mungkin hindari dulu makanan bersantan, asam, pedas, dan berminyak, karena bikin asam lambung tambah meningkat.
  • Kalau selesai muntah coba minum sirup blackcurent. itu bisa buat dingin diperut.  Konsunsi juga asam folat karena bagus buat perkembangan janin hingga 12minggu.