Zat Besi Untuk Ibu Hamil – Manfaat dan Cara meningkatkan Hb Saat Kehamilan

zat besi untuk ibu hamil

Ketika hamil, Anda membutuhkan sekitar dua kali jumlah zat besi karena tubuh Anda menggunakan zat besi untuk membuat darah ekstra untuk janin Anda. Namun, sekitar 50% wanita hamil tidak mendapatkan cukup mineral penting ini. Karena peningkatan volume darah ini, penting bagi ibu hamil untuk juga meningkatkan asupan asam folat dan zat besi.

Manfaat zat besi untuk ibu hamil

Zat besi berguna untuk membuat darah tambahan (hb atau hemoglobin) untuk Anda dan bayi selama kehamilan. Zat besi juga membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda dan ke tubuh bayi Anda.

Saat anda mendapatkan cukup zat besi, dapat mencegah anemia yang bisa mengakibatkan bayi Anda lahir terlalu kecil atau terlalu dini.

Gejala anemia selama kehamilan mungkin termasuk yang berikut:

  • Kelelahan
  • Kelemahan
  • Detak jantung cepat
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Sesak napas
  • Kulit pucat
  • Sakit dada

Cara meningkatkan zat besi untuk ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya meningkatkan asupan makanan yang kaya akan zat besi. Berikut adalah beberapa makanan dan vitamin untuk wanita hamil:

Konsumsi makanan yang mengandung zat besi

1 – Kentang: umbi yang satu ini juga kaya akan zat besi, selain dikonsumsi dengan cara direbus, kentang juga dapat anda olah menjadi berbagai macam jenis olahan.

2 – Ikan laut: ikan baronang mengandung sekitar 3,8mg per 100gr ikan, Ikan sarden mengandung zat besi sekitar 2,5mg zat besi per 100gr. Selain kaya akan omega 3 ikan laut juga mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan.

3 – Daging sapi: daging sapi adalah yang paling direkomendasikan untuk mereka yang kurang darah akibat rendahnya hemoglobin.

4 – Tomat: kandungan zat besi didalam tomat cukup tinggi, Satu cangkir tomat kira kira mengandung 3,39 mg zat besi. Tomat juga merupakan antioksidan yang dapat mencegah proses penuaan.

5 – Telur: Selain kandungan protein kandungan nutrisi lain dari telur sangat beragam sebagai contoh adalah kandungan vitamin D dan zat besi.

6 – Bayam: Selain kandungan zat besinya, bayam juga mengandung vitamin B12 dan asam folat.

7 – Tiram: Kandungan zat besi tiram cukup tinggi dari 80 gram tiram mengandung 5,91 mg zat besi. Selain sumber dari zat besi, tiram juga mengandung kalsium.

Konsumsi buah yang banyak mengandung zat besi

1 – Buah persik: memiliki kandungan zat besi yang tinggi, hingga 6,5 ​​mg per 100 gram dan juga mengandung kalsium, beta-karoten dan vitamin B3.

2 – Buah ara: mengandung zat besi yang baik, sekitar 4.2 mg zat besi per 100 gram

3 – Semangka: Semangka terdiri dari 90 persen air namun kaya akan nutrisi termasuk zat besi. Buah semangka juga mengandung vitamin C tinggi, dan dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi secara lebih cepat.

4 – Plum: tidak hanya zat besi, tetapi juga mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

5 – Kurma: Buah Kurma sangat dianjurkan untuk wanita hamil hingga akan melahirkan, karena kurma kaya nutrisi dan energi yang akan memberikan stamina yang bagus bagi wanita hamil.

Anda akan membutuhkan setidaknya 27 miligram (mg) zat besi setiap hari selama kehamilan Anda. Saat Anda sedang menyusui, dapatkan setidaknya 9 mg zat besi setiap hari.

Kesimpulan

Mengantisipasi hemoglobin rendah selama kehamilan sangatlah penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar proses kehamilan Anda tetap lancar hingga saat persalinan nanti.

Mengonsumsi makanan yang dapat menaikkan hemoglobin dalam darah

  • sayur-sayuran: brokoli, bayam, kubis
  • buah-buahan: apel, jeruk, anggur, aprikot, jambu biji, alpukat, plum, bit, tomat, pisang, strawberry
  • daging merah (daging sapi dan kambing), hati ayam, telur ayam
  • kacang-kacangan: kacang almond, kacang hijau, kacang merah,

Tingkatkan asupan vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar hemoglobin.